$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Desa Sari-Sape, Lokasi Praktek Cerdas Pengelolaan Air Minum

Desa Sari kecamatan Sape terpilih menjadi lokasi praktek praktek cerdas pengelolaan air minum.

Bima, KS.- Desa Sari kecamatan Sape terpilih menjadi lokasi praktek praktek cerdas pengelolaan air minum. Untuk memantapkan langkah tersebut Senin (25/1) dilaksanakan Diskusi terbatas (FGD) dan Survei identifikasi kesiapannya desa Sari dalam Replikasi praktik cerdas pengelolaan air minum berbasis Masyarakat di aula hotel Mutmainah Kota Bima.

Bupati Bima yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Drs. H. Muzakkir, M.Sc dalam arahannya mengatakan, ditilik dari pengalaman praktis, Kabupaten Bima telah 14 tahun melakukan kegiatan replikasi pengelolaan air minum. Namun demikian lanjutnya, penting untuk memenuhi target tujuan pembangunan milenium (MDGs) yang ditargetkan 87 persen baru tercapai 78 persen. Artinya masih 10 Persen yang perlu ditingkatkan. Berkaitan dengan kelembagaan, Muzakkir berharap agar Pokja Air Minum dan Penyehatan lingkungan (AMPL) difungsikan agar dana pembangunan bermanfaat secara optimal.

Kepala Bappeda Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya dalam pengantarnya mengatakan, FGD ini penting untuk menyatukan persepsi para pemain pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pengelolaan air bersih di desa Sari. Berkaitan dengan terpilihnya desa tersebut, replikasi di Desa Sari merupakan kelanjutan dari keberhasilan kegiatan yang sama di Desa Lendang Nangka Kabupaten Lombok Timur.

Menurut Indra, meskipun desa Sari terpilih sebagai desa replikasi dan merupakan pengelola terbaik di Kabupaten Bima namun masih banyak hal yang perlu di tata, antara lain belum maksimalnya pengelolaan kelembagaan air minum di tingkat desa.

Kepada Kades Sari, Indra menyampaikan bahwa banyak hal yang ingin dibenahi seperti jaringan perpipaan sepanjang 7 km dan kelembagaan. "Inilah aspek yang perlu di dibenahi ketika Tim Bapenas dan Bakti melakukan survey lapangan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Perwakilan Direktorat Kerjasama Pembangunan Internasional Bappenas Nawal Djajasinga dalam pemaparannya mengatakan ini merupakan kerjasama antara Direktorat kerjasama pembangunan internasional Bappenas dengan AusAid dan BAKTI. Hal ini didasarkan pada satu kenyataan bahwa pada tingkat implementasi perencanaan pembangunan tidak sesuai dengan harapan. Maka perlu ada inisiasi dan swadaya masyarakat yang memberikan dampak besar bagi pembangunan di desa. Sehingga muncul istilah praktik cerdas yang saat ini dikembangkan melalui knowledge center (KC).

Menurutnya knowledge center adalah sebuah pendorong terpusat untuk informasi pengetahuan dan praktik terbaik di bawah Bappenas yang mempunyai tugas untuk melaksanakan perumusan kebijakan dan pelaksanaan perencanaan pembangunan berbasis pengetahuan.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas perencanaan nasional dan daerah berbasis bukti dalam rangka meningkatkan pembangunan melalui sharing atau berbagi pengalaman dan proses belajar yang dapat memberikan solusi yang mudah diadopsi.

Knowledge center berfungsi sebagai penyedia pengetahuan dan solusi serta sebagai pusat pembelajaran melalui kumpulan informasi, publikasi dan praktek praktek cerdas yang telah diterapkan di daerah.

Pada kesempatan tersebut Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bima Amar Ma'ruf SH dalam pemaparannya mengatakan, "Berkaitan dengan potensi air, di Desa Sari terdapat 4 sumber mata air di kawasan hutan, dalam wilayah desa Sari dan dalam wilayah yang berbatasan yaitu di Desa Riamau Wawo. Demikian halnya dari sisi kebijakan Desa Sari telah menerapkan kebijakan pembangunan Desa yang pro AMPL .

Potensi lainnya adalah dari segi demografis, posisi wilayah Desa Sarimerupakan jalur jalan negara ke pelabuhan penghubung Indonesia Timur. Sementara dari sisi jumlah pemanfaat air, di desa tersebut dari 5.548 jiwa atau dihuni 913 kepala keluarga pada 6 dusun.

Namun demikian lanjut Ma'ruf, tantangan yang dihadapi adalah kondisi fisik sarana air minum yang saat ini harus ditingkatkan, baik pemanfaatan sumber mata air, jaringan pipa dari mata air ke resevoir dan luasan jangkauan pelayanan.

Tantangan lain yang dihadapi adalah terbatasnya kapasitas kelembagaan pengelola yang memang harus dtingkatkan, baik dalam kemampuan teknis maupun kemampuan manajerial.

Ma'ruf berharap agar ke depan kelompok pemelihara dan pengelolaan air minum di desa Sari dapat memenuhi kebutuhan air minum masyarakat desa dan desa sekitarnya, mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat dan menjadi sumber pembiayaan pembangunan masyarakat desa serta menginspirasi desa desa lain di Kabupaten Bima dalam hal pengelolaan sarana AMPL berbasis Masyarakat.

FGD tersebut merekomendasikan beberapa kegiatan yang penting dilaksanakan antara lain pelatihan manajemen pengelolaan Bumdes dan pelatihan peliharaan sarana.

Pada aspek regulasi, diperlukan review MoU/ Perdes dan penyusunan peraturan bersama antar desa.

Pada aspek perencanaan dan penganggaran direkomendasikan adanya kajian sosial, ekonomi dan lingkungan, penyusunan rencana pemanfaatan sebagai modal ekonomi dan lingkungan desa. Serta pembangunan infrastruktur seperti resevoir dan kajian teknis. (KS-001)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1612,Hukum Kriminal,2138,Kesehatan,385,Korupsi,748,Olahraga,234,Opini,132,Pemerintahan,1556,Pendidikan,830,Politik,1264,Sosial Ekonomi,2599,
ltr
item
Koran Stabilitas: Desa Sari-Sape, Lokasi Praktek Cerdas Pengelolaan Air Minum
Desa Sari-Sape, Lokasi Praktek Cerdas Pengelolaan Air Minum
Desa Sari kecamatan Sape terpilih menjadi lokasi praktek praktek cerdas pengelolaan air minum.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/desa-sari-sape-lokasi-praktek-cerdas.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/desa-sari-sape-lokasi-praktek-cerdas.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy