$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Hindari Kanker Rahim, Lakukan Deteksi Dini

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan Deteksi Dini kanker Leher Rahim (cervix) dan Kanker Payudara

Bima, KS.- Usai memimpin inspeksi mendadak ke enam SKPD, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan Deteksi Dini kanker Leher Rahim (cervix) dan Kanker Payudara Rabu (2/3) di klinik Ikatan Bidan Indonesia (IBI ) Kabupaten Bima di Desa Panda Kecamatan Palibelo. Berdasarkan catatan Panitia, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara yang dilaksanakan oleh Female Cancer Programme (FCP) wilayah Lombok ini melibatkan 200an peserta yang berasal dari pengurus TP. PKK, GOW, DWP dan Ibu-ibu yang berdomisili di wilayah desa Panda dan sekitarnya.

Ilustrasi
Ilustrasi

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang didampingi Ketua Tim FCP Dr. Dody Sp.OG, para dokter spesialis kandungan dan Ketua IBI Kabupaten Bima dalam arahannya mengatakan, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim ini penting untuk diikuti oleh para wanita dan ibu-ibu, karena dalam kenyataannya, keganasan dan bahaya kanker serviks bisa menyerang wanita mana saja dan tidak memandang umur, ras dan golongan. “Untuk mengantisipasi akibat penyakit ini, saya menghimbau kepada perempuan dan kaum ibu di Kabupaten Bima ini dapat secara rutin melakukan pemeriksaan pap smear sesuai dengan ketentuan yang ada. Hal ini penting untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan kelainan pada sel serviks, sehingga ibu-ibu dapat mengantisipasi sebelum penyakit menjadi bahaya yang mengancam jiwa ini,"terangnya.

Kepada para bidan, Bupati mengharapkan agar lebih intensif mengadakan upaya Deteksi dini, agar kegiatan ini berlangsung sesuai harapan aspek SDM tenaga medis menjadi prioritas perhatian pemerintah daerah. "Alhamdulillah, saat ini Pemkab Bima telah memiliki tiga orang dokter spesialis kandungan dan penyakit dalam. Mudah-mudahan ini bisa melayani Kota Bima kabupaten Bima dan juga pasien dari Kabupaten Dompu," harap Bupati.

Agar penanganan penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara ini berjalan optimal, kepada Instansi terkait seperti dinas Kesehatan, RSUD, BPPKB Kabupaten Bima dan Instansi terkait lainnya seperti Ikatan Bidan Indonesia untuk dapat bekerjasama dan melakukan koordinasi intensif dalam penanganan penyakit. Sehingga secara bertahap dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan dan mengurangi jumlah korban yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Ketua FC Region Lombok Dr. Dodi Sp.OG pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa meskipun di NTB angka kematian bayi masih tergolong tinggi namun dengan adanya kebersamaan maka penyakit ini akan bisa diatasi bersama. Dokter yang sudah 30 tahun mengabdi di Dinas Kesehatan Provinsi NTB ini yakin, Kabupaten Bima dapat mengatasi persoalan yang diakibatkan penyakit kanker leher rahim dan kanker payudarakarena saat ini telah memiliki tiga orang dokter ahli. “SDM adalah aset penting di dalam penanganan penyakit, tetapi yang paling penting juga adalah upaya melakukan pemeriksaan dan kegiatan lapangan untuk bisa melihat secara langsung kondisi penyakit. Dan ini penting untuk memastikan Puskesmas siap menangani kondisi kondisi darurat,"tegasnya.

Dr. Dody melanjutkan, agar penanganan penyakit bisa dilaksanakan secara optimal, maksimalkan keberadaan organisasi IBI. Dody juga mendorong pemberdayaan melalui peningkatan kapasitas para tenaga medis. Oleh karena itu selanjutnya perlu dibangun pusat pelatihan penanganan penyaki.”Kami mempunyai modul yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi yang bisa dijadikan referensi untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi bidan,"tambahnya. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Hindari Kanker Rahim, Lakukan Deteksi Dini
Hindari Kanker Rahim, Lakukan Deteksi Dini
Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan Deteksi Dini kanker Leher Rahim (cervix) dan Kanker Payudara
https://4.bp.blogspot.com/-pI3HsevJw4k/VtqWljPXa9I/AAAAAAAACcA/CwooxQh9eIE/s400/kanker-serviks.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-pI3HsevJw4k/VtqWljPXa9I/AAAAAAAACcA/CwooxQh9eIE/s72-c/kanker-serviks.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/03/hindari-kanker-rahim-lakukan-deteksi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/03/hindari-kanker-rahim-lakukan-deteksi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy