$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Digelar

Pemerintah Kabupaten Bima menggelar acara Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Berbasis Akrual di Aula Kantor Bupati Bima, Rabu (10/6).

Bima, KS.- Pemerintah Kabupaten Bima menggelar acara Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Berbasis Akrual di Aula Kantor Bupati Bima, Rabu (10/6). Acara itu dibuka Asisten Administrasi Umum Setda, H. Makruf, SE. Dihadiri Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Mataram diwakili Koordinator Pengawas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Singgih, SE, M.Si, Kepala SKPD, Camat, dan para Kasubag Umum, Keuangan dan Kasubag Program peserta pendampingan.

Pendampingan Implementasi Aplikasi SIMDA
Pendampingan Implementasi Aplikasi SIMDA

Dalam arahannya, Makruf mengingatkan, sesuai ketentuan pada Tahun 2015 Pemerintah sudah harus menerapkan akuntansi berbasis Akrual. Oleh karena itu, kegiatan ini penting untuk menggunakan waktu yang tidak panjang itu untuk merumuskan langkah-langkah kongkrit menuju sasaran yang kita inginkan.

Salah satu ukuran keberhasilan Pemerintah dalam pelaksanaan reformasi birokrasi terangnya, adalah terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Salah satu indikatornya adalah diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah. “Dalam beberapa tahun terakhir, kualitas Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah Kabupaten Bima masih tetap bertahan pada opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) permasalahannnya sudah jelas yaitu berkaitan dengan pengelolaan asset,” jelasnya.

Untuk itu lanjutnya, pekerjaan meraih WTP itu harus menjadi target di Tahun 2016 untuk laporan keuangan Tahun 2015. “Upaya untuk meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan harus terus menerus kita tingkatkan. Untuk itu, saya minta kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk terus bekerja keras untuk mencapai apa yang belum tercapai dan mengawal apa yang sudah dicapai,” tegasnya.

Sementara narasumber dari BPKP Perwakilan Mataram, Singgih, SE, M.Si dalam uraiannya tentang strategi implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menuju WTP menjelaskan, yang diperlukan untuk meraih opini WTP selain upaya peningkatan kualitas pelaporan keuangan, Pemda harus mampu meningkatkan kualitas Sistem Pengendalian Intern sebagai salah satu alat untuk melakukan pendeteksian dini atas kemungkinan terjadinya praktek-praktek penyimpangan dalam pengelolaan keuangan negara.

Untuk itu, semua pihak terkait di Pemerintah Daerah harus benar-benar memahami PP Nomor 60 tahun 2008 SPIP sebagai pedoman penyelenggaraan sistem pengendalian intern. “Pemda harus mampu mengimplementasikan SPIP tersebut secara lebih efektif sejalan dengan upaya perbaikan pelaporan keuangan pemerintah,” kata Singgih.

Selain itu paparnya, untuk dapat meraih opini WTP semua jajaran Pemda harus menanamkan komitmen untuk patuh kepada aturan yang ada. Melalui kepatuhan itu muncul komitmen untuk meraih WTP. “Tentu saja komitmen itu tidak hanya komitmen kepala daerah saja, tetapi juga seluruh jajaran. Artinya, semua komponen harus satu suara untuk terhadap kepatuhan pada manajemen pengelolaan keuangan daerah yang benar dan sesuai dengan aturan yang ada,” urainya.

Lebih lanjut Singgih menjelaskan, dalam penerapan laporan keuangan berbasis akrual diharuskan untuk menyiapkan sarana prasarana berupa sistem akuntansi dan IT based system, serta yang tidak kalah pentingnya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu menguasai pelaksanaan sistem akuntansi berbasis akrual. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Digelar
Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Digelar
Pemerintah Kabupaten Bima menggelar acara Pendampingan Implementasi Aplikasi Simda Berbasis Akrual di Aula Kantor Bupati Bima, Rabu (10/6).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmiWop_kcZHx4IWU4ruhtSbKwvQFa74nsHmaA-hb7HzZERvdqy2-t8gX1Gt-70Cw_yVs-oa6bxHu-Q7ZW239qDAD7fr1jCnHishTRGu7xITHq4og7pleYNmbI2TOi-Q80qZb0LaNW97TwK/s400/Pendampingan+Implementasi+Aplikasi+SIMDA.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmiWop_kcZHx4IWU4ruhtSbKwvQFa74nsHmaA-hb7HzZERvdqy2-t8gX1Gt-70Cw_yVs-oa6bxHu-Q7ZW239qDAD7fr1jCnHishTRGu7xITHq4og7pleYNmbI2TOi-Q80qZb0LaNW97TwK/s72-c/Pendampingan+Implementasi+Aplikasi+SIMDA.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/pendampingan-implementasi-aplikasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/pendampingan-implementasi-aplikasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy