$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Lahan Kering, Petani Bolo Mengeluh

Sejumlah petani di dua desa Kecamatan Bolo yakni Desa Sondosia dan Sanolo mengeluhkan kondisi lahan pertanian mereka yang kering.

Bima, KS.- Sejumlah petani di dua desa Kecamatan Bolo yakni Desa Sondosia dan Sanolo mengeluhkan kondisi lahan pertanian mereka yang kering. Akibatnya, lahan seluas ratusan hektar antara SO Wacarima Desa Sondosia dan So Tapa Rasa Desa Sanolo yang ditanami padi dan kedelai terancam rusak.

Ilustrasi Petani
Ilustrasi Petani

Hasil pantauan media ini, Rabu (1/7) kemarin lahan pertanian didua desa memang sangat kering. Padi dan kedelai yang ditanam petani nampak kusam karna tidak pernah diairi beberapa minggu. Kekeringan itu disinyalir sebagai dampak beralihnya musim hujan ke musim kemarau.

Namun menurut sebagian petani, meski memasuki musim kemarau, kondisi kekeringan lahan tidak pernah seperti pada tahun ini. Upaya untuk mengatasi masalah itu, petani secara pribadi maupun kelompok melaporkan pada pihak dinas terkati untuk membantu mencari solusi agar tanaman pertanian tidak terancam rusak. “Kami berharap kondisi ini segera diatensi pemerintah. Jangan sampai gagal panen karna hanya inilah sumber kehidupan kami,” keluh salah satu petani di Bolo.

Kepala UPTD Pertania Kecamatan Bolo, Ir, Abdullah yang dikonfirmasi terkait keluhan itu, Kamis (2/7) mengatakan, salah satu faktor penyebab urangnya air di dua desa itu lantaran kerusakan jembatan di Desa Timu. Jembatan sudah patah sehingga air tidak bisa jalan dengan normal. Namun, saat ini jembatan tersebut sedang diperbaiki dan dalam waktu singkat ini akan segera selesai dikerjakan. “Kami dari UPT Dinas di Kecamatan Bolo telah melaporkan juga pada Dinas Pertanian Kabupaten Bima, mungkin akan ada upaya mereka untuk menanggulangi hal tersebut,” jelasnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Bima melalui Kepala Bidang Holtikultural, Ir Beni Akbar mengatakan, petani didua desa harus segera membuat laporan langsung pada Kementerian Pertanian Pusat. Sebab, laporan petani di lapangan akan langsung ditanggapi dengan memberikan bantuan langsung berupa mesin pompa air sesuai luas lahan kering dan beberapa alat yang dibutuhkan oleh petani.

“Harapan kami di dinas agar pihak UPTD Pertanian se-Kabupaten Bima segera melaporkan kepada kami bila ada keluhan sepertiitu. Jangan sampai masyarakat mendapat kendala dalam hal meningkatkan hasil pertanian mereka di lapangan,” tandasnya. (KS-11)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Lahan Kering, Petani Bolo Mengeluh
Lahan Kering, Petani Bolo Mengeluh
Sejumlah petani di dua desa Kecamatan Bolo yakni Desa Sondosia dan Sanolo mengeluhkan kondisi lahan pertanian mereka yang kering.
http://3.bp.blogspot.com/-5MsBW4ymcN0/VSVihmvs8cI/AAAAAAAABTg/ecwUJFdO1gU/s1600/Ilustrasi%2BPetani.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-5MsBW4ymcN0/VSVihmvs8cI/AAAAAAAABTg/ecwUJFdO1gU/s72-c/Ilustrasi%2BPetani.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/lahan-kering-petani-bolo-mengeluh.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/lahan-kering-petani-bolo-mengeluh.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy