$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Alumni D-III Keperawatan Bima, Terserap di Masyarakat

Alumni mahasiswa Politeknik Kesehatan Mataram Prodi D- III Keperawan Bima, sejak tahun 2009 sudah diserap di berbagai daerah. Itu artinya, ...

Alumni mahasiswa Politeknik Kesehatan Mataram Prodi D- III Keperawan Bima, sejak tahun 2009 sudah diserap di berbagai daerah. Itu artinya, hasil dari kinerja Lembaga ini, tidak percuma. Bahkan dari data tempat kerja diketahui, penyerapan alumni mahasiswa Prodi D III Keperawatan Bima, tidak hanya diserap di Kota dan Kabupaten Bima, khususnya dan NTB umumnya, tetapi juga di NTT, dan di Jawa serta daerah lainnyadi Indonesia.

Ilustrasi

Kota Bima, KS.- Menurut Ketua Prodi D-III Keperawatan Bima, Abdul Haris, M.Kes, M.Pd. alumni mahasiswa D-III Keperawatan Bima Poltekes Kemenkes Mataram, asil yang dicapainya alumni mahasiswanya, sudah banyak yang terserap ke mana-mana. Kalau dipersentasikan, maka 80 persennya sudah terserap , baik di RSU maupun di Puskesmas, sementara 20 persennya, mengikuti kuliah lanjutan ke D-IV di Mataram dan Jawa.

Keberhasilan ini, kata dia, merupakan sebuah kebanggaan sekaligus kesyukuran pihak lembaga karena hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari para mahasiswa, dosen, khususnya juga Tenaga Administrasi Kampus sekaligus serta motivasi positif dari berbagai pihak. Lalu, kesediaan pihak lembaga (instansi/industri) yang memesan lulusan dari lembaga ini, untuk bekerja di lembaganya.

Melihat kenyataan ini , kata dia, jangan heran jika kemudian, banyak calon mahasiswa baru datang berbondong-bondong mendaftarkan diri di lembaga ini. Sayang sekali di antaranya, tidak dapat diterima, bukan karena mereka kurang cerdas, tapi lantaran kuota memang sudah ditetapkan demikian. “Maka, kami di lembaga ini, menyeleksi melalui dua cara, yakni selain melalui PMDK juga melalui seleksi berupa ujian tertulis”, jelasnya sambil menambahkan bahwa Prodi D-III Keperawatan Bima Poltekes Mataram Kemenkes RI ini dikira Perguruan Tinggi Swasta, padahal kalau mereka perhatikan kata Kemenkes RI, pastilah mereka tidak berujar demikian”.

Belum lagi, kata dia lembaga ini mempunyai apresiasi besar dari pemerintah, khususnya Kemenkes dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswanya. Selain karena memang prestasi gemilang juga diberi beasiswa kepada mahasiswa keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Pihaknya mengakui, dengan adanya perubahan yang terjadi dalam manajemen Perguruan Tinggi (PT) yang mengarah kepada system korporasi, sangat dimungkinkan membesarnya biaya pengelolaan. Pada gilirannya, mahasiswa akan terkena dampak , yakni dengan adanya kenaikan biaya pendidikan. Itulah sebabnya, pemerintah berusaha untuk memberi beasiswa kepada mahasiswa terutama mahasiswa dari kelompok kurang mampu secara ekonomi.

 “Untuk menghindari kemungkinan mahasiswa mengundurkan diri dari proses studi atau terhambat proses belajar, maka langkah strategis yang tepat adalah memberikan bantuan biaya pendidikan, berupa pemberian beasiswa”, sambungnya.

Menjawab pertanyaan terkait dengan jenis bantuan tersebut, Haris menjelaskan bahwa selain berupa biaya SPP selama satu semester, dan biaya hidup, juga biaya untuk membeli buku referensi dalam melancarkan studinya. Bantuan tersebut, langsung diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Lalu persyaratannya? Iya harus ada persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa. Persyaratan tersebut anatara lain, Selain surat keterangan miskin dari Kadus dan Desa atau pejabata yang berwenang, Copy nilai IP untuk mahasiswa Tingkat I, Copy IPK atau KHS untuk mahasiswa Tingkat II (semester III), juga Surat Pernyataan,seperti mengikuti aturan pendidikan dan PMB secara sungguh-sungguh, mahasiswa penerima gakin, bersedia melunasi semua pembiayaan pendidikan sesuai ketentuan, dan bersedia membuat tabungan untuk persiapan biaya pendidikan dan PMB lainnya, di Bank Syariah Mandiri.

Dengan adanya kemauan keras mendaftarkan diri di lembaga ini, apalagi sudah ada apresiasi positif dari pemerintah untuk membantu mahasiswa berupa beasiswa, diharapkan mahasiswa semakin antusias dalam belajar dan gilirannya meraih sukses. “Insya Allah ke depannya, para alumni Prodi D-III Keperawatan Bima, tenaganya diserap di berbagai lembaga”, harapnya dalam mengakhiri wawancara dengan Stabilitas, di Ruang kerjanya (6/9). ***)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1371,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,281,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1364,Pendidikan,716,Politik,1070,Sosial Ekonomi,2375,
ltr
item
Koran Stabilitas: Alumni D-III Keperawatan Bima, Terserap di Masyarakat
Alumni D-III Keperawatan Bima, Terserap di Masyarakat
https://4.bp.blogspot.com/-qUa9DvEZ3yU/WbARR0AakRI/AAAAAAAADz8/71wRVHDo5-sPZvktVL5n0sK0hHdA4hvegCKgBGAs/s640/Ilustrasi-Suntik.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qUa9DvEZ3yU/WbARR0AakRI/AAAAAAAADz8/71wRVHDo5-sPZvktVL5n0sK0hHdA4hvegCKgBGAs/s72-c/Ilustrasi-Suntik.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/09/alumni-d-iii-keperawatan-bima-terserap.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/09/alumni-d-iii-keperawatan-bima-terserap.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy