$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pupuk Kompos Untuk Lahan Cetak Sawah Baru, “Dibuang”di Pinggir Jalan

Kebiasaan membongkar di sembarang tempat, pupuk kompos yang diperuntukan bagi para petani lahan cetak sawah baru oleh pihak ketiga selaku pi...

Kebiasaan membongkar di sembarang tempat, pupuk kompos yang diperuntukan bagi para petani lahan cetak sawah baru oleh pihak ketiga selaku pihak yang mengadakan pupuk kompos itu, kembali terjadi saat ini. Di Tahun 2015 kemarin, khusus di wilayah Kecamatan Soromandi, yaitu di Desa Sai dan Sampungu, hampir semua pupuk kompos yang dibagi oleh pemerintah tidak digunakan oleh para petani, justeru pupuk yang berfungsi untuk menyuburkan tanah itu, tak pernah disentuh apalagi digunakan oleh para petani seluruhnya.

Soromandi, KS.- Puluhan Milyar uang Negara telah dihabiskan untuk program cetak sawah baru dalam beberapa tahun terakhir ini. Satu hektar, diperkirakan anggaran Rp.16Juta/Hektar untuk merubah lahan tidur menjadi lahan siap tanam oleh petani. Namun faktanya, anggaran Rp.16Juta per hektar itu terkesan sia-sia, karena dari sekian ribuan hektar lahan yang telah dicetak oleh sejumlah pihak ketiga, hanya beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk tanam, lebih banyak tidak layak ditanam.

Kondisi demikian, tentu berimbas pada sikap malas dan apatisnya rakyat khusus petani yang lahannya telah dicetak oleh pemerintah menjadi sawah baru, untuk mengolah menjadi lahan produktif tanam. Masalahnya, lahan yang dicetak hanya sebatas dibuat pematangan atau pembatasan areal, bukan mengolahnya untuk menjadi lahan sawah siap ditanam berbagai jenis tanaman oleh para pemilik lahan.
Kembali ke persoalan pembagian pupuk kompos yang sia-sia belaka saat ini di Desa Sai dan Sampungu. Public bisa membuktikan langsung, bagaimana pupuk kompos itu berjejeran di sepanjang pinggir jalan mulai dari lahan cetak sawah baru di Desa Sai hingga di perbatasan desa Kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, dengan wilayah cetak sawah baru desa sampungu di Sorilembo.

“Begitu banyak pupuk kompos dibagi oleh pemerintah untuk para petani kita sekarang, tapi tak pernah digunakan. Parahnya lagi, karung berukuran 50Kg yang tadinya untuk membungkus pupuk kompos itu, diambil oleh oknum warga, dengan cara merobek jahitan, lalu pupuk itu dibiarkan menumpuk diatas tanah,”ungkap Sekretaris Desa Sampungu, Aslim Abdullah kemarin.

Aslim mengaku tidak pernah mendapat laporan dari pihak terkait, tentang rencana pembagian pupuk kompos untuk petani, termasuk pembagian bibit atau benih padi lainnya, untuk pemilik lahan cetak sawah baru.”Mestinya di sosialisasi dulu, baru diberikan kepada petani, sehingga tidak sia-sia bantuan pemerintah untuk para petani tersebut,”kata Aslim.

KUPT Pertanian Soromandi, Muhtar membenarkan telah mendroping pupuk kompos juga pupuk urea non subsidi kepada seluruh kelompok percetakan sawah baru di Desa Sai dan Sampungu, dalam beberapa har terakhir ini.”Tinggal pupuk MPK dan saprodi yang belum dibagi ke petani, nanti akan tetap dibagi semua. Intinya, semua kelompok cetak sawah baru akan tetap mendapat bantuan dari pemerintah untuk seluruh kehutuhan tanam Musim Tanam (MT) satu nanti,”katanya.

Soal tidak digunakannya oleh petani pupuk kompos yang dibagi tersebut, Muhtar mengaku tidak tahu, dan itu kasalahan petani yang tidak mau menggunakan pupuk itu.”Petani kita sekarang lebih suka menggunakan pupuk urea, tidak pernah menggunakan pupuk kompos. Nah, tidak heran, ketika pemerintah memberikan kompos, petani justeru tidak mau menggunakannya,”tandasnya.(KS-R01)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1386,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1078,Sosial Ekonomi,2377,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pupuk Kompos Untuk Lahan Cetak Sawah Baru, “Dibuang”di Pinggir Jalan
Pupuk Kompos Untuk Lahan Cetak Sawah Baru, “Dibuang”di Pinggir Jalan
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/11/pupuk-kompos-untuk-lahan-cetak-sawah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/11/pupuk-kompos-untuk-lahan-cetak-sawah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy