$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Warga Rabangodu Nilai Aspal Jalan di Rabangodu Sesuai Spec

Kota Bima, KS.- Protes warga yang menilai aspal jalan bona (artinya jelek dalam bahasa Bima) terkait pekerjaan proyek jalan lingkungan di K...

Kota Bima, KS.- Protes warga yang menilai aspal jalan bona (artinya jelek dalam bahasa Bima) terkait pekerjaan proyek jalan lingkungan di Kelurahan Rabangodu (paket proyek peningkatan jalan kedondong, red) senilai Rp1,9 miliar yang dikerjakan PT. Bunga Raya dinilai mantan pengawas jalan berinisial F (40) sudah sesuai dengan spec yang ada.

Dikatakannya, proyek peningkatan jalan Kedondong adalah pengaspalan finishing atau jenis ARS (pengaspalan halus). Dikatakannya, ketebalan aspal 3 cm dapat diukur pada tiap lubang yang dibuat per 25 meter di sepanjang jalan.

“Biasanya, kontraktor menyetel ketinggian aspal sebelum di ratakan dan dilakukan pengerasan setebal 5 cm. Terlihat pada pekerjaan jalan ini penggunaan aspalnya boros. Dan cara mengukur ketebalan dicek pada 10 lubang yang ada, jika ada 7 sampai 8 lubang yang tebalnya 3 cm itu sudah sesuai dengan spec. Karena mengukur ketebalan aspal jalan bukan seperti mengukur di atas kaca,” tandas warga Kelurahan Rabangodu Utara itu, Minggu (14/8) kemarin.

Ditambahkannya, produk aspal pada pekerjaan ini tidak bisa dilihat kasar dan halusnya setelah pekerjaan di lakukan atau secara kasat mata. Awalnya terlihat kasar, tapi kata F, jika kondisi jalan sering dilintasi kendaraan dan langsung terkena sinar matahari, maka lambat laun keadaan aspal akan kelihatan halus seperti di jalan negara Soekarno-Hatta.

“Aspal jenis inikan semakin terkena panas dan sering dilalui kendaraan akan semakin halus dan bagus nantinya. Kondisi aspal akan mudah rusak jika keadaan jalan tergenangi air atau sinar matahari terhalang rindangnya pepohonan dan tidak langsung menyentuh aspal jalan. Jalan lebih mudah rusak lagi ketika jarang dilintasi oleh kendaraan,” jelas seorang Aparator Sipil Negara (ASN) di kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima itu.

Ia pun mengatakan, tentang kondisi parit atau got di pinggir jalan yang sudah tertimbun oleh batu dan tanah hasil penggalian bahu jalan, biasanya akan ada pekerjaan perbaikan setelah proyek pelebaran dan pengaspalan jalan ini dilakukan.

“Kalau ngak dalam APBD-perubahan 2016 ini, mungkin tahun 2017 akan ada pekerjaan perbaikan parit baik lewat pos proyek yang ada di Bagian Cipta Karya atau di Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan (DPUP) Kota Bima,” kata mantan pegawai di Dinas PUP itu.

Sementara itu, pihak DPUP Kota Bima yang berkali-kali didatangi oleh wartawan Koran Stabilitas, baik Kepala Dinas dan Kepala Bidang Bina Marga selalu tidak berhasil untuk dikonfirmasi.

“Kadis dan Kabid Bina Marga sudah keluar kantor, Pak,” ucap lelaki yang juga staf di kantor itu, Jum’at (12/8). (KS-08)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Warga Rabangodu Nilai Aspal Jalan di Rabangodu Sesuai Spec
Warga Rabangodu Nilai Aspal Jalan di Rabangodu Sesuai Spec
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/warga-rabangodu-nilai-aspal-jalan-di.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/08/warga-rabangodu-nilai-aspal-jalan-di.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy