$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Harga Bawang Merah di Bima Turun Drastis

Harga bawang merah di Bima, semulanya bisa mencapai angka Rp.12Ribu per kilogram (Kg), kini turun drastis hingga Rp.5000/Kg.

Bima, KS.- Harga bawang merah di Bima, semulanya bisa mencapai angka Rp.12Ribu per kilogram (Kg), kini turun drastis hingga Rp.5000/Kg. Turunnya harga bawang tersebut, membuat para petani di berbagai Kecamatan di Wilayah Kabupaten Bima, cemas bahkan mengaku merugi hingga puluhan Juta Rupiah, seperti yang dialami para petani di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi.

Harga bawang merah sekitar pertengahan Juli kemarin melonjak hingga Rp.12Ribu/KG, namun hari demi hari semakin menurun, saat ini harga bawang merah per kilo gram maksimal Rp.7Ribu, bahkan ada pedagang yang menawarkan ke petani Rp.4.500.

Wahyudin Syamsudin mengaku kecewa dengan harga bawang saat ini yang sangat jauh dari harapan para petani sebelumnya. Katanya, jika harga bawa dibeli dengan harga Rp.12ribu atau Rp.9Ribu/KG, maka petani di untungkan, namun yang terjadi sekarang, para pedagang atau pengepul hanya mampu membeli dengan harga Rp.7Ribu/KG, itupun dengan ukuran jumbo, sementara untuk ukuran biasa atau standar, hanya mampu dibeli dengan harga Rp.5ribu/KG.”Kalau petani menjual dengan harga Rp.5Ribu perkilonya, maka petani dirugikan, apalagi para petani saat ini mayoritas menanam bawang dengan cara utang, mulai dari bibit, hingga obat-obatan, semuanya utang ke penjual bibit dan obat,”tuturnya.

Wahyudin berharap agar, pemerintah terlibat secara langsung, bagaimana harga bawang di petani bisa stabil, paling tidak dengan harga Rp.7Ribu per kilonya, petani tidak terlalu banyak rugi, hanya kembali modal, tapi dengan harga Rp.5Ribu, petani dirugikan dengan per petani bisa mencapai jutaan hingga belasan juta rupiah, sangat bergantung jumlah tanam,”imbuhnya.

Di Desa Sai, juga dituturkan oleh Nawar. Petani yang sudah berpengalama dalam hal penanaman bawang ini mengaku rugi di tahun ini, karena harga bawang turun mendadak, dari harga Rp.11-12Ribu per kilo gram, kini harganya Cuma Rp.5-7Ribu perkilonya.”Dengan harga yang terlalu rendah tersebut, tentu membuat petani rugi total, bahkan tidak tutup kemungkinan untuk tanaman berikutnya, petani akan semakin banyak mengutang,”tukasnya.

Nawar berharap, agar pemerintah membantu petani memberikan bantuan berupat bibit bawang dan saprodinya (obat-obatan), untuk meringankan beban para petani ke depannya.”Kalau petani tidak dibantu, maka petani akan semakin merugi, dan pedagang semakin kaya. Karena saya menilai bahwa naik turunnya harga bawang sekarang, sangat bergantung pada pemerintah, juga para pedagang,”harapnya. (KS-006)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Harga Bawang Merah di Bima Turun Drastis
Harga Bawang Merah di Bima Turun Drastis
Harga bawang merah di Bima, semulanya bisa mencapai angka Rp.12Ribu per kilogram (Kg), kini turun drastis hingga Rp.5000/Kg.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/harga-bawang-merah-di-bima-turun-drastis.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/harga-bawang-merah-di-bima-turun-drastis.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy