$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Prodi Baru IAI Muhammadiyah Divisitasi Tim Asesor

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah yang kini berubah status menjadi Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima

Kota Bima, KS.- Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah yang kini berubah status menjadi Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima terus mengembangkan mutu pendidikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Setelah meningkatkan status, kampus berbasis pendidikan Islam itu mengajukan tambahan Program Studi (Prodi) untuk fakultas baru.

Prodi yang diajukan yakni Akhwanul Syaksiah (Hukum Rumah Tangga), Bimbingan Konseling Islam (BKI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Untuk mengesahkan prodi baru ini, Tim Asesor dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melakukan visitasi ke kampus setempat, Sabtu (27/6) kemarin. Tim yang diwakili Iman Sayogyo dan Muhammad Ali disambut jajaran Pengurus Lembaga Kampus dan Dewan Pengurus Cabang Muhammadiyah.

Ketiga prodi ini rencananya akan mengisi fakultas baru yakni Fakultas Syariah. Bila prodi baru ini terpenuhi, maka berarti IAI Muhammadiyah Bima akan memiliki tiga fakultas. Pertama, Fakultas Tarbiyah dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Aliyah (PGMA). Kedua, Fakultas Ekonomi Islam dengan Prodi Ekonomi Syariah dan Ketiga, Fakultas Syariah dengan tiga prodi baru tersebut.

Namun, pada kunjungan visitasi tersebut Tim Asesor baru menguji dan melihat kelengkapan syarat dari Prodi Akhwanul Syaksiah (Hukum Rumah Tangga). “Pembukaan prodi baru ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam mengembangkan mutu pendidikan di IAI Muhammadiyah. Ke depan kami menargetkan secara bertahap untuk menuju status sebagai Universitas unggul di Bima,” kata Perwakilan Badan Pengurus Harian Muhammadyah Bima, Drs HM Sathur dalam sambutannya.

Tim Pengembangan Prodi IAI Muhammadyah Bima, Taman Firdaus, MPd menjelaskan, berbagai upaya kini dilakukan kampus untuk terus berbenah meningkatkan kapasitas dan kualitas. Pembukaan Prodi diakuinya, bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam. Sebab, masih banyak prodi yang belum ada di Bima bahkan di Propinsi NTB. Seperti tiga prodi yang diajukan saat ini merupakan prodi unggul dan diyakini akan banyak peminatnya.

“InsyaAllah kalau Tim Asesor dari Kemenag RI memberikan kemudahan terhadap prodi baru yang diajukan, maka kita akan memiliki Fakultas Syariah. Selain sebagai syarat pendirian institut, penambahan fakultas juga menandai bahwa kampus terus berkembang,” terangnya.

Sementara itu, Tim Asesor Kemenag RI, Iman Sayogyo mengatakan, sejumlah persyaratan administrasi, sarana dan prasarana untuk melengkapi dibukanya prodi baru telah diajukan kampus. Berdasarkan hasil identifikasi sementara, prodi baru Akhwanul Syaksiah dianggap telah memenuhi persyaratan. Meski tidak dipungkiri masih terdapat kekurangan. Hasil visitasi tersebut, akan disampaikan dalam waktu dekat kepada pihak kampus.

“Berdasarkan amanat undang-undang, institut memang diharuskan minimal memiliki dua fakultas atau dua rumpun keilmuan. Syarat pengajuan prodi baru IAI Muhammadiyah Bima secara umum seperti SDM Dosen, sarana, prasarana. Intinya, tidak hanya segi fisik yang kami perhatikan, tapi lebih penting lagi aspek kualitasnya,” jelas Iman.

Dalam visitasi itu, pihak lembaga kampus mempresentasikan tentang segala persiapan prodi baru yang akan dibuka. Mulai dari visi, misi, sasaran, tujuan, sumber daya pendidik, kualifikasi dosen hingga ketersediaan sarana pendukung perkuliahan. Tim Asesor juga langsung menguji materi yang dipresentasikan terhadap lembaga kampus dan dosen. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Prodi Baru IAI Muhammadiyah Divisitasi Tim Asesor
Prodi Baru IAI Muhammadiyah Divisitasi Tim Asesor
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah yang kini berubah status menjadi Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/prodi-baru-iai-muhammadiyah-divisitasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/prodi-baru-iai-muhammadiyah-divisitasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy