$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Balai Besar POM Mataram gelar Sarasehan Penangguangan Penyalahgunaan Obat di Kota Bima

Balai Besar Penanggulangan Obat dan Makanan Mataram menggelar sarasehan Penanggulangan Penyalahgunaan Obat di Kota Bima. Sarasehan ini dilak...

Balai Besar Penanggulangan Obat dan Makanan Mataram menggelar sarasehan Penanggulangan Penyalahgunaan Obat di Kota Bima. Sarasehan ini dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Bima pada Senin (02/04). Kegiatan sarasehan ini dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr Ir Syamsuddin MS. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala BBPOM Mataram Dra Ni GAN Suarningsih Apt MH, Wakapolres Bima, Ketua MUI Provinsi NTB dan Ketua MUI Kota Bima

Ilustrasi

Kota Bima, KS.- Acara ini diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari Pimpinan OPD lingkup pemerintah Kota Bima, Camat, Lurah, Toga/Toma, pimpinan Ormas Islam, Kementrian Agama, Kepala KCD lingkup Dikbud Kota Bima, FKUB Kota Bima, Kepala Puskesmas se-Kota Bima, BNN Bima, dan Ikatan Apoteker Indonesia Kota Bima, “Materi yang disampaikan pada kegiatan sarasehan penanggulangan penyalahgunaan obat di Kota Bima meliputi 3 aspek yaknil. Kasus penyalahgunaan Obat di Kota Bima oleh Wakapolres Bima Kota; Penyalahgunaan Obat dari Sudut Pandang Agama yang disampaikan oleh Ketua MUI Provinsi NTB; Bahaya Penyalahgunaan Obat di Provinsi NTB yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM Mataram” jelasnya.

Diawal kegiatan dilakukan penandatangan komitmen bersama mengenai penanggulangan penyalahgunaan obat di Kota Bima. Dalam laporan kepala Balai Besar POM Mataram Dra Ni Gan Suarningsih APt MH menyampaikan. Bahwa, kegiatan sarasehan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat serta melindungi masyarakat dari Penyalahgunaan obat terutama di Kota Bima. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para tokoh masyarakat/agama yang instansi terkait sehingga nantinya ada transfer informasi mengenai bahaya penyelahguanaan obat kepada masyarakat.

Dalam sambutan Walikota Bima yang dibacakan oleh Plt Sekda Kota Bima menyampaikan apresiasi dan uacapan terima kasih kepada Balai Besar POM Mataram yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Masalah penyalahgunaan tramadol mulai muncul di Kota Bima sejak tahun 2014. Penanganan terhadap masalah tersebut juga langsung dilaksanakan sejak tahun 2014.

“Kegiatan ini mengangkat isu yang memang menjadi perhatian kita semua, yaitu penanggulangan penyalahgunaan obat-obatan khususnya tramadol”, ujar Plt Sekda.

Dijelaskannya pula, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai upaya, antara lain: Sosialisasi penggunaan obat rasional dan penyebaran informasi obat termasuk penyalahgunaan obat keras serta dampaknya bagi kesehatan; Upaya pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT); Penyuluhan tentang bahaya narkoba pada kalangan remaja, siswa/siswi SMA/ Sederajat dan SMP/sederajat; Sosialisasi peraturan perundang-undangan pada bidang obat/kefarmasian, serta pembinaan dan pengawasan pada sarana distribusi dan pelayanan kefarmasian swasta (apotek dan toko obat).

Beberapa apotek yang terbukti menjual/mengedarkan obat (tramadol) tanpa ijin telah dilakukan pencabutan surat izin apotek dan dikenai hukuman pidana penjara. Selanjutnya, telah dibentuk kelompok remaja anti tramadol di salah satu puskesmas (yaitu Puskesmas Mpunda) Kota Bima dan rencananya dalam waktu dekat kelompok ini akan dibentuk di semua puskesmas yang ada di Kota Bima.

“Namun berbagai upaya ini masih terus intensif kita lakukan karena melihat kondisi peredaran dan penyalahgunaan tramadol masih tetap mengkhawatirkan. Mari kita bersama-sama menggugah diri kita semua agar bekerja lebih keras dalam menanggulangi masalah ini”, ajak plt Sekda.

Saraehan ini kemudian menghasilkan beberapa point yang akan ditindaklanjuti yakni. Melakukan pendekatan keagamaan mulai dari lingkungan terkecil, keluarga; Membentuk tim terpadu yang terdiri atas Kepolisian, Pol Pp, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, LSM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Organisasi wanita, untuk pencegahan dan penanganan kasus penyalahgunaan tramadol di Kota Bima; Melakukan sosialisasi dan penyuluhan secara intensif di lingkungan sekolah dan masyarakat. (KS-Sub)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Balai Besar POM Mataram gelar Sarasehan Penangguangan Penyalahgunaan Obat di Kota Bima
Balai Besar POM Mataram gelar Sarasehan Penangguangan Penyalahgunaan Obat di Kota Bima
http://1.bp.blogspot.com/-FW5xmZvE1oY/Vcwd8fO3TLI/AAAAAAAACC0/paHX9aFMxts/s1600/ilustrasi%2Bpelatihan.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-FW5xmZvE1oY/Vcwd8fO3TLI/AAAAAAAACC0/paHX9aFMxts/s72-c/ilustrasi%2Bpelatihan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/04/balai-besar-pom-mataram-gelar-sarasehan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/04/balai-besar-pom-mataram-gelar-sarasehan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy