$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kota Bima Model Kota Tangguh Nasional

Lembaga Internasional Oxfam dan LP2-DER (Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat) yang berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima

Kota Bima, KS.– Lembaga Internasional Oxfam dan LP2-DER (Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat) yang berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Senin (29/12) di Hotel La Ila mengelar tata cara pendataan tentang kesejahteraan, kesehatan, pemukiman dan kebencanaan pada 63 Enumerator (Pendata) dan 12 orang supervision dari 12 kelurahan se Kota Bima. Hal tersebut dilakukan mengingat, Kota Bima merupakan daerah salah satu contoh model kota tangguh nasional, setelah DKI Jakarta, Padang Sumatra Barat dan Riau.

12 kelurahan yang menjadi target pendataan tersebut yakni Kelurahan Penanae, Penaraga, Penatoi, Lewirato, Santi, Pane, Nae, Sarae, Paruga, Tanjung, Melayu dan Jatibaru. Pada Koran Stabilitas senior Projek Oviser Oxfam Dheni mengatakan, pada hari ini pihaknya membagikan 96 unit power bank 20.000 mAH model IP-S20 merek Samsung kepada tim enumerator, sementara hanphone jenis mobil pone beraplikasi Epicollect + (teknologi terbaru) akan dibagikan pula kepada seluruh enumerator pada (4/1) mendatang. “Oxfam merupakan lembaga internasional selaku penyumbang dana yang tergabung dari beberapa negara luar, seperti Australia, sedangkan Pemkot Bima menyediakan dana sharryng,” ujarnya.

Mobil pone Epicollect + setelah ada ditangan enumerator tidak bisa digunakan untuk keperluan lain seperti up date dari internet, maupun facebook dan sejenisnya. Akan tetapi Epicollect + hanya bisa dipakai untuk mendata saja, sehingga aplikasi lain yang ada dihanphone tersebut sudah ditutup alias tidak bisa terkoneksi.

Setiap tenaga enumerator bertugas minimalnya mendata 214 Kepala Keluarga (KK) dikelurahannya masing-masing dengan date line waktu selama 1 bulan terhitung bulan Januari 2016. “Maksud dan tujuan pendataan ini agar terciptanya data base setiap kelurahan yang dapat digunakan sewaktu-waktu,” terangnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Bima Drs. H. Fakhrunroji, ME dalam sambutannya mengatakan, kewajiban lurah pada pendataan ini, yakni mensosialisasikan program tersebut kepada waganya dan melindungi enumerator. Pasalnya, pendataan ini dilakukan secara sensus dengan artian, tidak satupun warga yang terlewati untuk dimintai datanya. “Tidak menutup kemungkinan enumerator mendapatkan kendala dilapangan, terkait pendataan pada warga etnis cina, arab dan lain-lain. Karena pada dasarnya kaum etnis sulit dimintai data, dengan alasan sibuk dengan kerjaannya maupun alasan lainnya. Sehingga diminta lurah yang lebih berperan penting diwilayahnya,” ujarnya.

Sementara tugas supervision tenaga pendamping enumerator 1 orang per kelurahan, menjamin tenaga enumerator melakukan pendataan dengan benar. Jadi ketika ditemukan pendataan yang salah yang dilakukan tenaga enumerator segera ditegur oleh supervision setempat, pastikan enumerator bekerja dengan target serta mematiskan pembayaran honorium enumerator sesuai pekerjaan dan tugasnya. “Power bank yang dibagikan itu memiliki kekuatan menampung energi batrei selama tiga hari tiga malam, sehingga mobil phone tersebut aktif terus selama 24 jam. Agar data base dari seluruh enumerator tertampung disetiap kelurahan dan data base Kota Bima dari 12 kelurahan dimaksud,” bebernya.

Dari pantauan langsung wartawan ini, para peserta dituntut menguasai Ilmu Tehnologi (IT) menggunakan aplikasi handphone Android dan peserta rata rata berumur 21 – 40 tahun dan fasilitas mobil phone Epicollect + dan power bank berkekuatan 20.000 mAH. Rencananya akan dikembalikan setelah tugas enumerator itu selesai 100 porsen dan fasilitas tersebut akan dikembali pada enumerator dari kelurahan yang belum terdata ditahun 2015 ini dan secara otomatis 2016 sebanyak 20 kelurahan akan mendapatkan perlakuan yang sama. (KS – 06)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kota Bima Model Kota Tangguh Nasional
Kota Bima Model Kota Tangguh Nasional
Lembaga Internasional Oxfam dan LP2-DER (Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat) yang berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kota-bima-model-kota-tangguh-nasional.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/kota-bima-model-kota-tangguh-nasional.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy