$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Try Out SD Terkesan Amburadul

Bahkan, pelaksanaanya terkesan amburadul. Pasalnya, uji coba pada SD yang satu tidak sama dengan yang lain.

Tahun 2015 ini, sepertinya tidak hanya pola Ujian Nasional (UN) yang mengalami perubahan. Tapi juga pelaksanaan Uji Coba (Try Out) sebagai persiapan menghadapi UN dan Ujian Sekolah (US). Bahkan, pelaksanaanya terkesan amburadul. Pasalnya, uji coba pada SD yang satu tidak sama dengan yang lain. Sebagian sekolah lengkap dengan nomor peserta ujian di bangku, sementara sebagiannya justeru tidak ada. 

Bedanya, masing-masing sekolah pelaksana try out menggunakan pengawas dari guru sekolah itu sendiri. Selain itu, nomor ujian juga tidak ditempel pada setiap bangku siswa. "Tahun sebelumnya, pengawas try out dari luar sekolah. Misalnya, guru pada sekolah A mengawas sekolah B. Begitupun, di sekolah lain. Kali ini beda, masing-masing sekolah memanfaatkan guru yang ada dalam sekolah sendiri untuk mengawas ujian tersebut," kata salah seorang guru yang enggan namanya dikorankan.

Efeknya lanjut sumber, dikhawatirkan menimbulkan ketidakseriusan siswa dalam mengikuti uji coba tersebut. Mengingat, pengawas bukan dari sekolah lain, melainkan guru yang setiap hari bertatap muka dengan mereka. Ditambah lagi, tidak ada nomor peserta ujian yang ditempel di meja ujian. "Memang ini hanya uji coba, tapi harus disadari, ujian semacam ini merupakan tolak ukur kemampuan siswa dalam mengikuti UN dan US. Termasuk, memacu semangat siswa sebagai modal menghadapi ujian tersebut," ujarnya.

Sumber tak menampik jika metode ujian, seperti penentu kelulusan ditentukan masing-masing satuan pendidikan. Namun, perubahan itu tidak menjamin siswa 100 persen lulus. Justeru, takutnya jadi boomerang yang menghambat target pencapaian kelulusan. Maksudnya, bukan berharap persentase kelulusan menurun dibanding tahun sebelumnya. "Artinya, perubahan metode UN jangan dianggap sepele. Malah, kita yang mengabdikan diri di dunia pendidikan lebih serius. Termasuk, persiapan semacam ini harus diseriusi. Faktanya, bisa dilihat try out tidak maksimal seperti tahun sebelumnya," tandas sumber.

Kedepanya, sumber berharap perbedaan pelaksanaan try out kali ini tidak terulang di tahun berikutnya. Karena, bakal berdampak negatif pada perolehan nilai ujian siswa. Akibatnnya harapan pelajar dan orang tua siswa,termasuk dunia pendidikan pada umumnya untuk mendapat nilai sesuai standar kelulusan praktis mengecewakan. Efeknnya, tidak hanya dunia pendidikan dan orang tua siswa yang kecewa. Tapi, juga akan berpengaruh pada psikologis pelajar. "Efek negatifnya perlu kita pikirkan bersama,jangan dianggap sepele.Karenanya, saya berharap cara seperti ini tidak terulang di tahun berikutnya," pinta sumber. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Try Out SD Terkesan Amburadul
Try Out SD Terkesan Amburadul
Bahkan, pelaksanaanya terkesan amburadul. Pasalnya, uji coba pada SD yang satu tidak sama dengan yang lain.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/try-out-sd-terkesan-amburadul.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/try-out-sd-terkesan-amburadul.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy