$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Bawang Merah | Mesti Harga Bibit Mahal, Petani Tetap Membeli

Meski harga bibit bawang merah sekarang sudah mencapai angka Rp.5,2Juta/100kg, tidak membuat petani bawang di Desa Sampungu dan Sai pesimis...

Meski harga bibit bawang merah sekarang sudah mencapai angka Rp.5,2Juta/100kg, tidak membuat petani bawang di Desa Sampungu dan Sai pesimis untuk tidak focus menanam bawang. Bahkan, saat ini, petani banyak yang menggarap lahan baru untuk menanam bawangnya, dengan harapan bisa menjual hasilnya nanti dengan harga lebih tinggi, seperti di tahun sebelumnya, petani bisa menjual bawang dengan harga Rp.2,8Juta/100Kg.” kata salah seorang petani bawang merah Sahril alias Dewa ketika ditemui di lokasi bawang di So Hinggi, Selasa kemarin.

Ilustrasi Bawang
Ilustrasi Bawang Merah

BIMA, KS.- Menjadi petani bawang merah saat ini berpotensi untuk mendapat uang banyak, karena harga bawang merah di pasar berkisar Rp.20Ribu hingga Rp.26Ribu perkilogram, itu berarti bahwa harga bawang tidak akan turun hingga sepuluh ribu kebawah, melainkan diatas angka sepuluh ribu perkilogram. Harga jual sebanyak itu, petani masih diuntungkan, kendati harga bibit Rp.5Juta lebih perseratus kilogram.

Pasalnya, dengan menanam 100Kg, petani bisa petik keuntungan hingga diatas sepuluh juta rupiah, karena bermodal Rp.5Juta bisa menghasilkan 800KG hingga satu ton bawang merah. Artinya, bila dibeli oleh pedagang dengan harga Rp.20Ribu, petani bisa mendapat uang Rp.16Juta, dikurangi modal pembelian bibit Rp.5Juta, ditambah ongkos obat dan pupuk sekitar Rp.2,5Juta, maka keuntungan bersih bagi petani Rp.8,5Juta, hanya dengan membutuhkan waktu dua bulan lebih.

“Apalagi kalau petani tanam bawang dengan modal bibit 500Kg hingga 1.000kg (satu ton) bisa mendapatkan uang ratusan juta rupiah. Harapan saya dan petani sekarang, bagaimana pemerintah tetap mempertahankan harga bawang di pasar minimal Rp.20Ribu perkilogram, maka petani di Kabupaten Bima akan menjadi petani kaya mendadak,” urai Dewa dengan rinci.

Petani di Sai, juga disampaikan oleh Rata. Warga Dusun Kala Desa Sai ini mengaku bahwa pemerintah Jokowi sekarang adalah pemerintah yang berpihak pada nasib petani. Bagaimana tidak, bawang petani sebelum Jokowi menjadi Presiden hanya dihargai Rp.500Ribu hingga Rp.1Juta per100Kg, kini dihargai Rp.2Juta lebih. Itu berarti, bahwa saatnya petani disejahterakan oleh pemerintah Jokowi.

”Mestinya pemerintah Kabupaten Bima juga melanjutkan program pemerintah pusat dengan mensejahterakan petani, bukan membuat petani sengsara. Buktinya, mahalnya harga bibit sekarang, karena petani di tahun kemarin tidak bisa menyimpan bawang untuk bibit, disebabhkan tidak adanya bantuan pemerintah berupa bibit yang betul-betul menyentuh langsung dengan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.(KS-R01)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1243,Hukum Kriminal,1823,Kesehatan,249,Korupsi,618,Olahraga,148,Opini,50,Pemerintahan,1331,Pendidikan,714,Politik,1029,Sosial Ekonomi,2304,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bawang Merah | Mesti Harga Bibit Mahal, Petani Tetap Membeli
Bawang Merah | Mesti Harga Bibit Mahal, Petani Tetap Membeli
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s640/Ilustrasi%2BBawang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-g7OoZc-E970/VQzRWgKH9dI/AAAAAAAABKg/sjkaCrZn-y8/s72-c/Ilustrasi%2BBawang.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/03/bawang-merah-mesti-harga-bibit-mahal.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/03/bawang-merah-mesti-harga-bibit-mahal.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy