$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

BPOM Temukan Mie Bakso Berformalin

Pasalnya, hasil rajia gabungan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan mie basah mengandung formalin dari sejumlah penjual bakso di Kota Bima

Kota Bima, KS.- Penikmat bakso di Kota Bima saat ini mesti harus ektra waspada dan hati-hati sebelum mengkonsumsi bakso. Pasalnya, hasil rajia gabungan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram bersama dengan Dinas Kesehatan (Dikes), Diskoperindag dan Sat Pol PP Kota Bima, Rabu (27/5) pagi mengamankan mie basah mengandung formalin dari sejumlah penjual bakso di Kota Bima.

ilustrasi bakso
ilustrasi Bakso

Bahkan, yang mengejutkan lagi, sampel mie basah yang diambil dan diuji BPOM dari tiga penjual bakso di Pasar Raya Kota Bima semuanya positif mengandung formalin. Dari hasil itu, BPOM menduga banyak mie basah yang digunakan sebagian besar penjual bakso di Bima mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan tersebut.

“Kami tidak bisa menyebutkan penjual bakso yang mana. Tapi dari razia pangan sebanyak 16 sample, termasuk tiga penjual bakso, kami temukan mie basah positif mengandung formalin. Saat itu juga mie yang dijual kami amankan,” ujar Kasi Pemeriksaan BPOM Mataram, Yosep Dwi Irwan PS.

Yosep mengaku, saat mendatangi tiga penjual bakso, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi makanan tersebut apakah mengandung formalin. Hasilnya, hanya mie basah berwarna kuning itu yang mengandung formalin. Sementara pentolan bakso dan mie kering (Bihun), tidak. Dari penjual bakso itu, pihaknya mendatangi dua orang produsen mie kering di Kota Bima. Dari keduanya, hanya satu orang Produsen yang sedang memproduksi, sementara satu produsennya tidak. “Dua produsen mie basah untuk bakso ini residivis atau pernah dipenjara dengan kasus yang sama,” ungkapnya.

Ditegaskannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bima untuk bisa memberikan hukum sosial kepada yang bersangkutan lantaran masih terus melakukan aktifitas tersebut dan tidak jera dengan hukuman penjara karena membuat mie basah berformalin. “Hukuman sosial yang kami maksud, disosialisasikan kepada warga Kota Bima, terutama penjual bakso untuk tidak lagi membeli mie basah yang di jual produsen tersebut,” tegasnya.

Sementara untuk penjual bakso, karena tidak mengetahui mie yang dijual mengandung Formalin, sambungnya, hanya diberikan sanksi pemusnahan mie yang dijual tersebut. Dia menambahkan, razia dengan instansi terkait akan digelar selama tiga hari kedepan. Guna mengamankan semua pangan dan barang kosmetik yang masih dijual dengan kandungan zat berbahaya.

Selain mengamankan mie basah, pihaknya juga berhasil mengamankan pangan dan kosmetik yang mengandung zat kimia berbahaya. Pangan yang diamankan tersebut seperti, kerupuk, mie basah, ikan yang dijual pedagang di Pasar Raya Kota Bima. Demikian pula dengan kosmetik yang mengandung zat kimia, ditemukan pada sejumlah pedagang. “Kami banyak temukan pangan yang mengandung formalin dan boraks. Pun dengan kosmetik banyak mengandung Mercury, Hidrokinon dan zat berbahaya,” sebutnya didampingi Sekretaris Dikes Kota Bima.

Pangan dan kosmetik tersebut pun akhirnya diamankan di Dinas Kesehatan Kota Bima, untuk kemudian dimusnahkan. Pihaknya masih melakukan razia beberapa hari kedepan. Jumat pekan ini baru dimusnahkan. Titik fokus razia pada hari pertama yakni pasar tradisional. Kemudian berlanjut ke pertokoan lain yang beredar di Kota Bima. Mengenai daerah yang memproduksi kosmetik, diakuinya dalam kemasan memang ditulis di Jawa, namun tidak ada alamat jelas dalam bungkusan produk.

Ia menduga, ada sindikat ditingkat lokal, yang memudahkan beredarnya kosmetik berbaya tersebut. “Ini yang akan terus kami telusuri, agar memutus rantai peredaran,” tambahnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: BPOM Temukan Mie Bakso Berformalin
BPOM Temukan Mie Bakso Berformalin
Pasalnya, hasil rajia gabungan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan mie basah mengandung formalin dari sejumlah penjual bakso di Kota Bima
http://3.bp.blogspot.com/-lpZLuwUVkCM/VWRInzaDLJI/AAAAAAAABlI/4K8q9j1W_VQ/s400/ilustrasi%2Bsalome.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-lpZLuwUVkCM/VWRInzaDLJI/AAAAAAAABlI/4K8q9j1W_VQ/s72-c/ilustrasi%2Bsalome.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/bpom-temukan-mie-bakso-berformalin.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/bpom-temukan-mie-bakso-berformalin.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy