$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

BLH, Satker “Termiskin” di Kabupaten Bima

Pantas saja tidak maksimalnya aktifitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima selama ini.

Pantas saja tidak maksimalnya aktifitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima selama ini. Sejak berdiri Tahun 2008, Satuan Kerja (Satker) ini tidak didukung oleh anggaran dan fasilitas yang mamadai. Ini terbukti, Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2015 hanya sebesar Rp.500 juta.

Ilustrasi Menanam Pohon
Ilustrasi Menanam Pohon

Padahal Badan Lingkungan Hidup merupakan badan yang memiliki program pasti dalam upaya pencegahan kerusakan alam di Kabupaten Bima. Bahkan upaya peningkatan lingkungan hidup sudah menjadi prioritas Pemerintah di bawah kendali Presiden Jokowi. Banyak hal yang harus dilakukan oleh BLH itu, misalnya program pengendalian pencemaran dan perusak lingkungan hidup. Diantaranya, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), pengeolahan kualitas air dan pengendalian pencemaran air dan udara serta dan yang lebih penting pelayanan bidang lingkungan hidup dan penegakan hukum lingkungan. “Namun hal ini tidak di dukung oleh sarana dan prasarana yang ada, bagaimana kita mau kerja maksimal kalau keadaannya demikian,” kata Kepala BLH Kabupaten Bima, Drs. H. Moh . Mawardin MT Diruang kerjanya, Kamis (26/3) Kemarin.

Beberapa kali pihaknya mengajukan proposal anggaran ke Eksekutif untuk kepentingan BLH Kabupaten Bima, namun tidak pernah direspon. Misalnya, BLH pernah meminta kepada pihak Eksekutif untuk pengadaan labolatorium dan alat untuk mengukur emisi udara, alat pengukur kadar racun dalam air tanah dan meminta untuk mempersiapkan tenaga ahli di Bidang itu, namun hingga hari ini tidak direspon. Padahal alat itu sangat penting untuk menunjang pekerjaan pegawai BLH di Kabupaten Bima dalam rangka pencegahan hal yang tidak diinginkan. Menurutnya, di Daerah lain, untuk labolatorium, alat serta tenaga tekhnisnya menjadi prioritas namun di Daerah Kabupaten Bima nihil.”Kita sudah mengajukan ke Pemda, namun banyak anggaran yang mereka pantas dengan alasan tertentu,” bebernya.

Tahun 2015 ini, BLH telah mengajukan Proposal ke Pemda dengan nilai anggaran sebanyak Rp. 4 Milyar. Namun hanya dialokasikan lewat DAU sebesar Rp. 500 juta. Anggaran tersebut menurut Mawardin sangat sedikit. Ia membandingkan anggaran yang dikucurkan ke BLH lebih besar dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang bernilai Rp. 1 M bahkan lebih.”Anggaran yang masuk ke BLH lebih besar untuk desa, bukan saya bandingkan, tapi itulah yang terjadi,” imbuhnya.

Ia mengharapkan agar pemerintah Kabupaten Bima di bawah kendali Drs. H. Syafrudin HM Nur, MPd untuk bisa memperhatikan BLH sesuai dengan tupoksi untuk masyarakat Kabupaten Bima. Pihaknya intens turun ke lapangan jika ada warga yang memberikan laporan terkait kegiatan oknum masyarakat yang merugikan lingkungan hidup. Tapi itu hanya sebatas meninjau saja, untuk langkah pembuktian analisa dengan hasil labolatorium dan alat lainnya belum bisa dilakukan secara maksimal karena tidak ada sarana pendukung.”Kita sering turun lapangan, kita cepet merespon jika ada warga yang melaporkan,” katanya.

Hingga sekarang ini, pihaknya menerima laporan dari masyarakat. Misalnya penambangan emas tanpa izin di Wawo, penambangan pasir laut di Ambalawi, dan usaha ayam potong di Madapangga. Pihaknya sedang melakukan koordinasi untuk menertibkan usaha tersebut karena akan berdampak pada lingkungan. ”Setiap ada laporan masyarakat kita langsung turun ke lokasi,” tuturnya. (KS-17)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: BLH, Satker “Termiskin” di Kabupaten Bima
BLH, Satker “Termiskin” di Kabupaten Bima
Pantas saja tidak maksimalnya aktifitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima selama ini.
http://3.bp.blogspot.com/-MjF4YEirljU/VNR1uWjOe8I/AAAAAAAAA5g/kyw4W5ECJi4/s1600/ilustrasi%2Bpenghijauan.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-MjF4YEirljU/VNR1uWjOe8I/AAAAAAAAA5g/kyw4W5ECJi4/s72-c/ilustrasi%2Bpenghijauan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/blh-satker-termiskin-di-kabupaten-bima.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/blh-satker-termiskin-di-kabupaten-bima.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy