$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

IAKMI Cabang Bima Adakan Seminar Nasional

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ( IAKMI) cabang Bima mengadakan kegiatan seminar nasional terkait dengan kualitas masyarakat di e...

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ( IAKMI) cabang Bima mengadakan kegiatan seminar nasional terkait dengan kualitas masyarakat di era Jaminan Kesehatan Nasional. Kegiatan tersebut dilangsungkan di convention Hall Kota Bima pada hari Kamis (9/11). Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten pemerintahan dan Kesra Setda Bima HM.Qur’an, SH, Ketua dan Pengurus IAKMI Cabang Bima, Ketua dan pengurus Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten dan Kota Bima, Ketua dan pengurus Poltekkes Mataram Kementerian Kesehatan RI, ketua dan Pengurus PPNI Kabupaten dan Kota Bima, para tenaga kesehatan dari Poltekes Mataran. Narasumber dari kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Ridwan M.Thaha, M.Sc selaku Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Pusat.

Ilustrasi

BIMA, KS.- Ketua Panitia Pelaksana yang juga sebagai pengurus IAKMI cabang Bima Zunaidin HS. S.Sos, MM dalam pengantar dengan adanya kegiatan seminar seperti ini dalam rangka bagaimana para tenaga perawat yang tergabung dalam IAKMI ini dapat melaksanakan tugas dan fungsi dalam melayani masyarakat, sekaligus mengajak warga masyarakat untuk melaksanakan hidup bersih dan sehat, sehingga dari sosialsiasi yang dilakukan ini maka masyarakat akan dapat melakukan hidup bersih dan sehat di linkungan kita masing – masing.

Seminar ini diikuti oleh seluruh tenaga perawat yang ada di wilayah Kabupaten Bima dan jajaran pengurus Ikatan Bidan Indonesia, sehingga dari keikutsertaan kegiatan seminar ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitarnya.

Menurut HM. Qur’ban dalam arahan, dengan adanya seminar ini dalam rangka mengajak peran tenaga ahli kesehatan masyarakat agar dapat mensosiaalisasikan hidup bersih di tengah – tengah masyarakat, hal ini dikarenakan melalui kualitas hidup masyarakat yang dipandu dengan gerakan masyarakat hidup sehat pada era Jaminan Kesehatan Masyarakat ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama – sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat dalam meningkatkan kualitas hidup sehingga tujuan yang diambil dari kegiatan germas ini diantaranya untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Salah satu dukungan nyata lintas sektor dalam mensukseskan Germas ini yait udengan dilaksanakanya program infrastruktur berbasis masyarakat ( IBM) yang focus pembangunannya yaitu air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung PHBS. Dalam kehidupan sehari – hari, praktek hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental dimana dengan perwujudan revolusi mental ini mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaaan atau prilaku tidak sehat.

HM.Qurban berharap melalui seminar ini peran tenga ahli kesehatan masyarakat sangat berperan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat, hal ini dikarenakan dengan hidup bersih masyarakat akan terhindar dari segala bentuk penyakit sekaligus menurunkan angka kesakitan dapat diturunkan dan masyarakat memiliki kemandirian dalam melakukan pencegahan terjadinya berbagai macam penyakit.

Hal yang sama di sampaikan oleh Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Pusat Prof. Dr. Ridwan M.Thaha, M.Sc menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seminar seperti ini , peran seorang tenaga ahli kesehatan masyarakat sangat penting dalam rangka mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar dapat melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat yang mana Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Oleh karenanya Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksanakan dalam kegiatan sehari-hari. Ujarnya

Maka dari itu dalam pembangunan kesehatan, peran tenaga kesehatan ahli masyarakat merupakan bagian dari sumber daya manusia yang sangat penting perannya guna meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi pada pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif. Di samping itu, tenaga kesehatan masyarakat juga dapat berperan di­ bidang kuratif dan rehabilitatif. Tenaga kesehatan masyarakat mempunyai peran strategis dalam mengubah perilaku masyarakat menjadi kondusif terhadap Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) melalui promosi kesehatan. Promosi yang dilakukan perlu mengikuti empat tahapan yaitu: memperkenalkan gagasan dan teknik perilaku sehat, melakukan identifikasi dan mengembangkan strategi perubahan perilaku sehat, memotivasi masyarakat sehingga terjadi perubahan perilaku sehat dan memahami cara berkomunikasi serta merancang program komunikasi. Dengan beberapa tahapan ini maka masyarakat akan dapat melaksanakan hidup bersih dan sehat di lingkungan masing – masing. Imbuhnya. ( KS-MUL)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1388,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1080,Sosial Ekonomi,2378,
ltr
item
Koran Stabilitas: IAKMI Cabang Bima Adakan Seminar Nasional
IAKMI Cabang Bima Adakan Seminar Nasional
http://1.bp.blogspot.com/-FW5xmZvE1oY/Vcwd8fO3TLI/AAAAAAAACC0/paHX9aFMxts/s1600/ilustrasi%2Bpelatihan.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-FW5xmZvE1oY/Vcwd8fO3TLI/AAAAAAAACC0/paHX9aFMxts/s72-c/ilustrasi%2Bpelatihan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/11/iakmi-cabang-bima-adakan-seminar.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/11/iakmi-cabang-bima-adakan-seminar.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy