$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

KOMPAK Dampingi Pengelolaan Keuangan Puskesmas

Pendampingan ini merupakan kelanjutan kegiatan yang sama tanggal 25-26 Mei lalu dan ditujukan untuk membenahi tata kelola keuangan di unit kerja Pemerintah daerah' khususnya Puskesmas.

Bima, KS.- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya sebagai mitra pelaksana (Implementing Partner) Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) AUsAID menfasilitasi pendampingan Penyusunan Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah Puskesmas tahap II selama dua hari dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juni 2015 di Aula SMKN 3 Kota Bima.

Pendampingan Pengelolaan Keuangan Puskesmas
Pendampingan Pengelolaan Keuangan Puskesmas

Perwakilan LPPM Universitas Brawijaya Buyung Nasution, S.S Sabtu (13/6) mengatakan, pendampingan ini merupakan kelanjutan kegiatan yang sama tanggal 25-26 Mei lalu dan ditujukan untuk membenahi tata kelola keuangan di unit kerja Pemerintah daerah' khususnya Puskesmas.

Buyung menjelaskan, faktor krusial penyebab belum memuaskannya hasil opini audit BPK antara lain karena belum adanya legalisasi manual atau Sistem dan Prosedur (Sisdur) terkait penatausahaan dan akuntansi pelaporan yang dipayungi legalitas hukum (Peraturan Bupati). Sisdur berpayung hukum inilah yang menjadi pedoman riil daerah dalam mengimplementasikan pengelolaan keuangan daerah.

Banyaknya sumber dana yang harus dikelola oleh Puskesmas sebagai Frontline Services bidang Kesehatan di Kabupaten maka diharapkan adanya sistem dan prosedur dalam pengelolaan keuangan di tingkat Puskesmas. Untuk  meningkatkan kinerja Puskesmas maka perlu adanya perbaikan manajemen pelayanan di Pusmeskas salah satunya dengan adanya sistem dan prosedur pengelolaan keuangan di Puskesmas. Dengan adanya Sisdur tersebut, pengelolaan keuangan di tingkat Puskesmas menjadi lebih akuntabel dan transparan sehingga pelayanan bidang kesehatan dapat diberikan secara maksimal oleh Puskesmas.

Dari 16 Peserta yang secara khusus dihadirkan pada pendampingan tersebut yaitu 1 Orang dari Bagian Keuangan Setda Kabupaten Bima, 1 Orang dari Dinas Pendapatan Kabupaten Bima 1 Orang dari Inspektorat Kabupaten Bima , 5 Orang dari Dikes Kabupaten Bima, 8 Orang Kepala Puskesmas dan Pengelola Keuangan pada 4 Puskesmas.

Diharapkan dengan adanya sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah di Puskesmas dapat meningkatkan pelayanan bidang kesehatan khususnya di wilayah Puskesmas masing-masing. Selama dua hari, peserta dipandu oleh Konsultan Individu (KI) Achdiar Redy Setiawan, SE., Ak., MSAk dan Drs. Moh. Syadeli, Ak., MM dari LPPM-UB. Pendampingan dibagi dalam dua tahap. Pertama Narasumber Bagian Keuangan Setda Bima menyampaikan sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Bima. Sementara Narasumber Dinas Kesehatan menyampaikan sistem dan prosedur pengelolaan keuangan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Untuk membekali peserta dengan pemahaman menyeluruh terkait pengelolaan keuangan di tingkat Puskesmas, Konsultan Individu menyampaikan mengenai gambaran umum sistem dan prosedur pengelolaan keuangan di Puskesmas. Kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Kelompok. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: KOMPAK Dampingi Pengelolaan Keuangan Puskesmas
KOMPAK Dampingi Pengelolaan Keuangan Puskesmas
Pendampingan ini merupakan kelanjutan kegiatan yang sama tanggal 25-26 Mei lalu dan ditujukan untuk membenahi tata kelola keuangan di unit kerja Pemerintah daerah' khususnya Puskesmas.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZF2v7kNQ_ZmunNH_3kRllxtSqfChXl_KZLzbDQhQshCFDRJJ23JTE4QZhyphenhyphen5yb-Ec5FMBz7Yu-lk6jaTRmRLGjVUh4bq2N2YY-JRmEJhGoslrItYz9rLCC_dNId-Eu-GURmfYqM4SRLH6B/s400/Pendampingan+Puskesmas.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZF2v7kNQ_ZmunNH_3kRllxtSqfChXl_KZLzbDQhQshCFDRJJ23JTE4QZhyphenhyphen5yb-Ec5FMBz7Yu-lk6jaTRmRLGjVUh4bq2N2YY-JRmEJhGoslrItYz9rLCC_dNId-Eu-GURmfYqM4SRLH6B/s72-c/Pendampingan+Puskesmas.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/kompak-dampingi-pengelolaan-keuangan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/kompak-dampingi-pengelolaan-keuangan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy