$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

TP PKK Kecamatan Belo Juara Lomba Cipta Menu

Tim Penggerak PKK Kecamatan Belo mencatat prestasi terbaik dengan menempati Juara I Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Bima, KS. - Tim Penggerak PKK Kecamatan Belo mencatat prestasi terbaik dengan menempati Juara I Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) antar kecamatan Se-Kabupaten Bima Sabtu (19 /9) di Gedung PKK Kabupaten Bima.

Penilaian Lomba B2SA oleh Sekda
Penilaian Lomba B2SA oleh Sekda

Lomba yang diikuti 15 kecamatan tersebut mempertandingkan empat kategori yaitu Kategori pangan lokal B2SA, kategori Juice, pemanfaatan pangan lokal dan kategori kudapan. Disamping itu, kriteria yang diketengahkan mencakup kesesuaian kadar gizi, aman dan kesesuaian penyajian sebagai menu pada pagi, siang dan malam.

Lomba yang dirangkaikan dengan Pencanangan Gerakan Pemanfaatan Pangan Lokal, dengan tema "Aku Suka Pangan Lokal" ini, Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. M. Taufik, HAK, M.Si dan didampingi kepala BKP Kabupaten Bima Ir. Rendra Farid dan sejumlah kepala SKPD dalam amanatnya mengatakan, mengacu pada UU tentang pangan, hal ini menuntut bagaimana upaya pemerimntah agar masyarakat dapat mengkonsumsi pangan yang sehat.

“Produksi pangan utama seperti padi memang cukup melimpah dan surplus beras memenuhi target. Tapi pertanyaannya mengapa hingga saat ini desa yang tergolong miskin masih mencapai 22 desa,”ujarnya mempertanyakan terkait masih adamya desa miskin di Kabupaten Bima hingga saat ini.

Oleh karena itu kata Sekda, perlu langkah-langkah nyata mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan kegiatan hingga penganggaran. “Dalam waktu dekat akan dilaksanakan klinis APBD TA 2016 dan Klinis rumpun hijau akan digabung. Pemanfaatan pangan lokal sangat penting untuk didukung karena tujuannya jelas yaitu mendukung program Nawacita Presiden RI Joko Widodo" Tegas Sekda.

“Berkaitan dengan Lomba B2SA, pada tahun 2016 akan dimulai ditingkat desa, kecamatan selanjutnya Kabupaten dengan menyediakan hadiah yang lebih besar"Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima Ir. Rendra Farid dalam laporannya mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan TP PKK kab Bima kerjasama dengan BKP. “Peserta yang berhasil meraih juara I akan menjadi duta Kabupaten Bima pada lomba yang sama di tingkat propinsi yang akan berlangsung di KabupatenLombok Tengah dan selanjutnya juara tingkat propinsi akan wakili NTB pada lomba B2SA di Palembang,”tutur Rendra.

Rendra menambahkan, untuk membangun kesadaran masyarakat, masih banyak alternatif pangan berupa umbi-umbian dan buah lokal yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan beras sebagai sumber pangan local, “Lomba juga diharapkan dapat meningkatkan citra pangan lokal dan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi B2SA yang mengandung komposisi yang dibutuhkan tubuh,”terangnya.

Oleh karena itulah Pencanangan Gerakan Pemanfaatan Pangan Lokal, dengan tema "Aku Suka Pangan Lokal" ini penting agar beragam sumber pangan lokal kembali dikembangkan.

Pada Kategori menu pangan lokal B2SA juara I diraih TP PKK Kecamatan Belo. Keberhasilan ini mengantar Kecamatan Belo meraih hadiah Rp. 2 juta,

Juara II disabet kecamatan Wawo dan mendapat hadiah Rp. 1,75 juta, Juara III kecamatan Woha dengan hadiah Rp. 1,5 juta, Juara IV kecamatan Monta mendapatkan Rp 1 juta dan juara V Madapangga mendapatkan Rp. 750 ribu.

Sementara, pada kategori juice, juara I disabet kecamatan Ambalawi yang menyajikan jus Jambu Mete, juara II diraih kecamatan Sape yang menampilkan jus sawo dan juara III kecamatan Langgudu dengan tampilan jus rumput laut.

Selanjutnya, pada Kategori pemanfaatan pangan lokal, juara I diraih kecamatan Parado, Juara II Kecamatan Wera dan juara III diraih kecamatan Lambitu.

Sementara itu, pada Kategori Kudapan, juara I diraih kecamatan Langgudu, juara II kecamatan Ambalawi dan juara III kecamatan Sape. (KS.-Mul )

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: TP PKK Kecamatan Belo Juara Lomba Cipta Menu
TP PKK Kecamatan Belo Juara Lomba Cipta Menu
Tim Penggerak PKK Kecamatan Belo mencatat prestasi terbaik dengan menempati Juara I Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYnrhQBNUw-qrKIWgEBbqNZg9Zg8WlJI5eISDUCQGYp9mIepWNUxAjseOrfHty-o7dvEcK7oBtcMHmVd4cQmAYol8aVZCd5Fe456JSf7Bpx7LtQ9WmMWmUnno41V9g5v8Ta5dIoxdXr6Tp/s400/Penilaian+Lomba+B2SA+oleh+Sekda.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYnrhQBNUw-qrKIWgEBbqNZg9Zg8WlJI5eISDUCQGYp9mIepWNUxAjseOrfHty-o7dvEcK7oBtcMHmVd4cQmAYol8aVZCd5Fe456JSf7Bpx7LtQ9WmMWmUnno41V9g5v8Ta5dIoxdXr6Tp/s72-c/Penilaian+Lomba+B2SA+oleh+Sekda.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/tp-pkk-kecamatan-belo-juara-lomba-cipta.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/09/tp-pkk-kecamatan-belo-juara-lomba-cipta.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy