$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

459 TKI Asal Bima Berangkat Tahun ini

Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, saat ini ada sebanyak 459 TKI dan TKW yang diberangkatkan ke berbagai negara.

Bima, KS.- Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, saat ini ada sebanyak 459 TKI dan TKW yang diberangkatkan ke berbagai negara. Dengan banyaknya warga Kabupaten Bima yang berangkat itu, Dinas setempat pun gencar melakukan pendataan.

Ilustrasi TKI
Ilustrasi TKI

Kabid Pengembangan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Bima, Moh Sabri, SH mengungkapkan, proses penyeleksian TKI dan TKW ini mulai dilakukan beberapa waktu lalu dan berakhir hari Rabu (8/7) kemarin. "Hingga Bulan ini, tercatat sudah ada 459 TKI dan yang diberangkatkan ke berbagai negara di Asia Pasifik,” sebutnya Jum'at (10/7) lalu di Kantornya.

Beberapa hari lalu lanjutnya, ada sekitar 10 orang TKW yang didampingi pihak PJTKI mengikuti proses penyeleksian dan pemberian pengarahan serta pengisian biodata. "Rencananya para TKW tersebut, akan diberangkatkan ke Singapura dan Taiwan,” ungkapnya.

Para TKW ini katanya, akan mengurus dokumen termasuk paspor. Kemudian, mereka akan masuk pelatihan terkait cara mengurus anak, memasak, mencuci atau yang berkaitan dengan urusan rumah tangga. "Beberapa hari kedepan, mereka sudah mulai masuk pelatihan dimaksud," katanya.

Pelatihan tersebut biasanya, dilakukan oleh PJTKI selama tiga bulan lamanya. Selama dalam proses seleksi itu juga, para TKI dan TKW tersebut diberikan pengarahan di mana setelah berada di luar negeri nanti, mereka diingatkan untuk tidak melarikan diri dari majikan. Sebab, TKI maupun TKW merupakan tanggungjawab PJTKI. "Kalau ada masalah harus kembali ke PJTKI. TKI atau TKW tidak boleh kabur karena paspor dipegang oleh majikan. Kalau kabur justru dikategorikan ilegal,” jelasnya.

Ia menambahkan, walaupun saat ini masih bulan puasa, pihaknya tetap melakukan seleksi terhadap para TKI/TKW yang akan diberangkatkan ke luar negeri. Hal ini dilakukan, guna menghindari para TKI yang menempuh jalur ilegal. Tidak hanya itu, para TKW ini juga diingatkan untuk memperpanjang sendiri masa kerja dengan majikan dengan tujuan, agar mereka terhindar dari masalah."Kami juga sudah ingatkan, agar para TKW yang berangkat ini bisa menabung uang hasil kerja sebagai modal usaha,"tambahnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: 459 TKI Asal Bima Berangkat Tahun ini
459 TKI Asal Bima Berangkat Tahun ini
Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, saat ini ada sebanyak 459 TKI dan TKW yang diberangkatkan ke berbagai negara.
http://3.bp.blogspot.com/-D8jz4N3W-5k/VaSypwGPU3I/AAAAAAAAB7I/ubQ16FByaTM/s400/Ilustrasi%2BTKI.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-D8jz4N3W-5k/VaSypwGPU3I/AAAAAAAAB7I/ubQ16FByaTM/s72-c/Ilustrasi%2BTKI.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/459-tki-asal-bima-berangkat-tahun-ini.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/459-tki-asal-bima-berangkat-tahun-ini.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy