$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Dorong Transparansi, Pemkab Bima Terapkan SiRUP

Bima, KS. - Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) berbasis web adalah salah satu sarana untuk menghubungkan Rencana Umum Pengadaa...

Bima, KS.- Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) berbasis web adalah salah satu sarana untuk menghubungkan Rencana Umum Pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Melalui aplikasi ini Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di masing masing-masing SKPD akan memperoleh kemudahan. Dengan cara ini maka masyarakat luas akan memperoleh kemudahan dalam akses informasi pengadaan barang dan jasa secara nasional.

Bupati Bima yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Drs. H.Muzakkir, M.Sc saat membuka acara dalam arahannya Kamis (28/1) saat membuka Penyusunan RUP dan Bimbingan Teknis Aplikasi Pelaporan Online berbasis Sistem Rencana Umum Pengadaan (Sirup) lingkup pemerintah Kabupaten Bima di aula kantor Bupati Bima.

Pada acara yang mengundang Kasubag Program/Keuangan SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Bima tersebut, Muzakkir dalam arahan mengatakan, Penyusunan RIO dan Bimtek ini memiliki arti yang sangat penting dalam reformasi sistem belanja yang lebih efektif, efisien dan pencegahan tindak pidana korupsi. “Karena itu, dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, dibutuhkan SDM yang handal, kompeten dan berintegritas tinggi sehingga penyempurnaan peraturan ini penting dipahami agar dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa dapat dilakukan dengan aman dan sesuai prosedur yang dapat mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme, Karena tidak jarang dan bahkan banyak kita lihat tindak pidana korupsi, terjadi dalam proses pengadaan barang/jasa tersebut,” katanya.

Dengan adanya Bimtek ini maka prinsip-prinsip efisien, efektif, transparan, terbuka akan dipatuhi. “Jika prinsip tersebut dipatuhi, maka kita dapat menjamin proses pengadaan barang/jasa berjalan baik dan hasilnya pun bisa diterima oleh semua pihak. Begitu juga sebaliknya, jika ada salah satu prinsip tersebut yang dilanggar, maka potensi kegaduhan akan terjadi yang akan mengakibatkan lambannya laju pembangunan di daerah kita,”lanjutnya.

Muzakir M.Sc berharap dengan adannya Bimtek ini kedepanya para peserta Bimtek ini mendapatkan informasi yang sangat penting dalam rangka pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang efektif, efisien, handal, kompeten serta berintegritas tinggi.

Narasumber Bimtek yang juga Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Taufik, ST, MT dalam pemaparannya menyampaikan, penerapan RUP mengacu kepada surat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / jasa pemerintah, (LKPP) nomor 76 / KA /10 / 2014 tentang kewajiban mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) dengan menggunakan SiRUP. “SiRUP ini juga dapat membantu menciptakan sistem pengawasan yang lebih baik. Pasalnya, masyarakat dapat ikut serta dalam mengawal program pengadaan pemerintah. Masyarakat bisa melihat proyek pengadaan apa saja yang sedang direncanakan pemerintah daerah masing-masing sekaligus melihat rincian informasi seperti satuan kerja, lokasi kegiatan. Komponen lainnya mencakup nama paket pengadaan, tanggal pengumuman, sumber dana dan pagu, mata anggaran, metode pemilihan penyedia dan jadwal pelaksanaan pekerjaan sekaligus dapat mengakses informasi pengadaan barang dan jasa melalui kegiatan dan pengadaan barang dan jasa yang akan dilakukan,”terangnya.

Taufik menjelaskan berkaitan dengan progres pengumuman APBD Kabupaten Bima tahun anggaran 2015 melalui aplikasi SiRUP pada komponen belanja langsung mencapai Rp. 481,6 miliar , pengumuman melalui SiRUP Rp.410,9 atau mencapai 85 persen. Sementara pomponen belanja yang belum diumumkan mencapai Rp. 70, 7 milyar.

Dalam Penyusunan RUP Kamis (28/1) peserta akan dibekali informasi tatacara pengisian RUP, selanjutnya, Jumat dan Sabtu (29-30 Januari) peserta akan menerima materi Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SMEP) di Hotel Mutmainah. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dorong Transparansi, Pemkab Bima Terapkan SiRUP
Dorong Transparansi, Pemkab Bima Terapkan SiRUP
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/dorong-transparansi-pemkab-bima.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/dorong-transparansi-pemkab-bima.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy