$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Pj Bupati Panen Garam di Desa Sanolo Bolo

Kunjungan diawali peninjauan areal tambak garam dan dilanjutkan dengan panen garam di areal seluas 35 hektar.

Bima, KS.- Rangkaian Safari BBGRM Tingkat Kecamatan Woha Jumat (28/8) dilanjutkan Penjabat (Pj) Bupati Bima, Drs H Bachrudin, MPd dengan melakukan peninjauan areal tambak garam rakyat di So Mbee Desa Sanolo Kecamatan Bolo. Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir. Hj Nurma, Kepala Bappeda Kabupaten Bima, Ir. Indra Jaya, Inspektur Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin HMY dan beberapa Kepala SKPD terkait lingkup Pemkab Bima. Kunjungan diawali peninjauan areal tambak garam dan dilanjutkan dengan panen garam di areal seluas 35 hektar.

Penjabat (Pj) Bupati Bima saat panen garam
Penjabat (Pj) Bupati Bima saat panen garam

Pj. Bupati memaparkan, sebenarnya produksi garam rakyat di Kabupaten Bima cukup besar. Namun ke depan yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana garam hasil produksi petani memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, harus ada upaya pemerintah untuk melindungi petani. Beberapa upaya yang bisa dilakukan, antara lain mengundang investor untuk investasi garam, disamping mewajibkan pegawai untuk mengkonsumsi garam beryodium.

Karena itu katanya, perlu membangun kemitraan dalam tata kelola garam pasca produksi agar petani terlindungi dan taraf hidupnya ditingkatkan. Kepada Kadis Kelautan dan Perikanan, Pj. Bupati bertanya apa saja program pemerintah pusat yang telah diberikan kepada petani.

Di lokasi tambak ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir. Hj Nurma menjelaskan, saat ini terdapat program PUGAR, petani diberikan bantuan mesin untuk memompa air agar petani garam tidak kesulitan air untuk kebutuhan pembuatan garam. "Mulai tahun anggaran 2015, Kabupaten Bima mendapatkan bantuan sistem geo isolator, sejenis media plastik HDPE ketebalan 250 mikron sebagai alas pada saat pembentukan kristal garam,” terangnya.

Dengan teknologi ini, maka kualitas garam yang diproduksi para petani akan lebih baik. Selain itu, kini produksi garam di tingkat petani mencapai 154 ribu ton. Dari jumlah ini, yang mampu ditampung PT Garam Budiono sekitar 25 ribu ton, 25 ton oleh Micronutrient Internasional (MI) sedangkan sisanya 100 ribu ton dikirim ke berbagai pulau, seperti Sulawesi, Kalimantan dan wilayah lainnya.

Terkait kegiatan Panen garam di Desa Sanolo, sebanyak 592 petani di desa tersebut menggantungkan hidupnya sebagai petambak karena merupakan desa yang memiliki lahan garam paling luas. Khusus di hamparan So Mbee, luas lahan garam 35 hektar yang melibatkan 68 petambak yang terbagi dalam 3 kelompok dengan pola korporasi lahan.

Mantan Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura ini menjelaskan, dari aspek kapasitas produksi, pemanfaatan teknologi secara sistematis berpengaruh pada hasil produksi, dalam satu siklus panen yang berlangsung antara lima hingga enam bulan, produksi garam mencapai 110 ton/ha, sementara dengan pola tradisional hanya mampu menghasilkan 70 ton/ha. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1612,Hukum Kriminal,2138,Kesehatan,385,Korupsi,748,Olahraga,234,Opini,132,Pemerintahan,1556,Pendidikan,830,Politik,1264,Sosial Ekonomi,2599,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pj Bupati Panen Garam di Desa Sanolo Bolo
Pj Bupati Panen Garam di Desa Sanolo Bolo
Kunjungan diawali peninjauan areal tambak garam dan dilanjutkan dengan panen garam di areal seluas 35 hektar.
http://1.bp.blogspot.com/-o1HaD52sfOY/VeUF4lMuSKI/AAAAAAAACJs/x3SJTsUcdro/s400/Pj.Bupati%2Bmelakukan%2BPanen%2BGaram%2Bdi%2BSanolo.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-o1HaD52sfOY/VeUF4lMuSKI/AAAAAAAACJs/x3SJTsUcdro/s72-c/Pj.Bupati%2Bmelakukan%2BPanen%2BGaram%2Bdi%2BSanolo.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/pj-bupati-panen-garam-di-desa-sanolo.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/pj-bupati-panen-garam-di-desa-sanolo.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy