$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


PILKADES di Donggo Aman | Mantan Kades Menang di Desa Kala dan Mpili, Wajah Baru Menang di Desa O’o

Bima, KS. -  Ada tiga desa yang menggelar hajatan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Sabtu (16/7) lalu. K...

Bima, KS.-  Ada tiga desa yang menggelar hajatan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Sabtu (16/7) lalu. Ketiga desa tersebut adalah Desa Kala, Desa Mpili dan Desa O’o. Untuk hasil perhitungan suara di Desa Kala, suara terbanyak dikantongi calon incumbent, Drs. Hajairin. Situasi yang sama pun yang terjadi di Desa Mpili, Aksan, mantan kades dua periode sebelumnya itu berhasil kembali menjadi Kepala Desa setelah memperoleh suara terbanyak di desa kelahiran H. Kako, tokoh Donggo ternama itu. Berbeda dengan hasil di Desa O’o, wajah baru, Munawir asal Dusun Langgentu meraih suara terbanyak. Ketiga calon Kepala Desa pemilik suara tersebut akan dilantik dan memangku amanah selama 6 tahun lamanya.

Ketegangan pilkades terasa saat perhitungan suara di Desa Kala. Perolehan suara Drs. Hazairin yang mengantongi suara terbanyak hanya terpaut tipis 6 suara saja dengan Firdaus. Dalam kehidupan sehari-hari, tempat tinggal kedua calon tersebut hanya dibatasi sebuah rumah. Mereka tetangga dan berasal dari satu dusun yang sama, Dusun Manggekompo.

Kedewasaan berdemokrasi sudah teruji di Desa Kala yang hanya menampilan tiga calon kades itu. Tipisnya berbedaan suara kedua tetangga itu dapat diterima semua pihak. Yang kalah mengaku pemenang sebagai putra terbaik yang akan memimpin desanya untuk enam tahun ke depan.

“Saya terima hasil Pilkades ini dengan jiwa besar. Pemenang pun Bang Hazairin masih kakak saya. Dan kami akan mendukung beliau menjadi Kepala Desa kembali di Desa Kala ini,” ujar Firdaus pada Koran Stabilitas, Minggu (17/7) kemarin.

Sementara itu, hasil pilkades di Desa Mpili, suara yang diraih Aksan terpaut jauh dengan empat calon lain. Orang tua Sadam Husein, jurnalis surat kabar harian di Kota Bima itu meraih sekitar 600 suara. Disebut-sebut janji Aksan dengan program pemekaran dusun Kamunti menjadi desa yang terpisahkan dari Desa Mpili, mampu mendongkrak suara dari masyarakat yang ada di Dusun Kemunti . Di sisi lainnya, hasil Pemilihan Kepala Desa O,o, dari lima calon yang ada, suara yang dikantongi Munawir, sosok yang baru pertama kali mencalonkan diri sebagai kades ini, mengantongi suara sekitar 280 suara. Sedangkan ke empat calon di bawahnya, masing-masing mendapat suara lebih dari 100 suara.

Camat Donggo, Abubakar yang memantau berjalannya Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Donggo menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Donggo atas terlaksanakanya hajatan demokrasi ini dengan lancar, aman dan tertib sesuai dengan yang diharapkan. “Ada riak yang terjadi. Tapi. Itu bagian dari dinamika berdemokrasi. Masyarakat donggo sudah sangat dewasa memaknai demokrasi sebagai sistim dalam menciptakan perdamaian dan stabilitisa keadamanan di lingkungan masyarakat yang ada,” ucap lelaki yang akrab disapa Om Bek ini.

Kata Om Bek, terciptanya hasil pilkades yang membanggakan di Kecamatan Donggo ini, tentu karena adanya dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama peranan pihak aparat keamanan yang sudah bekerja jeras mengkawal agenda demokrasi di kecamatan donngo ini. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada aparat keamanan dan atas kesadaran masyarakat di tiga desa yang menggelar hajatan Pilkades, saya sangat bangga atas hasil pilkades yang berlajalan lancar aman dan terjendali ini,” ucap mantan Kepala Bidang di Dinas Kehutanan Kabupaten Bima itu.

Selanjutnya, sambung Om Bek, kepada Kepala Desa terpilih, diharapkan mampu memegang amanah dan tanggung jawab sebagai pemimpin di masing-masing desa, dengan mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi golongan maupun tim suksesnya.

“Semoga kades terpilih mampu membawa perubahan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyakat khususnya yang ada di Desa Kala, Desa Mpili dan Desa O’o,” harap Camat dengan ciri kumis kucing yang dimilikinya itu. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: PILKADES di Donggo Aman | Mantan Kades Menang di Desa Kala dan Mpili, Wajah Baru Menang di Desa O’o
PILKADES di Donggo Aman | Mantan Kades Menang di Desa Kala dan Mpili, Wajah Baru Menang di Desa O’o
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/pilkades-di-donggo-aman-mantan-kades.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/07/pilkades-di-donggo-aman-mantan-kades.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy