$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Stan Batu Akik Tambora Dipadati Pengunjung

Stan ini khusus memamerkan sejumlah batut akik asli yang berasal dari sekitar Gunung Tambora.

Semarak penyelenggaraan even peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora dengan tajuk Tambora Menyapa Dunia (TMD) juga ikut dirasakan masyarakat Kota Bima. Selain acara inti di lokasi Gunung Tambora, rangkaian acara lain juga digelar. Seperti di Kota Bima diadakan Pentas Seni dan Budaya serta Pameran Benda Museum. 

Stan Batu Akik Tambora
Stan Batu Akik Tambora

Dua item kegiatan itu digelar di tempat berdekatan selama tiga hari, yakni mulai 7 April hingga 9 April 2015. Pentas Seni dan Budaya digelar di Lapangan Serasuba sedangkan Pameran benda bersejarah di Halaman Museum ASI Mbojo. Dua kegiatan itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Itu terlihat, cukup banyaknya pengunjung yang datang untuk menyaksikan.

Namun, ada pemandangan menarik selama tiga hari digelar pameran benda bersejarah yang ditangani langsung Disbudpar Propinsi NTB itu. Dari sekitar belasan stan yang memamerkan berbagai macam benda kuno bersejarah, terdapat satu stan batu akik Tambora. Stan ini khusus memamerkan sejumlah batut akik asli yang berasal dari sekitar Gunung Tambora.

Karena saat ini demam batu akik masih melanda masyarakat hampir di seluruh Indonesia, stan dengan nama Wadu Doro Tambora ini jelas saja selalu dipadati pengunjung. Meski stan berukuran kecil, pusat perhatian pengunjung tertuju pada stan ini mengalahkan stan berisi pajangan benda bersejarah disekitarnya.

Seperti terlihat pada Rabu (7/3) malam. Stan yang digagas Tutu Kalate Grup ini tak pernah sepi pengunjung sejak mulai dibuka pada sore hari. Bahkan, pengunjung rela mengantri dan berdesakan hanya karena ingin melihat koleksi batu akik asal Tambora. Pengelola stan juga cukup kreatif karena tak sekedar memajang koleksi batu akik hasil olahan di dalam etalase.

Mereka juga memajang berbagai bongkahan batu akik yang belum diolah lengkap dengan nama. Batu yang dipamerkan seperti Pancawarna, Lumut, Badar, Fosil Feli, Shu Seky, Sarang Tawon, Kecubung, Badar Kecubung, dan Fosil Nagaswi. Tak hanya itu, hasil olahan batu akik yang sudah menjadi batu cincin juga dipasang menghiasi dahan pohon bonsai.

Rupanya, pengelola tak sekedar memajang. Memanfaatkan momen TMD, mereka juga menjual aneka batu akik dari Tambora itu kepada pengunjung yang tertarik untuk membeli. “Batu-batu yang dipamerkan cukup bagus dan beranekaragam. Apalagi batunya berasal dari Tambora sangat menarik perhatian pencinta batu,” kata Dedi salah satu pengunjung. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Stan Batu Akik Tambora Dipadati Pengunjung
Stan Batu Akik Tambora Dipadati Pengunjung
Stan ini khusus memamerkan sejumlah batut akik asli yang berasal dari sekitar Gunung Tambora.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuSjT3MIqLPJ4WYJs-Vc47yg7H1WhWEigF7qrg9HHEfKQqppKLz9JCvYp40z2xTK9djswPBW0OlUbu5idbMvkonuZaVVm3pvlwDDZCh3iuc0bMMUwahWOCiE98fsIsVwfUMZZOYHWvTlMH/s1600/Stan+Batu+Akik+Tambora.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuSjT3MIqLPJ4WYJs-Vc47yg7H1WhWEigF7qrg9HHEfKQqppKLz9JCvYp40z2xTK9djswPBW0OlUbu5idbMvkonuZaVVm3pvlwDDZCh3iuc0bMMUwahWOCiE98fsIsVwfUMZZOYHWvTlMH/s72-c/Stan+Batu+Akik+Tambora.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/stan-batu-akik-tambora-dipadati.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/stan-batu-akik-tambora-dipadati.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy