$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Digelar

Kota Bima, KS.- Untuk mewujudkan masyarakat Kota Bima yang cerdas melalui minat baca dan pengelola perpustakaan sekolah yang terampil, Kanto...

Kota Bima, KS.- Untuk mewujudkan masyarakat Kota Bima yang cerdas melalui minat baca dan pengelola perpustakaan sekolah yang terampil, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Lingkup Pemerintah Kota Bima di Aula SMPN 6, Selasa (9/8).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE. Turut hadir 2 (dua) orang narasumber dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB, Drs. Lalu Anwar, M.Si dan Drs. Arasynuryakin, M.Si serta sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH dalam sambutannya menjelaskan, tujuan bimtek , untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan sekolah dalam mengelola, menata dan mengembangkan perpustakaan sekolah, agar terwujudn perpustakaan sekolah yang dapat melayani kebutuhan pemustaka di lingkungan setiap sekolah.

”Kegiatan ini kita rancang dan laksanakan agar terwujudnya minat baca pelajar di sekolah. Perpustakaan Sekolah harus di maksimalkan agar pelajar di Kota Bima, dapat memiliki wawasan dan pengetahuan baru dari membaca,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan bimtek akan berlangsung selama 2 hari, 9 -10 Agustus 2016 dan diikuti oleh 80 peserta terdiri dari pengelola perpustakaan SD 64 orang dan pengelola perpustakaan SMP sebanyak 16 orang.
“Kami berharap para peserta yang diutus dalam acara ini, bisa menyerap dan mengaktualisasikan setiap pokok materi yang disampaikan dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB Drs. Lalu Anwar, M.Si dalam pengantarnya, menjelaskan, bintek sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola perpustakaan.

”Kita semua pasti berharap adanya peningkatan SDM di NTB, kegiatan ini menjadi pondasi bagi kita semua agar mampu mencetak dan tingkatkanSDM di NTB. Tujuannya, agar generasi NTB khususnnya Kota Bima Bisa bersaing dengan sekolah maju lainnya di Daerah perkotaan besar,” urainya.

Selain itu, Kebijakan pemerintah berperan penting dalam pengembangan dan kemajuan suatu perpustakaan daerah. Pemerintah dan pihak sekolah harus bisa bisa mendesain program agar minat baca pelajar terus ditingkatkan.

“Pemerintah terutama pihak sekolah harus memiliki motiuvasi agar bisa membentuk katakter pelajar. Kita di NTB harus memiliki strategi yang matang dalam persoalan ini. Terutama, Kebijakan menyediakan bahan baca, sarana yang memadai, serta SDM berkualitas bisa menjadikan perpustakaan lebih maju,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota dalam arahannya menyampaikan bahwa masalah utama yang dihadapi bangsa kita di bidang pendidikan adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia karena minat masyarakat untuk membaca.

”Akui atau tidak, kurangnya minat baca jadi problem saat ini. Perlu adanya perhatian bersama-sama. Baik pemerintah, sekolah, lingkungan  terutama peran orang tua dalam mendidik anak,” jelas adik Walikota Bima ini.

Dijelaskannya, berdasarkan data dari PBB, minat baca siswa di Indonesia berada di tingkat yang sama dengan anak–anak di Negara Afrika Selatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca adalah terbatasnya jumlah perpustakaan sekolah dan pengelolaan perpustakaan tidak didasarkan pada kebutuhan pengetahuan siswa

“Oleh karena itu, perpustakaan sekolah diharapkan dapat berfungsi optimal sebagai pusat kegiatan untuk mengembangkan kebiasaan membaca,” ujarnya.

Menurut Arahman, optimalisasi pengelolaan perpustakaan harus didukung oleh pengelolaan perpustakaan yang profesional dan modern oleh pihak sekolah. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu perpustakaannya. Pertama, peningkatan kapasitas SDM pengelola perpustakaan agar lebih profesional. Kedua, pengembangan perpustakaan dengan fasilitas yang memadai.

”Sekolah Dasar harus serius untuk melakukan tindakan positif untuk membangun SDM, terutama mengajarkan pelajar untuk membaca,” sarannya.

Lebih lanjut ia mengatakan salah satu faktor penghambat pengembangan perpustakaan di Indonesia adalah pengelolaan yang masih jalan di tempat, ruang perpustakaan belum tertata dengan apik dan menyenangkan, padahal suasana ruang baca sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna perpustakaan.

“Saya berharap ke depan di Kota Bima ada perpustakaan representatif yang asri dan nyaman serta menyediakan fasilitas penunjang seperti ada taman, wifi, tersedia makanan dan minuman sehingga pemustaka tertarik untuk datang membaca, juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi dan bersantai bersama keluarga,” pungkas mantan Ketua PDK Kota Bima itu. (KS-04)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Digelar
Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Digelar
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/bimtek-pengelolaan-perpustakaan-sekolah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/bimtek-pengelolaan-perpustakaan-sekolah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy