$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Keselamatan Lalulintas, Dishub Menuju Zero Accident

Termasuk di dalamnya menjamin modal atau alat transportasi yang melayani masyarakat mengutamakan keselamatan angkutan jalan, kita ingin menuju zero to accident

Bima, KS.- Keselamatan berlalu lintas menjadi salah satu aspek penting yang perlu menjadi perhatian semua pihak. Untuk mendorong peningkatan pemahaman keselamatan berlalu lintas, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabuaten Bima menggandeng PT. Jasa Raharja Bima menggelar sosialisasi regulasi.

Sosialisasi Undang - Undang nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, UU No.33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang jo. PP No.17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang. UU No.34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan jo. PP No.18 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan DanaKecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Pada sosialisasi keselamatan dilaksanakan Rabu (27/01) di aula Kantor Camat Woha ini, menghadirkan pembicara Kepala Dinas Perhubungan Zunaidin, S.Sos.,M.M, Zainudin Direktur PT. Jasa Raharja Persero Bima dan Suaeb, S.Sos Kepala Bidang Perhubungan Darat.

Zunaidin dihadapan 100 peserta yang berasal dari aparat desa, guru, pelajar dan pengusaha angkutan mengungkapkan, sosialisasi ini diadakan oleh Bidang Perhubungan Darat yang bertugas melakukan upaya preventif atau pencegahan kecelakaan lalu lintas. “Dinas Perhubungan merupakan Instansi yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang menjamin keselamatan lalulintas dan angkutan, termasuk di dalamnya menjamin modal atau alat transportasi yang melayani masyarakat mengutamakan keselamatan angkutan jalan, kita ingin menuju zero to accident" kata Zunaidin yang didampingi Kasubag Program dan Pelaporan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Arief Rachman, S.Sos.

Direktur PT. Jasa Raharja Persero Bima, Zainudin mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum mengenal Jasa Raharja. Hampir 70 persen masyarakat belum mengetahui keberadaan Jasa Raharja. Padahal, menurutnya kalau terjadi kecelakaan lalu lintas, untuk mendapatkan satunan masyarakat harus berurusan dengan Jasa Raharja. “Sejak tahun 2013 Jasa Raharja telah membayarkan santunan kepada 198 orang atau sebesar Rp. 3,84 miliyar, Tahun 2014 naik menjadi 247 orang atau senilai Rp. 3,5 miliyar dan hingga akhir Desember 2015 telah menyalurkan santunan kepada 277 korban senilai Rp. 3,9 miliyar,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat Suaeb, S.Sos menjelaskan, sejak tahun 2013 sampai saat ini Pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasaran keselamatan lalu lintas seperti Rambu Lalu Lintas disejumlah wilayah di berbagai kecamatan di Kabupaten Bima. "Alhamdulillah, Dinas Perhubungan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Keselamatan Transportasi Darat tiap tahunnya, yang dialokasikan untuk mengadakan Rambu Peringatan Rambu Petunjuk dan Pengaman Jalan (guard drill) yang tiap tahun dialokasikan sekitar 450 juta," jelas Suaeb.

Namun demikian, Suaeb menyoroti karena di beberapa wilayah, kesadaran masyarakat untuk menjaga rambu lalulintas tersebut agar tetap berfungsi dengan baik masih kurang. Untuk itu Kabid Darat ini berharap agar masyarakat dapat bersama sama menjaga fasilitas lalulintas tersebut karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjamin keselamatan ketika berada di jalan raya.

Suaeb juga mengingatkan para supir bus dan masyarakat untuk tidak menaikan penumpang diluar terminal, apalagi tidak memiliki ijin trayek di Terminal Tente. Karena, selama ini yang bikin macet adalah menaikan dan menurunkan penumpang di luar terminal. “Penumpang juga jangan diturunkan di luar terminal, penumpang juga harus sadar untuk naik bus harus di dalam terminal. Jika penumpang dan supir bus sama - sama taat tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal. Insya Allah Terminal Tente akan tertib dan mengurangi kemacetan di depan terminal," tutup Suaeb. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Keselamatan Lalulintas, Dishub Menuju Zero Accident
Keselamatan Lalulintas, Dishub Menuju Zero Accident
Termasuk di dalamnya menjamin modal atau alat transportasi yang melayani masyarakat mengutamakan keselamatan angkutan jalan, kita ingin menuju zero to accident
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/keselamatan-lalulintas-dishub-menuju.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/keselamatan-lalulintas-dishub-menuju.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy