$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Raperda RDTRK Kota Bima Terancam Ditolak

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDRTK) Bima terancam ditolak oleh Panitia Khusus (Pansus) Raperda DPRD Kota Bima.

Kota Bima, KS.- Berdasarkan hasil konsultasi DPRD Kota Bima di Mataram beberapa hari kemarin, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDRTK) Bima terancam ditolak oleh Panitia Khusus (Pansus) Raperda DPRD Kota Bima. Pasalnya, Raperda RDRTK melanggar aturan tata ruang yang lebih tinggi.

Ilustrasi Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDRTK)
Ilustrasi Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDRTK)

RDTRK merupakan salah satu dari empat Raperda yang dikonsultasikan Pansus Dua DPRD Kota Bima ke Biro Hukum Pemprov NTB dan Menkumham NTB, pekan kemarin. Dari empat Raperda, masing-masing Raperda Penyerahan Sarana dan Prasarana Utilitas Perumahan dan Pemukiman oleh Pengembang Kepada Pemkot Bima, Perda Pedoman Perlindungan dan pengelolaan lingkungan Hidup, Perda Pariwisata dan RDRTK.

“Dari Empat Raperda tersebut, hanya Raperda RDPRTK Kota Bima yang dikoreksi saat konsultasi. Sebelum diusulkan oleh pemerintah eksekutif, Raperda itu mestinya harus meminta persetujuan dari Gubernur NTB,” jelas Ketua Pansus Dua DPRD Kota Bima, Taufik H. A. Karim.

Menurut hasil konsultasi terang Duta PPP itu, Raperda RDRTK telah menyalahi aturan Tentang Tata Ruang yang lebih tinggi, dan itu tidak boleh ditoleransi. “Dalam waktu dekat kami akan segera memanggil Dinas terkait untuk klarifikasi soal Raperda RDRTK tersebut. Namun pada prinsipnya Raperda itu tetap akan kami tolak, karena ini permintaan dari pihak provinsi, dan tidak bisa dipaksakan untuk disahkan pada Paripurna,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Pansus Satu DPRD Kota Bima Dedy Mawardi mengatakan, pihaknya juga telah berkonsultasi ke Provinsi tentang Lima Raprda, masing – masing Raperda RT RW, Raperda Rusunawa, Raperda Ketertiban Umum, Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, dan Raperda Peternakan. “Ada beberapa catatan, seperti meminta kepada Pemerintah Eksekutif agar berkonsultasi lebih awal kepada Provinsi, sebelum diajukan ke Pemerintah Legislatif. Seperti Raperda RT RW, karena menyangkut masyarakat umum, dan tentu ada yang diuntungkan dan dirugikan,” jelasnya.

Kemudian Raperda pariwisata, tambahnya, perlu sosialisasi maksimal kepada masyarakat, karena masalah pariwisata juga menyangkut hiburan dan gaya hidup yang bisa bertentangan dengan adat masyarakat. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Raperda RDTRK Kota Bima Terancam Ditolak
Raperda RDTRK Kota Bima Terancam Ditolak
Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDRTK) Bima terancam ditolak oleh Panitia Khusus (Pansus) Raperda DPRD Kota Bima.
http://4.bp.blogspot.com/-F3s8--aUViw/VPBvBULZxqI/AAAAAAAAA_Y/GtseWpnDS64/s400/Keterbukaan%2Binformasi.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-F3s8--aUViw/VPBvBULZxqI/AAAAAAAAA_Y/GtseWpnDS64/s72-c/Keterbukaan%2Binformasi.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/raperda-rdtrk-kota-bima-terancam-ditolak.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/06/raperda-rdtrk-kota-bima-terancam-ditolak.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy