$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jurnalis itu Pekerja Intelektual

Menjadi Jurnalis itu tidak gampang, sebab wartawan harus melalui beberapa tahapan untuk menciptakan sebuah karya jurnalistik atau sebuah berita, dan itu tidak sesederhana yang dipikirkan oleh kita

Mataram, KS.- Berbicara soal profesi jurnalistik, ada pengakuan menarik yang disampaikan Gubernur NTB, H. Zainul Majdi tentang jurnalis, saat memberikan sambutan pada gelar pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2016, Sabtu lalu di Lombok City Center (LCC) Narmada.

Ilustrasi
Ilustrasi

Pengakuan itu ditujukan khusus pada profesi jurnalis atau yang biasa disebut wartawan. Orang nomor satu di NTB itu menyebut, pekerjaan jurnalis itu tidak sederhana, karena membutuhkan ketekunan dan merupakan pekerjaan intelektual. “Menjadi Jurnalis itu tidak gampang, sebab wartawan harus melalui beberapa tahapan untuk menciptakan sebuah karya jurnalistik atau sebuah berita, dan itu tidak sesederhana yang dipikirkan oleh kita,” tuturnya.

Membaca produk jurnalistik baginya ibarat sarapan pagi, dan sudah menjadi sebuah kebutuhan dan dirasakan ada yang kurang jika belum membaca hasil kerja intelektual jurnalis. Awalnya Bajang (sebutan Gubernur,red) menilai pekerjaan jurnalis itu sederhana dan biasa - biasa saja. Apalagi berita berita online yang cepat sekali berubah. Tapi, penilaiannya itu sangat salah dan tidak beralasan. Sebab semua pekerjaan Jurnalis itu, dibelakangnya ada spirit, ketekunan dan komitmen.”Menjadi wartawan bukan perkara mudah. Butuh ketekunan dan intelektual, meramu kata demi kata hingga menjadi kalimat penuh makna. Tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan sulit itu,”katanya.

Pekerjaan Jurnalis nilainya pula, dibutuhkan kemampuan menulis. Tentu tidak sekedar pengalaman tapi juga butuh keilmuan dan daya nalar yang diatas rata-rata. Sebab apa yang didapatkan dari nara sumber berita, dalam waktu cepat mesti diramu menjadi sebuah berita atau informasi yang siap disuguhkan pada para pembaca.”Jurnalis itu sebenarnya pekerjaan kaum intelektual,”sebutnya.

Nah, seiring dengan upaya di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki visi Beriman, Berbudaya, Berdaya Saing serta Sejahtera, pihaknya ingin sumber daya manusia di NTB terus meningkat. Salah satu ukurannya, tentu selain partisipasi anak-anak muda NTB di lembaga Formal, tetapi apabila karya-karya intelektual anak muda, termasuk di dunia jurnalistik, bisa berkembang dengan baik.

“Jadi, bagi kami HPN ini sangat penting, terutama untuk anak anak muda di NTB, agar menjadi pribadi yang cerdas dan mampu mendorong perkembangan NTB kearah yang semakin baik,”katanya.(KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jurnalis itu Pekerja Intelektual
Jurnalis itu Pekerja Intelektual
Menjadi Jurnalis itu tidak gampang, sebab wartawan harus melalui beberapa tahapan untuk menciptakan sebuah karya jurnalistik atau sebuah berita, dan itu tidak sesederhana yang dipikirkan oleh kita
https://2.bp.blogspot.com/-Fo-jH9WarTA/VrwFFBHZBRI/AAAAAAAACaA/H_zndGQffSU/s400/ilustrasi-jurnalis.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Fo-jH9WarTA/VrwFFBHZBRI/AAAAAAAACaA/H_zndGQffSU/s72-c/ilustrasi-jurnalis.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/02/jurnalis-itu-pekerja-intelektual.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/02/jurnalis-itu-pekerja-intelektual.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy