$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Petani di Sampungu Mulai Tanam Bawang Merah

Melambungnya harga bibit bawang merah saat ini, tidak membuat masyarakat Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima mengurungkan niatnya untuk bercocok tanam.

Bima, KS.- Melambungnya harga bibit bawang merah saat ini, tidak membuat masyarakat Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima mengurungkan niatnya untuk bercocok tanam. Saat ini, ribuan hektar areal persawahan maupun areal sawah tada hujan di desa setempat telah ditanami bawang.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

Jumra, salah seorang petani bawang merah di Sampungu mengaku, hampir semua masyarakat setempat saat ini mulai menanam bawang merah. Semua lahan persawahan, tidak ada lagi yang tersisa. "Walaupun bibitnya mahal, kami tetap membeli. Karena kami yakin, di tahun ganjil ini harga bawang merah akan melambung naik,"ungkapnya Selasa (2/6).

Saat ini lanjutnya, ada masyarakat yang sudah menanam dan ada juga yang bawangnya berumur 30 hari. Bahkan, ada juga masyarakat petani yang telah memanen bawangnga. Untuk saat ini, harga bawang khususnya di Sampungu berkisar antara Rp. 2,5 Juta hingga Rp. 2,7 Juta. Harga tergantung besar kecilnya bawang petani. Namun, yang sudah memanen bawang saat ini hanya beberapa petani saja. "Sekitar akhir bulan enam inu, semua masyarakat akan serentak memanen bawangnya,"ujarnya.

Selain itu, memang banyak resiko ketika menanam bawang merah. Beruntung, jika bawang yang ditanam para petani tidak diserang hama ulat. Setiap tahun, masyarakat sering dirugikan oleh hama ulat, karena terus membeli obat-obatan untuk menyemprot bawang. "Tapi alhamdulillah, sekarang tidak begitu banyak hama yang menyerang tanaman bawang kami," tutur lelaki yang biasa disapa ama Novi ini.

Sementara warga lainnya, Ama To mengaku, kalau dilihat dari perkembangan saat ini, Ia yakin harga bawang merah akan terus naik. Pada Bulan Mei 2014 lalu, harga bawang hanya dibawa satu juta. Tapi sekarang, harganya sudah mencapai Rp.2,5 juta. "Makanya, masyarakat kami ada yang menanan bawang dengan bibit satu ton bahkan lebih perorangnya. Saya dan seluruh masyarakat Desa Sampungu berharap agar harga bawang merah tahun ini tetap naik. Semoga saja," harapnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Petani di Sampungu Mulai Tanam Bawang Merah
Petani di Sampungu Mulai Tanam Bawang Merah
Melambungnya harga bibit bawang merah saat ini, tidak membuat masyarakat Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima mengurungkan niatnya untuk bercocok tanam.
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s1600/Ilustrasi%2BBawang.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/petani-di-sampungu-mulai-tanam-bawang.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/petani-di-sampungu-mulai-tanam-bawang.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy