$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pembagian Jatah Rumah di Bajo Pulau Menuai Masalah

Andi Syaiful, warga Desa Bajo yang juga korban kebakaran di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape memprotes sikap Kepala Desa setempat.

Bima, KS.- Andi Syaiful, warga Desa Bajo yang juga korban kebakaran di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape memprotes sikap Kepala Desa setempat. Ia menuding kades diskriminatif dan tebang pilih mengeluarkan kebijakan pembagian jatah rumah.

Ia mengungkapkan, sikap Kepala Desa tersebut merugikan sejumlah pihak. Bagaimana tidak, nama warga seperti dirinya yang sudah ditetapkan untuk mendapatkan rumahm justeru tidak dibangun.

“Nama saya contohnya, sudah ditetapkan oleh pihak Provinsi NTB. Lokasi pembangunan rumah juga sudah dipatok, tinggal dikejarkan. Tapi hingga kini belum dibangun,” sorotnya.

Saat dirinya bertanya kepada pekerja banguna, kapan rumah tersebut dikerjakan, dijawab akan mulai dibangun selesai Lebaran. Lalu, saat dirinya bertanya kepada mandor pekerjaan tersebut, jawabannya rumah tidak jadi dibangun karena dilarang oleh Kepala Desa.

“Saat ditanya kenapa rumah tidak jadi dibangun, kata Kepala Desa karena saya PNS. Padahal, sesungguhnya saya bukan PNS,” ungkapnya.

Kemudian, sambung Andi, rumah milik Hj. Aminah yang sudah dibangun, tinggal pemasangan baja ringan, juga tidak dilanjutkan. Alasannya sama, karena dilarang oleh Kepala Desa Bajo Pulo.

Menurut dia, sikap arogan dan sepihak Kepala Desa tersebut merugikannya dengan Hj. Aminah. Padahal ada staf Kepala Desa, yang bernama Syafrullah, telah dibangunkan rumah, padahal Syafrullah orang yang tidak berhak mendapatkan pembangunan jatah rumah.

Sementara itu, Kepala Desa Bajo Pulo, Bambang H. Ahmad yang dikonfirmasi membantah pernyataan Andi. Ia menjelaskan, nama yang mendapatkan bantuan rumah, berdasarkan hasil pendataan yang kemudian diusul oleh Kepala Dusun dan staf desa.

Masalah yang disampaikan Andi, kata dia, belum ada kepastian apakah Andi akan dibangunkan rumah atau tidak. Karena masih dalam pertimbangan dan seleksi. Sementara banyak usulan dari warga yang juga berhak mendapatkan jatah rumah tersebut.

“Saya mau memberikan kebijaksanaan untuk membangun rumah Andi Syaiful. Tapi, harus melalui rapat internal, dengan semua lapisan masyarakat di Dusun Bajo Barat dan Tengah,” ujarnya.

Kemudian yang menjadi pertimbangan lain, di dalam berita acara perintah dari Bappeda Kabupaten Bima, yang berhak mendapatkan rumah bantuan tersebut hanya khusus nelayan. Sementara Andi, merupakan seorang wiraswasta.

“ini yang menjadi bahan pertimbangan kita. Tapi, kita juga tidak semestinya harus mencoret nama Andi, karena hingga kini masih terus dibahas,” katanya.

Mengenai rumah Hj. Aminah, sambung Bambang, sebenarnya tidak wajib menerima. Karena Hj. Aminah bukan korban kebakaran. Tapi dirinya membijaksanai, agar Hj. Aminah mendapatkan jatah rumah, karena berada pada lokasi kebakaran.

“Setelah program itu berjalan, tiang beton dan kayu berdiri. Anaknya Hj. Aminah malah datang ngamuk–ngamuk ke kantor dan ribut dengan saya. Jadi, saya ambil keputusan untuk tidak dilanjutkan,” tegasnya.

Bambang menambahkan, dari 100 rumah yang ada di Desa Bajo Pulau, hanya 63 rumah yang terbakar. Selebihnya, yakni 37 rumah yang mendapatkan bantuan tersebut, atas kebijakannya berdasarkan kebutuhan warga setempat.

Menjawab masalah stafnya Syafrullah yang juga mendapatkan bantuan rumah, Bambang mengaku Safrullah orang yang tinggal numpang Kepala Keluarga (KK) dan bagian dari korban kebakaran. (KS-08)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pembagian Jatah Rumah di Bajo Pulau Menuai Masalah
Pembagian Jatah Rumah di Bajo Pulau Menuai Masalah
Andi Syaiful, warga Desa Bajo yang juga korban kebakaran di Desa Bajo Pulo Kecamatan Sape memprotes sikap Kepala Desa setempat.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/pembagian-jatah-rumah-di-bajo-pulau.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/pembagian-jatah-rumah-di-bajo-pulau.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy