$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Menghina Suku Donggo, Wisudawan Terbaik STKIP Bima Diamankan Polisi

Salah seorang wisudawan terbaik STKIP Bima, Firmansyah (27) warga Dusun Sigi RT 03/02 Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima terpaksa h...

Salah seorang wisudawan terbaik STKIP Bima, Firmansyah (27) warga Dusun Sigi RT 03/02 Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pemuda berwajah pas-pasan itu, Sabtu (21/10) dijemput oleh sejumlah anggota Buser Reskrim Polres Bima Kota pada hari Sabtu kemarin di kediamannya di Rabakodo, setelah polisi menerima laporan resmi dari Paguyuban Donggo-Soromandi dengan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik melalu akun Facebook milik Firmansyah dengan nama akun Lefi Firman.

Ilustrasi

KOTA BIMA, KS.- Dalam akunnya itu, Firman menulis sebuah status tepat hari Kamis (19/10) pukul 20.30 wita dengan kata-kata, “Di baik baikin makin menjadi perempuan donggo yang satu ini, sadar diri kamu anak gunung tak pantas kamu bergaya seperti itu, ini Kota bukan dusun seperti kampungmu di donggo lenggentu sana, sudah kumuh kotor dan masyarakatnya itam seperti babi hutan pantasnya seperti itu sebutannya untuk ORANG DONGGO, dasar lako Donggo ma pahu bune wawi saran, dasar perempuan donggo vano ndak tau diri.

Melihat status Firmansyah tersebut, tentu membuat reaksi seluruh warga donggo yang berada di sejumlah Daerah, baik di Jakarta, Makasar, Mataram, lebih-lebih di yang berdomisili di Bima. Sehingga diputuskan bersama melalui rapat paguyuban Donggo-Soromandi bersama pengurus Himpunan Mahasiswa Donggo dan Soromandi (Himdos) di rumah Ketua Paguyuban, Drs.H.Mustahid H.Kako,MM yang beralamat di Wilayah Tolobali Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.

Hasil rapat tersebut memutuskan untuk melaporkan Firmansyah ke pihak Kepolisian Kota Bima pada hari Sabtu (21/10) pagi pukul 10.00 wita. Alhasil, mendapat laporan tersebut, Kapolda NTB, Brigjen Polisi Drs.Firly, M.Si pun bergerak cepat dan memerintahkan jajaran Polres Bima Kota agar mengamankan pelaku tersebut.

“Alhamdulillah, polisi sangat serius menangani kasus tersebut. Buktinya, beberapa jam setelah mendapat laporan resmi dari paguyuban Donggo Soromandi bersama sejumlah pengurus himdos, akhirnya pelaku diamankan setelah polisi menjemput pelaku di rumahnya di Rabakodo kemarin (Sabtu,red),” kata Ketua Paguyuban Donggo-Soromandi Drs.H.Mustahid H.Kako,MM saat berada di Mapolres Bima Kota, Sabtu siang kemarin.

Kenapa harus lapor ke polisi ?. Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bima itu menjelaskan, bahwa apa yang dilakukan oleh Firmansyah (nama asli dari akun Lefi Firman) itu merupakan tindak pidana kejahatan yang menghina suku (etnis) donggo, sementara warga donggo sangat menjaga nama baik suku selama ini. Namun oleh Firman mencaci maki warga donggo dengan mengatakan wajah orang donggo seperti muka babi dan lainnya.

“Tentu kata-kata makian dan penghinaan itu membuat warga donggo semuanya reaksi, bahkan ingin mencari Firman sampai dapat untuk mempertanyakan, kenapa sampai berani menghina suku donggo tersebut,” terangnya.

Namun, karena ini Negara hukum, sehingga diputuskan untuk dilaporkan ke polisi agar di ambil tindakan tegas, tentunya menahan pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut.”Syukur Alhamdulillah, pelaku cepat diamankan polisi. Saya tidak jamin kalau pelaku berada diluar sana, tidak mendapatkan reaksi balik dari pemuda-pemuda donggo yang tinggal di Kota Bima ini, apalagi beberapa hari terakhir ini banyak pemuda donggo yang berpencar untuk mencari tahu keberadaan pelaku,” pungkasnya.

Kejadian seperti ini sudah dua kali dengan Firman ini. Namun yang pertama tidak terlalu menghina seperti sekarang. Sebelumnya hanya menceritakan soal apa yang dialami perempuan pemilik akun tersebut selama berada di Donggo saat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampusnya.
“Kalau Firman ini sungguh dia menghina suku donggo dan harus diberikan efek jera untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” cetusnya.

Sementara Kanit Tipidter Reskrim Polres Bima Kota, Bripka Kadek Agus Wiraputra mengaku telah mengamankan Firman pelaku yang membuat status penghinaan warga donggo tersebut.”Laporan paguyuban donggo tengah ditangani serius bahkan laporan ini diback ap langsung oleh Polda NTB. Senin besok (Hari ini,red), beberapa anggota Polda akan datang ke Polres Bima Kota terkait kasus penghinaan ini,” pungkasnya.(KS-R01)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1018,Hukum Kriminal,1765,Kesehatan,220,Korupsi,613,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1247,Pendidikan,711,Politik,969,Sosial Ekonomi,2230,
ltr
item
Koran Stabilitas: Menghina Suku Donggo, Wisudawan Terbaik STKIP Bima Diamankan Polisi
Menghina Suku Donggo, Wisudawan Terbaik STKIP Bima Diamankan Polisi
https://1.bp.blogspot.com/-OTaWE5qPqFs/Wex50-2puKI/AAAAAAAAD_4/gGPgT8vrX7cEjCIYaMi2WVI7ZNlAvdCCwCKgBGAs/s640/ilustrasi-hate-speech-ujaran-kebencian.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OTaWE5qPqFs/Wex50-2puKI/AAAAAAAAD_4/gGPgT8vrX7cEjCIYaMi2WVI7ZNlAvdCCwCKgBGAs/s72-c/ilustrasi-hate-speech-ujaran-kebencian.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/10/menghina-suku-donggo-wisudawan-terbaik.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/10/menghina-suku-donggo-wisudawan-terbaik.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy