$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jaksa Usut Korupsi Dana Bansos Rp.4,5 M

Salah satunya yang kini akan diusut Kejaksaan adalah kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2012 senilai Rp.4,5 Miliar.

Kasus demi kasus dugaan korupsi di Bima terus bermunculan dan dilaporkan masyarakat. Belum selesai kasus sebelumnya ditangani, kasus lain kembali muncul. Salah satunya yang kini akan diusut Kejaksaan adalah kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2012 senilai Rp.4,5 Miliar. Kasus ini dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kompak NTB dan sedang ditangani Tim Kejati NTB dan Kejari Raba Bima. 

Ilustrasi Persidangan
Ilustrasi Persidangan

Kajari Raba Bima melalui Kasi Intelejen, Lalu Muhammad Rasyid, SH mengungkapkan, kasus dugaan korupsi ini, dilaporkan oleh LSM Kompak NTB beberapa waktu lalu ke Kejati NTB. Namun oleh Kejati NTB, mengintruksikan ke Kejari Raba untuk menelusuri dugaan korupsi dengan nilai fantastis tersebut. "Kejati NTB mengintruksikan ke Kejari Raba Bima, karena lokusnya ada di Kabupaten Bima," ungkapnya, Senin (20/4) pagi di kantor setempat.

Laporan tersebut lanjutnya, sudah ada hasil audit BPKP. Isinya menyebutkan, bahwa laporan pertanggung jawaban atas dana hibah tersebut diduga tidak transparan penggunaannya. Anggaran Bansos dari Pemda Kabupaten Bima ini, diperuntukkan bagi setiap organisasi. "Tapi laporan penggunaaan dari penerima manfaat itu tidak ada yang disampaikan. Sehingga, kasus dugaan korupsi itu dilaporkan oleh LSM Kompak," jelasnya.

Pihak Kejati NTB dan Kejari Raba Bima, dalam kasus ini telah membentuk Tim. Saat ini, Tim tersebut tengah bekerja untuk mengusut kasus tersebut. "Saat ini, Tim sedang bekerja mengumpulkan data-data," akunya.

Dikatakannya, untuk rencana pemanggilan sejumlah saksi agar dimintai keterangannya terkait kasus ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun sebelumnya, pihak-pihak yang terkait telah dimintai keterangannya oleh Tim Kejati NTB dan Kejari Raba Bima."Ada beberapa saksi yang telah kami panggil dan dimintai keterangannya dalam kasus ini," bebernya.

Dalam kasus ini, pihaknya memerlukan waktu yang relatif lama. Sebab dalam kasus ini, banyak saksi yang akan dipanggil untuk dimintai keterangannya. Dalam mengungkap kasus dugaan korupsi, pihaknya juga membutuhkan data-data yang ril dan banyak sebagai pendukung laporan dari pelapor."Ini yang masih kita dalami saat ini,"sebutnya.

Namun semua itu, telah menjadi tanggungjawab Kejaksaan selaku lembaga hukum yang mempunyai tugas untuk memberantas segala bentuk dugaan korupsi yang ada. "Kami akan bekerja maksimal untuk mengusut tuntas kasus ini, hingga selesai,"janjinya.

Pihaknya berharap kepada LSM, Mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, bila melaporkan kasus dugaan korupsi agar melengkapi data-datanya. Pihaknya, akan menerima laporan masyarakat itu, walaupun nilai kerugian negaranya kecil. "Sekecil apapun dugaan korupsi yang dilaporkan, akan kami proses dan tindaklanjuti," tegasnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jaksa Usut Korupsi Dana Bansos Rp.4,5 M
Jaksa Usut Korupsi Dana Bansos Rp.4,5 M
Salah satunya yang kini akan diusut Kejaksaan adalah kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2012 senilai Rp.4,5 Miliar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmgKOtT9rixGWpbzlxRRwhFFq7bDr2iUrciKYjNt6GF6zRUWDKb0CfclzNBR6Zxe2InuCtd5Ga22OOUIC2O0-AvPhlzGUvPx6kxKBL1Klt6ds_8i5JAq3jUoLsAMEiEaoa35AbN9082Pyy/s1600/ilustrasi-sidang-di-pengadilan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmgKOtT9rixGWpbzlxRRwhFFq7bDr2iUrciKYjNt6GF6zRUWDKb0CfclzNBR6Zxe2InuCtd5Ga22OOUIC2O0-AvPhlzGUvPx6kxKBL1Klt6ds_8i5JAq3jUoLsAMEiEaoa35AbN9082Pyy/s72-c/ilustrasi-sidang-di-pengadilan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/jaksa-usut-korupsi-dana-bansos-rp45-m.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/jaksa-usut-korupsi-dana-bansos-rp45-m.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy