$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

PDAM Diduga Bisnis Air Bersih

Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima tak hanya menjual air bersih kepada masyarakat ekonomi mampu (kaya). Namun, juga pada oknum pengusaha isi air ulang di Kota Bima.

Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima tak hanya menjual air bersih kepada masyarakat ekonomi mampu (kaya). Namun, juga pada oknum pengusaha isi air ulang di Kota Bima. Salah satunya, pengusaha air minum Salju yang berlokasi di Lingkungan Bina Baru Kecamatan Rasana,e Barat Kota Bima. Padahal, bukan rahasia umum jika sejumlah warga Bina Baru dan sekitarnya mengeluhkan kesulitan memperoleh air bersih dari Perusahaan Daerah tersebut. Celakanya, perusahaan itu justeru diduga mencari keuntungan pribadi dan atau kelompok tertentu dengan modus bisnis penjualan air bersih ke usaha air minum. 

Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM)
Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM)

Dugaan bisnis air bersih oleh perusahaan tersebut diungkap Aba Rais pemilik usaha air minum isi ulang Salju Kamis (26/03) di Bina Baru. Diakuinya, segala kebutuhan air untuk usaha itu diambil melalui pipa penyaluran air milik PDAM. Namun, air itu tidak diambil secara cuma-cuma. Melainkan, dibayar hingga mencapai Rp.5 Juta lebih.”Awalnya, saya bayar ke PDAM Rp.5 Juta,” katanya.

Pembayaran Rp.5 Juta itu, untuk administrasi awal, termasuk jasa pemasangan pipa hingga air itu tersalurkan ke usaha miliknya. Artinya selain membayar administrasi itu, dirinya juga dikenakan membayar angsuran perbulan. Tentunya, sesuai dengan besar – kecilnya pemakaian air.”Kadang saya bayar Rp.1 Juta perbulan, kadang dibawah 1 Juta. Jadi, pembayaranya bervariatif sesuai jumlah kubik pemakaian air,” akunya.

Disinggung berapa galon air yang habis per-hari, Rais kembali mengaku tidak menentu, tergantung cuaca. Maksudnya, kadang 100 galon perhari, bahkan lebih dari 100 galon perhari. Soal harga imbuhnya, masih harga standar yakni Rp.3 ribu pergalon.”Saya cuman jual Rp.3 ribu pergalon, jadi tidak ada perubahan harga,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, pemilik usaha itu juga menyebutkan tidak hanya satu usaha air minum isi ulang miliknya yang beroperasi di Kota Bima. Tapi ada dua, yakni di Bina Baru dan di lingkungan Gilipanda Kelurahan Sarae Kota Bima.Pusat pengambilan air dua usaha miliknya itu sama-sama bersumber dari PDAM. Tentunya, dengan pembayaran yang berbeda, mengingat tempat usaha tidak dalam satu lokasi.”Beda tempat usaha, jelas beda pembayaran. Cuman, saya tidak ingat berapa uang yang saya habiskan untuk membayar usaha saya di gili panda. Tapi yang jelas, usaha yang baru berjalan lima bulan disini (bina baru), saya bayar ke PDAM Rp. 5 Juta lebih,” terangnya.

Sementara pihak PDAM yang hendak dikonfirmasi guna perimbangan berita Kamis (26/03) tidak berhasil ditemui. Karena, baik Dirut maupun Kepala Bidang (Kabid) yang menangani terkait itu sedang berada di luar kantor. “Beliau sudah keluar, kalau mau tunggu, gak apa-apa. Saya mohon maaf mas, nomor Hp beliau juga tidak saya simpan,” tutur salah seorang staf perusahaan daerah tersebut. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: PDAM Diduga Bisnis Air Bersih
PDAM Diduga Bisnis Air Bersih
Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima tak hanya menjual air bersih kepada masyarakat ekonomi mampu (kaya). Namun, juga pada oknum pengusaha isi air ulang di Kota Bima.
http://2.bp.blogspot.com/-ua5fN-Cy3HA/VRfEiLgFWvI/AAAAAAAABPg/mhKUgxqH56g/s1600/PDAM.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ua5fN-Cy3HA/VRfEiLgFWvI/AAAAAAAABPg/mhKUgxqH56g/s72-c/PDAM.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/pdam-diduga-bisnis-air-bersih.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/pdam-diduga-bisnis-air-bersih.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy