$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Warga Kota Penunggak Pajak Terbesar?

Realisasi pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor tahun 2015 Kota Bima tidak mencapai target, sementara kabupaten Bima melebihi target.

Kota Bima, KS.- Realisasi pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor tahun 2015 Kota Bima tidak mencapai target, sementara kabupaten Bima melebihi target. Pemicunya, lebih karena kesadaran pengendara untuk membayar kewajiban pajak. Praktis, kesadaran pengendara di kabupaten lebih besar dibanding pengendara di Kota. Sehingga tak heran, pengendara di Kota disebut sebagai penunggak pajak terbesar.

Ilustrasi
Ilustrasi

Kepala TU Unit Tehnis pelayanan pajak daerah dan retribusi daerah (UPTD-PPDRD) Samsat Bima, Mansur, dikonfirmasi dikantornya, Rabu (6/1) mengaku, secara keseluruhan capaian target pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tahun 2015 tidak tercapai untuk wilayah Bima.”Untuk PKB dan BBNKB tidak mencapai target,” ujarnya.

Diakuinya, ini karena realisasi dari pembayaran PKB dan BBMKN Kota Bima minus, dari target untuk pemasukan dari PKB sebesar Rp. 10 Miliyar hanya terealsiasi Rp 9,9Miliyar. Begitupun, dari pemasukan BBNKB ditargetkan Rp 10,8Miliyar hanya terealisasi Rp 9,7 Miliyar atau hanya 97 persen.”Yang mampu dicapai sekitar 97 persen dari target,” akunya.

Meski demikian, kondisi itu tidak sampai juga terjadi di Kabupaten Bima. Justru, pencapaianya melebihi target, yaitu dari target pendatapan dari PKB sebesar Rp 6 Miliyar terealisasi Rp 7,1Miliyar. Sementara dari pemasukan BBNKB terealisasi Rp 10 Milyar dari target Rp 9,9Miliyar atau 110 porsen.” Kalau dilihat dari realisasi capaian tersebut, wajib pajak di Kabupaten Bima lebih besar kesadarannya dibanding kota,” tandasnya.

Ini juga berbarengan dengan kerja keras kepolisian Bima atau polres Bima bersama petugas samsat Bima menggelar rajia, sehingga masyarakat akan lebih bayak yang sadar membayar pajak kendaraan bermotornya.Namun terlepas dari itu semuanya perlu bersama kedepan dengan pemerintah daerah (pemda) untuk bagaimana memberikan penyadaran pada masyarakat agar sadar bayar pajak kendaraan. Apalagi hasil dari uang pajak ini akan dikembalikan ke daerah digunakan untuk program-program kegiatan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan.” Makin banyak yang sadar bayar pajak, makin banyak pemasukannya untuk Negara, tentunya makin banyak anggaran untuk infrastruktur. Apalagi, jumlah SPM tergolong besar, untuk kabupaten bima saja sebanyak 58 ribu kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, sementara di Kota Bima sebanyak 40 ribu,” pungkasnya. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Warga Kota Penunggak Pajak Terbesar?
Warga Kota Penunggak Pajak Terbesar?
Realisasi pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor tahun 2015 Kota Bima tidak mencapai target, sementara kabupaten Bima melebihi target.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinbBU1_FsawuFXFn0XMK7EfWI24ztxxZPSZjj0_ynp9B06CaWcsr8gHBWffnklRHZo5fR-MWmzHEIKzCtJT5FFbqu8lLe4T2SULAWrl66vEkJpVknOX4Oc2fshoQrszGfn5j_aqogKxpzJ/s400/beban-pajak-ilustrasi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinbBU1_FsawuFXFn0XMK7EfWI24ztxxZPSZjj0_ynp9B06CaWcsr8gHBWffnklRHZo5fR-MWmzHEIKzCtJT5FFbqu8lLe4T2SULAWrl66vEkJpVknOX4Oc2fshoQrszGfn5j_aqogKxpzJ/s72-c/beban-pajak-ilustrasi.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/warga-kota-penunggak-pajak-terbesar.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/01/warga-kota-penunggak-pajak-terbesar.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy