$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pelayanan di Bank Mandiri Mengecewakan

Kota Bima, KS.-  Seorang Nasabah Agus (31) merasa kecewa dengan pelayanan di Bank Mandiri Bima. Pasalnya, ketika ingin menarik uang secara t...

Kota Bima, KS.- Seorang Nasabah Agus (31) merasa kecewa dengan pelayanan di Bank Mandiri Bima. Pasalnya, ketika ingin menarik uang secara tunai karena kehilangan ATM miliknya, terpaksa harus menunggu selama berjam-jam. Tidak hanya kerugian waktu atas pelayanan yang tidak memuaskan, penarikan tunai tanpa ATM di Bank mandiri pun dikenakan biaya (cash) sebesar Rp10 ribu.

“Saya baru kali ini, melakukan penarikan tunai di bank yang saya tabung, tapi ada biaya administrasinya. Sudah kehilangan ATM, hingga harus mengantri lama di mandiri, saldo saya dipotong Rp10rb oleh teller karena tidak bisa menunjukkan ATM,” keluhnya, Kamis (18/8) lalu.

Kata dia, sistim di Bank Mandiri sungguh aneh. Harusnya, nasabah yang kehilangan ATMnya dan menarik tunai tidak boleh ada biaya administrasinya.  Jeleknya lagi,  mengurus kembali ATM yang hilang harus mengambil keterangan dari kepolisian.  

Ditambah antrian pelayanan satu nasabah oleh seorang Custumer Service (CS) bisa sampai setengah bahkan satu jam lamanya.

Diakuinya, pelayanan di Bank Mandiri sama seperti pelayanan di BNI di tahun ngak enak. Ia menilai, manajemen Bank Mandiri tidak mau mengevaluasi dan merenovasi bentuk pelayanan yang prima bagi nasabah. 

“Kalau dibandingkan antara pelayanan di Bank Mandiri dan BNI. Ada beberapa point perbedaan pelayanan di dua perusahaan berplat merah (milik BUMN) ini. Jika uang yang di tarik tunai tanpa ATM hanya modal buku tabungan dan KTP, di BNI tidak ada biaya cashnya, kalau dimandiri dikenakan biaya Rp10 ribu. Jika nasabah kehilangan ATM,  di BNI tidak perlu membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian, di Bank Mandiri, surat polisi masih menjadi persyaratan wajib. Enaknya lagi di BNI, saat kesalahan pasword internet banking, hanya modal telpon ke Call Center sudah bisa langsung diperbaiki, di mandiri setelah ngomong lama dan pulsa kita habis, jawaban CS di Call Center, ujung-ujungnya disuruh kembali ke kantor cabang,” papar Agus, Kamis (18/8) lalu.

Dilanjutkannya, sudah saatnya Bank Mandiri mengikuti manajemen Bank lain yang mampu memberikan pelayanan jauh lebih mudah dan praktis. 

“Kalau di Bank lain bisa, kenapa di Bank Mandiri yang cukup mapan itu tidak bisa. Kalau pelayanannya seperti ini terus, lebih baik Bank Mandiri di merger (gabungkan) ke Bank lain.Saya kira manajemen Bank Mandiri lebih baik belajar atau studi banding ke BNI,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, keberadaan Bank Mandiri di Kota Bima memang hanya ada satu unit saja. Aktivitas di Bank itu tiap harinya bisa dibilang cukup padat. Tak ayal, walau jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WITA dan security sudah menutup pintu depan kantor, namun nasabah yang memiliki kepentingan ke CS atau ke teller masih puluhan orang jumlahnya di dalam.

Kata Agus, room pelayanan di Bank Mandiri ada yang kosong dan tidak diisi oleh karyawan. Semestinya, melihat antrian panjang, kursi kosong di CS dan di Teller, semestinya diisi oleh petugas untuk mambantu pelayanan nasabah yang sudah lama mengantri dan jenuh di dalam ruangan kantor itu.

“Masalah panjangnya antrian di Bank Mandiri, CS dan tellernya yang melayani nasabah hanya masing-masing dua orang. Padahal jika CS dan tellernya di tambah, dan ruang pelayanan yang kosong diisi oleh petugas, tentu akan sangtat membantu antrian nasabah Bank Mandiri yang sudah lama dan jenuh menunggu. Tapi, memang manajemen Bank Mandiri kelihatannya tidak mau membenahi dirinya dan memperbaiki cara pelayanan kepada para nasabah. Selain itu, jika diperhatikan saat melayani nasabah,  cara kerja CS dan di teller seperti karyawan magang saja. Respon kurang, kinerja lambat dan jarang senyum. Kami yang menunggu berjam-jam, melihat cara kerja karyawan BNI semakin mengerutkan dahi saja,” imbuhnya.

Ia menamahkan, soal saldo minimal di rekening Bank Mandiri terbilang ‘rakus’ dan terlalu besar dibandingkan dengan nilai saldo minimal di Bank lain. Uang nasabah di Bank Mandiri minimal harus ada Rp100 ribu. Sedangkan di BNI saldo minimal hanya Rp15 ribu. Dan jika dibanding dengan Bank Swasta, lebih bagus saldo minimal di Bank Sinar Mas hanya Rp20 ribu saat awal membuka rekening saja.

 “Bank Mandiri ini hanya menang nama saja, kalau dilihat isinya, paling banyak aturan dan merugikan nasabah.

Sementara itu, Kepala Branch Office (Kantor Cabang) Bank Mandiri  yang hendak ditemui Wartawan belum bisa dikonfirmasi karena berada di luar kantor.

“Bapak sudah janji, kalau ingin bertemu pimpinan harus membuat janji dulu, Pak! Dan saat ini kebetulan bapak pimpinan sedang berada di luar kantor,” terang salah seorang security kantor tersebut.

Kepada Wartawan, seorang CS kantor itu mengatakan, lamanya antrian hari ini (Kamis, red) karena ada penarikan beasiswa oleh mahasiswa.

“Biasanya ngak seramai ini kok pak, kami pun meminta maaf atas antrian panjang yang bapak alami. Dan soal adanya biaya administrasi Rp10 ribu, memang sudah ketentuan dari pusat bahwa bagi nasabah yang melakukan penarikan tunai diteller tanpa menunjukkan ATM akan dikenai biaya cash pemotongan Rp10 ribu. Bisa dipotong di saldo nasabah dan bisa juga diserahkan tunai ke teller,” ujar wanita perparas ayu seorang CS di kantor itu. (KS-08)

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Sama dengan pelayanan Bank Mandiri kcp Nusukan Solo .. CS kosong layan lama

    BalasHapus
  2. Saya juga mengalami hal yg sama.. di bank mandiri cbg Tebing Tinggi....niat ke CS utk pengganti kartu Atm. Lama menunggu 2 5 jam...dengan antrean 10 nasabah.. sampai akhirnya saya pulang krn harus masuk kerja lagi.. lelah dan kecewa..

    BalasHapus





Nama

Featured,1626,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pelayanan di Bank Mandiri Mengecewakan
Pelayanan di Bank Mandiri Mengecewakan
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/pelayanan-di-bank-mandiri-mengecewakan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/pelayanan-di-bank-mandiri-mengecewakan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy