$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Terkait Kasus TPA Kota Bima - Kejari Laporkan Hasil Puldata ke Kejati

Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima saat ini tengah menyelesaikan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket)

Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima saat ini tengah menyelesaikan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) terkait dugaan korupsi proyek pengerjaan sarana dan prasarana serta pengadaan alat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah senilai Rp 9,5 Miliar yang dilaporkan oleh LSM Lidik. Dari hasil sementara, Tim memastikan proyek tersebut murni dikerjakan langsung oleh Kementrian PU dan tidak terkait dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. 

Lembaga Investigasi dan Penyelidikan Kasus (Lidik) Bima
Lembaga Investigasi dan Penyelidikan Kasus (Lidik) Bima

Demikian diungkapkan Kajari Raba Bima melalui Plt Kasi Pidsus Reza Zavetsila SH yang dikonfirmasi via telepon, Selasa (17/3) siang. Dikatakan Reza, saat ini Tim Kejaksaan tengah merampungkan pulbaket dan puldata terkait dugaan korupsi yang dilaporkan oleh LSM LIDIK tersebut. Dalam pulbaket dan puldata ini, pihak-pihak terkait sudah dimintai klarifikasi. Dari hasil permintaan klarifikasi tersebut, diketahui jika proyek tersebut bukan dikerjakan oleh Pemerintah propinsi (Pempro) NTB maupun Pemkot Bima. “Tapi ini dikerjakan langsung oleh Kementrian PU,” terang Reza.

Rencananya, untuk lebih lanjut hasil puldata ini akan dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB. Oleh karenannya untuk langkah selanjutnya, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kejati NTB.

Ditanyai apakah akan ada koordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) karena ini merupakan proyek Pemerintah Pusat? Reza mengaku belum bisa menjawab masalah itu. Pasalnya, hasil puldata dan pulbaket ini belum dilaporkan ke Kejati.

Sebelumnya, Reza menyebutkan bahwa pihaknya tengah menindaklanjuti laporan proyek senilai Rp 9,5 Miliar dari dana APBN tahun 2013-2014 dimaksud. Sebagai bagian dari puldata dan pulbaket, Tim sudah mendatangi Satker PPLP Propinsi NTB di Mataram selaku instansi pengguna dana. Rencananya Satker ini akan kembali didatangi dalam waktu dekat guna mencari data tambahan. “Untuk tahapan ini, kita akan datangi lagi Satker PPLP Propinsi NTB,” tuturnya saat itu.

Ditanyai mengenai bentuk indikasi penyimpangan yang dilaporkan? Reza masih enggan menjelaskan lebih jauh, dengan alasan saat ini pihaknya masih melakukan puldata dan pulbaket. Hanya saja, sesuai yang dilaporkan diketahui bahwa indikasi penyimpangan terjadi baik pada pengerjaan sarana dan prasarana maupun pengadaan alat.

Khusus untuk pengadaan alat senilai Rp 3,5 Miliar, diduga bermasalah karena tidak sesuai dengan spesifikasi. Artinya, alat yang seharusnya dibeli dari Jerman atau Jepang dengan kualitas tinggi namun dibeli dari tempat lain dengan kualitas buruk. Salah satunya adalah mesin bermerk Dongfe. Itu pun, alat tersebut diperkirakan merupakan mesin bekas yang dicat ulang sehingga nampak baru. Bahkan alat yang sudah berada di TPA tersebut tak bisa dioperasikan. Begitu juga dengan alat lainnya yakni alat pengangkut sampah merk Case.(KS-02)

COMMENTS

BLOGGER: 1





Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Terkait Kasus TPA Kota Bima - Kejari Laporkan Hasil Puldata ke Kejati
Terkait Kasus TPA Kota Bima - Kejari Laporkan Hasil Puldata ke Kejati
Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima saat ini tengah menyelesaikan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSluRGosHI4r4ItZwR5FYLLjy0IJD2mLsN9zBTbmwHXblALYC7t7rysKzlbBl_RTPl-eF0b_x5sa-sgkqYz2oeXJtFegJG47dpONp4-0xPiaWHEQfz9cd7wXQP2ahPPhA7QaNpY66algoc/s1600/Lembaga+Investigasi+dan+Penyelidikan+Kasus+(Lidik)%2BBima.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSluRGosHI4r4ItZwR5FYLLjy0IJD2mLsN9zBTbmwHXblALYC7t7rysKzlbBl_RTPl-eF0b_x5sa-sgkqYz2oeXJtFegJG47dpONp4-0xPiaWHEQfz9cd7wXQP2ahPPhA7QaNpY66algoc/s72-c/Lembaga+Investigasi+dan+Penyelidikan+Kasus+(Lidik)%2BBima.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/terkait-kasus-tpa-kota-bima-kejari.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/terkait-kasus-tpa-kota-bima-kejari.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy