$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Alwi Minta Guru Segera Membayar Zakat Profesi

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, M.Ap meminta kepada seluruh guru agar membayar zakat profesi

Kota Bima, KS.- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, M.Ap meminta kepada seluruh guru agar membayar zakat profesi, dan diminta agar tidak mengaitkan pembayaran zakat itu dengan agama. “Saya berharap agar seluruh guru segera membayar zakat profesinya,”pinta H.Alwi saat memberikan sambuatan dalam acara sosialisasi dan edukasi zakat bersama Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Bima diaula SMKN 3 Kota Bima Selasa (12/1).

Kata Alwi, pemotongan gaji tiap bulan untuk pembayaran zakat profesi bagi guru PNS, selama ini selalu dikaitkan dengan agama. Sementara dalam Islam membenarkan setiap keuntungan didapat ada pajaknya atau zakat, infak dan sedekah. Demikian halnya dengan pembayaran zakat profesi 2 ½ porsen, dari gaji pokok yang ditetapkan pemerintah melalui Intruksi Presiden tahun 2014,”jelasnya.

Alwi meminta agar tidak mempermasalahkan soal zakat profesinya tersebut. Karena, zakat adalah kewajiban dan tidak bisa digantikan (Analogi) yang lain, apalagi zakat profesi ini bukan infaq. “Instruksi Presiden, Gubenur, Walikota/Bupati wajib dita’ati sebagai warga negara negara yang dan sebagai umat agama Islam yang benar. Karena zakat profesi ini bertujuan bagi keselamatan umat,” ujarnya dihadapan seluruh Kepala Sekolah (Kasek) SD, SMP dan SMA/SMK se Kota Bima.

Hal yang sama juga disampaikan Kasek SDN 11 Kota Bima Hj. Mariamah di sekolah yang dipimpinnya itu mengakui ada beberapa orang guru yang menerima gaji secara utuh dan tidak membayar zakat profesi, sementara sebagian guru lainnya ada yang kurang gajinya maupun minus gaji.”Jadi soal membayar zakat itu, sangat bergantung pada manusia masing-masing. Membayar zakat juga tidak harus dengan paksa, melainkan harus dengan niat yang ikhlas,”cetusnya.

Di tempat terpisah, Kepala Unit Pelayanan Tehnik (UPT) Dikpora Kecamatan Rasanae Barat Syahrudin, Ama.Pd mengatakan, proses pembayaran zakat 2 ½ porsen itu kepada pihak bazda hanya berlangsung dua bulan. Pasalnya, banyak kritikan dari elemen masyarakat yang meminta untuk tidak menyetor dan membayar zakat profesi. “Kami selaku UPT yang membawahi guru dikecamatan merasa tidak enak, karena surat edaran dari PGRI Kota Bima menyatakan untuk tidak bayar, sedangkan Bazda minta untuk membayar,” jelasnya.

Akibat dengan kehadiran dua surat tersebut, pihaknya mengambil jalan tengah untuk menarik zakat yang dibayar Rp. 20 ribu per PNS setiap bulan yang ditarik sejak tahun 2013 lalu berdasarkan keputusan bersama. “Sudah jelas uang Rp. 20 ribu itu disetor oleh bendahara UPT Dikpora ke Bazda Kota Bima,” tambahnya.

Ketua Bazda Kota Bima Drs. TG. H. Ramli dalam arahannya mengatakan, dalam pengumpulan zakat ini diperlukan kebersamaan dan kekompakan dari semua elemen pegawai yang wajib membayar zakat profesi. “Dari pihak sekolah diharapkan menyetor ke UPT Dikpora secara kolektif (100 porsen), seperti yang dilakukan UPT kepada Bazda,” kata pimpinan Ponpes Al Husaini Monggonao.(KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Alwi Minta Guru Segera Membayar Zakat Profesi
Alwi Minta Guru Segera Membayar Zakat Profesi
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, M.Ap meminta kepada seluruh guru agar membayar zakat profesi
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/alwi-minta-guru-segera-membayar-zakat.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/alwi-minta-guru-segera-membayar-zakat.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy