$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Sidang Isbat Nikah Keliling Disambut Antusias

Program sidang isbat nikah, pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran bagi masyarakat miskin keliling terpadu yang digelar di Kantor Desa Rabakodo Kecamatan Woha

Program sidang isbat nikah, pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran bagi masyarakat miskin keliling terpadu yang digelar di Kantor Desa Rabakodo Kecamatan Woha, Selasa (21/4) pagi disambut antusias warga. Program itu diinisiasi oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Kabupaten Bima, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bima dan Pengadilan Agama (PA) Bima.

Penyerahan simbolis akta nikah di Rabakodo oleh Bupati Bima
Penyerahan simbolis akta nikah di Rabakodo oleh Bupati Bima

Program itu juga dirangkaikan dengan Launching mobil pelayanan keliling pendaftaran kependudukan dan catatan sipil. Mobil yang dilengkapi berbagai fasilitas dan teknologi sistem online jenis Hilux itu rencananya akan melayani masyarakat hingga pelosok Kabupaten Bima.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Bima. Dihadiri Dirjen Pengadilan Agama RI, Dirjen Capil Depdagri, Ketua PA Propinsi NTB dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima. Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis akta nikah dan akta kelahiran oleh Bupati Bima kepada perwakilan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Bima, Drs H Syafruddin M Nur, MPd, MM mengatakan, menikah merupakan tanggungjawab seorang muslim untuk menjalankan sunnah Rasulullah. Namun karena hidup di negara hukum, pasangan yang menikah harus dicatat dan memiliki akta nikah agar diakui secara legalitas. Karenanya, program sidang isbat keliling terpadu dinilainya sangat membantu masyarakat miskin yang selama ini belum memiliki akta nikah.

“Lelagitas ini merupakan bentuk pembuktian bagi pasangan yang telah menikah dan anak yang dilahirkan sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Bupati Bima.

Bupati mengapresiasi dukungan dari Pengadilan Agama Bima, Kemenag Kabupaten Bima dan AIPD yang telah ikut mendukung pelaksanaan program tersebut. Apalagi, Ia mengklaim baru Kabupaten Bima di NTB yang melaksanakan sidang isbat keliling terpadu seperti ini. “Kami harapkan dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan program ini untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berharap mobil pelayanan keliling untuk pendaftaran kependudukan dapat dimanfaatkan dengan baik. Mobil tersebut diakui memiliki teknologi canggih yang bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat. “Karena itu saya minta agar dirawat dan ditangani oleh tenaga yang berkompeten juga,” harapnya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Drs Andi Sirajudi, AP, MM dalam laporannya mengatakan, tujuan sidang isbat kelilling terpadu adalah untuk melayani pendaftaran kependudukan secara terpadu. Yakni isbat nikah, pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran bagi masyarakat tidak mampu. Sehingga dapat memberikan kepastian hukum bagi pasangan yang telah menikah. Selain itu, untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya memiliki data kependudukan.

“Alhamdulillah sebanyak 77 masyarakat tidak mampu di Woha mengikuti sidang isbat nikah dan 178 mendapatkan akta kelahiran anaknya secara gratis melalui program ini,” akunya.

Sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2013 tentang kependudukan, pihaknya akan terus melaksanakan program tersebut. Rencananya akan dilaksanakan secara sebanyak empat kali dalam setahun. Untuk pelaksanaan pertama di Kecamatan Woha, selanjutnya kedua dilaksanakan di Kecamatan Bolo dan Madapangga. Ketiga dilaksanakan di Kecamatan Sape dan Lambu dan terakhir dilaksanakan di Kecamatan Ambalawi dan Wera.

“Program ini tidak mungkin dapat terwujud tanpa ada bantuan dari Bapak Bupati Bima. Begitupun kehadiran mobil pelayanan keliling ini berkat Bapak Bupati Bima. Beliau sendiri yang menjemput mobil jenis Hilux ini di PT Piala Malang di Kota Malang,” terangnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Sidang Isbat Nikah Keliling Disambut Antusias
Sidang Isbat Nikah Keliling Disambut Antusias
Program sidang isbat nikah, pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran bagi masyarakat miskin keliling terpadu yang digelar di Kantor Desa Rabakodo Kecamatan Woha
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-6bdFn20jlIcTi8nGuBahUGM-u0abYhAy0Yj7bPTzy9v8yTNTSE2TeXfiam0RyQzgWESlgfbCOoULEPFvZVIwCenmlNKv7262vxW7z5grGOatz5Co-oVrUtKv-OWrs_G9OMCxIZv5dR2J/s1600/penyerahan+simbolis+akta+nikah+di+rabakodo+oleh+bupati+bima.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-6bdFn20jlIcTi8nGuBahUGM-u0abYhAy0Yj7bPTzy9v8yTNTSE2TeXfiam0RyQzgWESlgfbCOoULEPFvZVIwCenmlNKv7262vxW7z5grGOatz5Co-oVrUtKv-OWrs_G9OMCxIZv5dR2J/s72-c/penyerahan+simbolis+akta+nikah+di+rabakodo+oleh+bupati+bima.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/sidang-isbat-nikah-keliling-disambut.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/sidang-isbat-nikah-keliling-disambut.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy