$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jalan Mulus, Petani Optimis Harga Bawang Naik

Saat ini, para petani tersebut berbondong-bondong menanam bawang merah hingga ribuan hektar. Mereka meyakini, tahun ini harga bawang akan naik karena didukung oleh jalan yang mulus.

Meski harga bibit bawang merah saat ini terbilang mahal, tidak membuat niat petani di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima untuk tidak menanamnya. Saat ini, para petani tersebut berbondong-bondong menanam bawang merah hingga ribuan hektar. Mereka meyakini, tahun ini harga bawang akan naik karena didukung oleh jalan yang mulus.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

Antusias warga tersebut, didorong oleh jalan lintas Bajo-Kilo yang saat ini terbilang mulus. Meskipun, jalan tersebut belum diaspal oleh Pemerintah Propinsi NTB. Para petani bawang merah menyakini, usaha pertanian mereka akan menghasilkan keuntungan yang banyak.”Alhamdulillah, walaupun jalan yang sering kami lalui ini belum diaspal. Para pembeli bawang merah nantinya bisa datang hingga tiga kali sehari,”ujar Fahrudin Minggu (29/30) pagi.

Hal inilah lanjutnya, yang membuat harga bawang merah nantinya naik. Tentu, kalau para tengkulak berbondong-bondong datang, maka saling banting harga akan dilakukan para tengkulak tersebut.”Jelas itu akan menguntungkan petani,”jelas pemuda yang akrab disapa Chan ini.

Saat ini kata Chan, para petani ada yang sudah menanam bawang merah dan ada pula yang masih menggarap sawah untuk ditanami bawang. Di Desa Sampungu ini, ada beberapa wilayah persawahan yang digunakan untuk menanam bawang. Seperti, di So Tolo Panco, So Tolo Na’e, So Lambu, So Palangga, So Piri Parongge, So Mpungga serta So Tolo Salaja Lopi.”Para petani, tidak secara serentak menanam bawang. Ada yang mulai nanam bulan Pebruari, Maret dan pertengahan April setiap tahunnya. Hal tersebut dilakukan petani, karena mereka sibuk dengan panen padi,”ungkapnmya.

Di tempat yang sama, petani lainhya Ijman mengaku. Dirinya merasa bangga dan terimakasih kepada Pemerintah, karena telah mengalokasikan anggaran untuk jalan lintas Bajo-Kilo ini. Ya, walaupun hingga saat ini jalan itu belum diaspal, tapi nantinya akan mempermudah para petani yang menjual hasil panen bawang merah ke Kota.”Sekarang saja, kami telah menikmatinya. Kami bisa ke Kota dua kali sehari sekarang ini,”katanya.

Namun ia berharap, Pemerintah Propinsi NTB maupun Pemerintah Kabuparten Bima. Kedepannya, lebih memperhatikan jalan itu. Kalau jalan itu telah diaspal, ia yakin pemasukan PAD Kabupaten Bima akan bertambah. Karena di Kecamatan Soromandi, salah satu Desa dengan pertanian bawang merah yang banyak ada di Desa Sampungu.”Ya paling tidak di tahun 2016 nanti, jalan itu semuanya sudah diaspal,”harapnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jalan Mulus, Petani Optimis Harga Bawang Naik
Jalan Mulus, Petani Optimis Harga Bawang Naik
Saat ini, para petani tersebut berbondong-bondong menanam bawang merah hingga ribuan hektar. Mereka meyakini, tahun ini harga bawang akan naik karena didukung oleh jalan yang mulus.
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s1600/Ilustrasi%2BBawang.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/jalan-mulus-petani-optimis-harga-bawang.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/jalan-mulus-petani-optimis-harga-bawang.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy