$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kemarau Panjang, Petani Dihimbau Waspadai Elnino

Kemarau yang ditaksir bakal panjang tahun ini, hampir merata di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Elnino di Provinsi NTB bisa terjadi 3 hingga 5 Tahun sekali, khususnya di Kabupaten Bima dan NTB.

Bima, KS.- Ketika badai Elnino tiba, dampaknya menyusahkan petani. Bagaimana tidak, tanaman jenis padi, akan terancam gagal panen. Kemarau yang ditaksir bakal panjang tahun ini, hampir merata di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Elnino di Provinsi NTB bisa terjadi 3 hingga 5 Tahun sekali, khususnya di Kabupaten Bima dan NTB.

Pada tahun ini, diperkirakan puncak elnino ketiga akan terjadi pada Bulan Oktober sampai Desember. "Sekarang kita sedang alami elnino pertama, namun dampaknya sudah hampir merata di seluruh Kecamatan. Oleh karena itu, petani harus tanam komoditi sesuai musim," ungkap Menurut Kepala BP4K Kabupaten Bima Ir. Abdollah, Jumat (14/8).

Berangkat dari itu, pihaknya pun menghimbau kepada Petani untuk tidak memaksakan diri menanam komoditi yang membutuhkan air lebih banyak, seperti padi. Tetapi Komoditi yang tidak butuh air banyak, seperti Palawija yakni Kacang Hijau atau Kedelai. "Himbauan ini sering kami sampaikan ke petani. Tetapi tetap saja ada yang menanam padi saat masuk musim elnino seperti tahun ini," tuturnya.

Padahal pihaknya melalui pemberitahuan BMKG, setiap tahun tetap mengeluarkan himbauan kepada petani tentang cuaca, termasuk elnino."Namun, jarang ditanggapi dan tetap menanam komoditi yang menyerap banyak air,"katanya.

Mengantisipasi itu, karena petani sudah terlanjur menanam padi, terpaksa petani harus melihat kantong air di sungai dan dinaikan. Kemudian, melakukan Bor Dangkal. "Pemerintah melalui dinas tekhnis sudah menyalurkan bantuan mesin pompa air. Agar meminimalisir terjadinya dampak buruk panen tahun ini,"jelasnya.

Melihat kondisi musim tahun ini tambah Abdollah, target Pemerintah Pusat agar Provinsi NTB menyumbang padi sebanyak 2 Ton, tidak bisa tercukupi. "Melihat kondisi ini, tentu tidak mungkin NTB mampu menyumbang Padi sebanyak 2 Ton," ujarnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kemarau Panjang, Petani Dihimbau Waspadai Elnino
Kemarau Panjang, Petani Dihimbau Waspadai Elnino
Kemarau yang ditaksir bakal panjang tahun ini, hampir merata di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Elnino di Provinsi NTB bisa terjadi 3 hingga 5 Tahun sekali, khususnya di Kabupaten Bima dan NTB.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/kemarau-panjang-petani-dihimbau.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/kemarau-panjang-petani-dihimbau.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy