$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Peran Kepala Desa Dalam Percepatan Pembangunan

Dua potret desa yang patut diakui dan diambil contoh, yaitu desa Madawau Kecamatan Madapangga dan desa Bontokape Kecamatan Bolo

Bima, KS.- Sosok kepala desa di masyarakat pedesaan, menjadi tokoh panutan, kebijakan di desa, tingkat kematangan dan kedewasaan dalam meningkatkan pembangunan di desanya menjadi tolok ukur keberhasilan kepala desa.

Pemerintah pusat melalui program desentralisai dan dekosentrasi dan konsentrasi yang tertuang dalam Undang Undang no.32 tahun 2004, tentang pemerintah daerah, memberikan kesempatan otonomi desa, Kabupaten dan Propinsi melalui beberapa program seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Program PNPM dan ADD menjadi program pemberdayaan masyarakat yang mampu memberikan kebebasan dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi serta memelihara sarana dan prasarana desa melalui pembangunan secara managerial bersama pemerintah daerah setempat.

Dua potret desa yang patut diakui dan diambil contoh, yaitu desa Madawau Kecamatan Madapangga dan desa Bontokape Kecamatan Bolo, dimana kedua desa tersebut sama sama dibawah pimpinan sosok dari TNI, tentunya kedisiplinan TNI pun diterapkan, sehingga tidaklah salah kalau kedua desa itu dianggap sebagai contoh dalam proses percepatan pembangunan di desa.

Desa Madawau, adalah salah satu desa yang terletak dibagian ujung barat kecamatan Madapangga, dibawah kendali ANWAR, mantan anggota TNI menjelaskan, dengan anggaran ADD yang dianggarkan oleh pemerintah, berbagai fasilitas desa telah dibangun, demi kebutuhan masyarakat.

Dijelaskannya,alokasi dana ADD untuk desa Madawau, dengan jumlah lebih kurang 500 KK berkisar Rp.414.840.318, dari angka tersebut sudah dianggarkan sebesar 60 persen atau Rp 276.656.974. dimanfaatkan untuk beberapa item. “Anggaran 60 persen, dimanfaatkan, untuk perkerasan jalan tani, pembuatan drainase dengan biaya Rp19.780.000, selain itu juga dilakukan pembangunan kantor BPD dengan anggaran Rp 15 juta. Sementara untuk pemberdayan masyarakat seperti ternak itik dan kambing, kami sengaja ditiadakan dulu, karena disesuaikan juga dengan kebutuhan masyarakat,”akunya.

Menuruitnya kebutuhan urgen masyarakat saat ini pembuatan jalan desa untuk menuju lokasi persawahan tidak sulit lagi, bahkan bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua, juga untuk perkembangan pembangunan infrastruktur lainnya. “Alhamdulillah masyarakat saya, tidak banyak menuntut, yang penting jalan taninya sudah ada buat,”tuturnya.

Untuk kedepan ia berusaha mengadakan perpipaan untuk pengairan air bersih, dimana desa Madawau masih kekurangan air, karena sulit dijangkau dengan pipa biasa. Walaupun masih dalam proses pekerjaan yang belum selesai, kami akan menunggu termin kedua, demi menuntaskan semua pekerjaan, yang sangat menyolok pada desa kami adalah perkantoran, dimana kantor kami sampai dengan sekarang belum diselesaikan dengan baik, bahkan sarana dan prasarananya belum lengkap,”akunya.(KS- Saokat)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Peran Kepala Desa Dalam Percepatan Pembangunan
Peran Kepala Desa Dalam Percepatan Pembangunan
Dua potret desa yang patut diakui dan diambil contoh, yaitu desa Madawau Kecamatan Madapangga dan desa Bontokape Kecamatan Bolo
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/peran-kepala-desa-dalam-percepatan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/11/peran-kepala-desa-dalam-percepatan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy