$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kadikes Minta Jajaran Puskesmas Tidak Berpungli

Himbauan Prsesiden Repoblik Indonesia, Joko Widodo tentang maraknya pungutan liar yag terjadi diberbagai instansi pemerintah, baik di Pusat ...

Himbauan Prsesiden Repoblik Indonesia, Joko Widodo tentang maraknya pungutan liar yag terjadi diberbagai instansi pemerintah, baik di Pusat hingga Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, belum mampu merubah kebiasaan berperilaku pungli oleh jajaran pegawadi di tataran kebawah, seperti halnya yang terjadi di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Bima saat ini.

Bima,Ks.- Aktivitas dugaan pungli itu kerap terjadi, ketika warga hendak melakukan daftar nama di tiap loket pendaftaran di sejumlah puskesmas, dengan angka Rp.5-7Ribu per kepala. Angka itu dinilai telah melebihi amanat Peraturan yang ada, dan telah merugikan warga, khususnya warga yang tidak mampu.

Kejadian itu dialami oleh salah satu warga Bima selatan, warga mengharapkan pemerintah daerah kabupate Bima segera melakukan cross cek terhadap praktek yang dilakukan oleh oknum puskesmas di wilayah Kabupaten.”Nilainya memang tidak terlalu tinggi, tapi kalau itu berlaku setiap hari, maka akan bernilai banyak. Sementara kebiasaan itu, dilakukan dengan melanggar aturan yang ada,”kata warga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Drs. H. Hefdi Umar yang ditemui Wartawam Koran Stabilitas, dengan tegas meminta kepada seluruh jajaran puskesmas seluruh Kabupaten Bima agar tetap menerapkan peraturan yang telah tertuang dalam Perda nomor 5 tahun 2011 tentang tarif.

“Sesuai rincian perda tarif pustu dan puskesmas nomor 5 tahun 2011 walaupun berbeda jenis pelayanan, agar tetap dalam koridor aturan yang berlaku. Kalau masih saja ditemukan tidak mau mentaati peraturan daerah yang telah disepakati, maka pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap Kepala puskesmas tersebut,”katanya.

Lebih jauh katanya, persoalan ini pernah terjadi tahun sebelumnya, karena sudah menjadi sorotan dan temuan, maka saat itu pula kami telah melakukan pemanggilan terhadap oknum pelayanan dipuskesmas. “Nah, kalo hari ini hal itu kembali menjadi sorotan publik, maka pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemanggilan, lalu pembinaan terhadap sejumlah pegawai Pustu dan Puskesmas.”janjinya.

Sementara dalam aturan yang telah diterapkan, apabila pasien mendapat rawat inap dari biaya yang seharusnya dibayarkan semisal Rp100 rb, makan pasien tersebut mendapat subsidi potongan sebesar 50%. Artinya, keluarga pasien hanya dibebankan Rp.50 rb.”Begitu juga jenis perawatan lain seperti luka jahit dan cabut gigi semua mendapatkan subsidi 50%,”gambarnya.(KS.B02)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1018,Hukum Kriminal,1765,Kesehatan,220,Korupsi,613,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1247,Pendidikan,711,Politik,969,Sosial Ekonomi,2230,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kadikes Minta Jajaran Puskesmas Tidak Berpungli
Kadikes Minta Jajaran Puskesmas Tidak Berpungli
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/kadikes-minta-jajaran-puskesmas-tidak.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/kadikes-minta-jajaran-puskesmas-tidak.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy