$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Demi Hidup dan Pendidikan - Pelajar SMP Muhamadiyah Jual Kue

Untuk mengenyam Pendidikan yang tinggi tidak saja dibutuhkan modal besar. Tetapi, lebih pada tekad, semangat, kerja keras, perjuangan dan kemauan yang tinggi.

Bima, KS.- Untuk mengenyam Pendidikan yang tinggi tidak saja dibutuhkan modal besar. Tetapi, lebih pada tekad, semangat, kerja keras, perjuangan dan kemauan yang tinggi. Demikian halnya yang dilakukan Ariyadi, pelajar kelas 2 SMP Muhamadiyah Kota Bima.

Pelajar berumur 13 Tahun itu menjajakan kue demi membantu sang Ibu membiayai hidup dan pendidikan. Profesi yang sudah 3 Tahun ia geluti itu dilakoninya setiap hari sepulang dari Sekolah. "Setiap sore hari, saya keliling kampung ke kampung demi menjajakan kue," katanya dengan polos saat ditanya wartawan Koran Stabilitas.

Keuntungan dari penjualan kue hasil buatan tangan sang ibunya itu tidak banyak. Dalam sehari, Ariyadi hanya mendapat keuntungan Rp.3 Ribu perak. Itupun, kalau jajan daganganya laris semua. Tapi kalau tidak laku, sisa jualan terpaksa dibawa pulang ke rumahnya yang berlokasi di Lingkungan Tolo Bali Kelurahan Sarae Kota Bima.

"Kalau terjual semua saya hanya dikasih uang saku Rp.3 ribu, Bagi saya, itu sudah lebih dari cukup. Lagipula, saya menjual kue ini semata-mata untuk membantu sang ibu mencari nafkah. Termasuk, biaya sekolah saya dan saudara," ujarnya.

Apalagi, dirinya hidup bersama ayah dan saudara tiri. Suka duka dalam menjalani hidup tanpa ayah kandung sudah berlangsung sejak sang ayahnya pergi meninggalkan sang ibu.Tapi itu bukan menjadi masalah, karena sudah terbiasa hidup dengan kondisi seperti itu, hidup tanpa kasih sayang ayah kandung."Saya sudah terbiasa hidup terpisah dengan ayah kandung. Rasa kangen terhadap sang ayah, sudah pasti. Saya yakin semua merasakan seperti yang rasakan," akunya polos.

Sepertinya, beragam masalah yang sudah dan sedang dialami bukan hambatan dalam menjalani hidup. Baginya, yang paling penting adalah menyelesaikan pendidikan agar dapat melanjutkan pada pendidikan yang lebih tinggi. Meski, hanya mengandalkan hasil jerih payah sang ibu yang membuka usaha kecil (kios). "Hidup terpisah dengan ayah kandung tidak terlalu saya pikirkan. Saya lebih fokus pada pendidikan," tuturnya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Demi Hidup dan Pendidikan - Pelajar SMP Muhamadiyah Jual Kue
Demi Hidup dan Pendidikan - Pelajar SMP Muhamadiyah Jual Kue
Untuk mengenyam Pendidikan yang tinggi tidak saja dibutuhkan modal besar. Tetapi, lebih pada tekad, semangat, kerja keras, perjuangan dan kemauan yang tinggi.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/demi-hidup-dan-pendidikan-pelajar-smp.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/05/demi-hidup-dan-pendidikan-pelajar-smp.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy