$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Cegah Konflik, Keamanan Berbasis Masyarakat Mesti Diterapkan

Untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar kampung, keamanan berbasis masyarakat harus diterapkan

Bima, KS.– Untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar kampung, keamanan berbasis masyarakat harus diterapkan. Tapi, untuk mewujudkan hal itu bukan hanya tanggungjawab Pemerintah Daerah (Pemda), Legislatif dan Aparat Penegak Hukum, melainkan tanggungjawab semua komponen masyarakat. Sehingga, masing-masing wilayah aman dari gangguan kamtibmas.

Hal itu disampaikan,Penjabat Bupati Bima, Drs. H.Bachrudin kepada wartawan belum lama ini. Caranya kata Bachrudin, dengan mengintensifkan musyawarah dan mengedepankan kearifan lokal untuk menyelesaikan setiap masalah. Keamanan tidak bisa diserahkan pada pihak luar. Pemerintah dan pihak keamanan idealnya hanya dibelakang. “Kalau semua digantungkan pada pemerintah dan aparat tidak bisa, karena keamanan adalah kebutuhan setiap manusia. Sama dengan beras merupakan kebutuhan utama masyarakat,” ujarnya.

Persoalan sepele dan kecil lanjutnya, saat ini mudah sekali memicu terjadinya konflik. Tentu semua pihak tidak ada yang menginginkan itu terjadi. Apalagi Kabupaten Bima dinilainya memiliki anugerah luar biasa dan tanah subur untuk dikelola. Bila potensi itu saja dikelola dengan baik, maka bisa semua kebutuhan masyarakat tercukupi.

Pemerintah juga diakuinya, tetap memberikan pembinaan terhadap masyarakat bekerjasama dengan FKPD tingkat Kabupaten, Kecamatan dan unsur-unsur lainnya. Meskipun disadari, peran forum dan tokoh masyarakat terbatas dan tidak bisa mengontrol semua masyarakat. “Tetapi yang terpenting adalah penanaman kesadaran kepada masyarakat agar menyadari pentingnya keamanan,” tuturnya.

Pihaknya bahkan punya rencana, untuk meminta tokoh agama bicara menjelang sholat magrib dilaksanakan walaupun hanya sesaat. Tujuannya, menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat, akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dengan pendekatan keagamaaan. “Kalau bisa, rekaman himbauan tokoh agama itu diputar di masjid setiap usai waktu sholat magrib,” terangnya. (KS-Anhar)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Cegah Konflik, Keamanan Berbasis Masyarakat Mesti Diterapkan
Cegah Konflik, Keamanan Berbasis Masyarakat Mesti Diterapkan
Untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar kampung, keamanan berbasis masyarakat harus diterapkan
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/12/cegah-konflik-keamanan-berbasis.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/12/cegah-konflik-keamanan-berbasis.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy