$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Oknum di BMPDes Diduga Bocorkan Soal Seleksi

Informasi terkait dugaan kebocoran soal seleksi aparatur desa terus mencuat. Beberapa hari terakhir sejumlah peserta didatangi oknum yang mengaku orang suruhan dari oknum yang ada di BPMDes.

Bima, KS.- Informasi terkait dugaan kebocoran soal seleksi aparatur desa terus mencuat. Beberapa hari terakhir sejumlah peserta didatangi oknum yang mengaku orang suruhan dari oknum yang ada di BPMDes. Oknum yang mendatangi peserta pun bukan orang biasa, melainkan oknum PNS, Oknum Kepala Sekolah, dan oknum kepala Desa.

Ilustrasi
Ilustrasi

Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Soromandi beberapa hari ini menjelang pelaksanaan seleksi aparatur desa. Sejumlah oknum terus mencari peserta yang bisa memberikan uang puluhan juta agar diberikan soal lengkap dengan kunci jawabannya. Ada beberapa yang sudah memberikan uang ada pula yang tidak berani memberikan uang karena masih ragu.

Salah seorang oknum Pegawai berinisial SDS diketahui mendatangi peserta satu persatu dan menawarkan kunci jawaban agar bisa lolos menjadi Sekretaris dan Kaur Desa. Oknum tersebut mengaku suruhan dari BPMDes untukmencari orang yang akan diloloskan. Untuk Sekretaris dimintai uang Rp.30 Juta dan untuk Kaur diminta uang Rp.20 Juta. “Uang tersebut diminta diserahkan lebih awal, sementara kunci jawabannya akan diberikan sehari sebelum seleksi atau paling lambat pada malam sebelum hari seleksi. Saya ditawari untuk menyerahkan sejumlah uang, namun saya menolaknya, karena saya ingin ikut murni sesuai kemampuan saya,” ujar salah satu peserta di Soromandi kepada koran ini Sabtu Kemarin.

Tidak hanya oknum pegawai tersebut, oknum Kepala Sekolah, oknum kepala Desa pun ikut menawarkan hal yang sama, dan mengaku suruhan dari BPMDes. Bahkan informasi terbaru, kemarin malam ada oknum yang melakukan foto copy soal seleksi di salah satu tempat foto copy di Kota Bima. Pertanyaannya, dari mana soal tersebut diperoleh, tidak mungkin dari langit kalau bukan dari oknum di BPMDes. Sebab pembuat dan penggandaan soal seleksi adalah pegawai di BPMDes, jadi tidak mungkin bisa bocor keluar kalau tidak ada oknum di BPMDes yang bermain.

Kabid Pemerintahan Desa Mardianah,SH yang hendak dikonfirmasi tidak masuk kantor karena sakit. Sementara itu, Kepala BPMDes,Abdul Wahab Usman,SH yang dikonfirmasi terkait dugaan kebocoran soal tersebut membantah adanya kebocoran soal. Kalaupun ada oknum yang menawarkan uang dengan imbalan soal dan kunci jawaban mengatasnamakan orang suruhan dari BPMDes, dirinya meminta langsung dilaporkan dan bawa orangnya ke BPMDes untuk mengenali siapa oknum yang bermain di BPMDes. “ Bawa orang yang meminta uang tersebut ke BPMDes, kemudian suruh tunjukan siapa oknum pegawai BPMDes yang bermain, agar bisa diproses,” ujarnya.

Dintanya soal jumlah pegawai yang memegang soal, Wahab mengaku ada banyak orang yang memegang soal tersebut sebelum diserahkan ke panitia di tingkat Desa. Menurutnya ada banyak tim yang mengamankan soal tersebut, dan dirinya berani menjamin tidak ada anak buahnya yang berani membocorkan soal. “ Saya jamin tidak ada oknum dari sekian banyak Tim yang memegang soal yang berani membocorkannya,” elaknya.

Kasubag Hukum Setda Kabupaten Bima, Zulkifli, SH MH selaku salah satu tim yang menyusun perda tentang Desa saat dmintai komentarnya, kepada Koran ini meminta kepada semua pihak untuk sama-sama mengawasi proses seleksi aparat desa tersebut. Kalau ditemukan adanya dugaan kebocoran soal, peserta berhak meminta pembatalan. “Kita kan manusia, jadi kalau mata sudah melihat uang, pasti akan mempengaruhi pikiran,apalagi dalam situasi sangat membutuhkan uang. Kalau sudah berurusan dengan uang, hanya sedikit orang yang tidak tergoda imannya, jadi saya tidak berani jamin dari sekian banyak tim tersebut tidak ada yang tergoda dengan jumlah uang sebanyak itu di setiap desa,” duganya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Oknum di BMPDes Diduga Bocorkan Soal Seleksi
Oknum di BMPDes Diduga Bocorkan Soal Seleksi
Informasi terkait dugaan kebocoran soal seleksi aparatur desa terus mencuat. Beberapa hari terakhir sejumlah peserta didatangi oknum yang mengaku orang suruhan dari oknum yang ada di BPMDes.
http://1.bp.blogspot.com/-v0NcFamNRgM/VPBvtq_jYUI/AAAAAAAAA_g/3hZqrziigMw/s400/Ilustrasi%2BUjian%2BDinas.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-v0NcFamNRgM/VPBvtq_jYUI/AAAAAAAAA_g/3hZqrziigMw/s72-c/Ilustrasi%2BUjian%2BDinas.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/oknum-di-bmpdes-diduga-bocorkan-soal.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/oknum-di-bmpdes-diduga-bocorkan-soal.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy