$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Atasi Kekurangan Pakan, Disnakeswan dan IFSCA Gelar Temu Lapan dengan Peternak

Perternak Sapi di Kabupaten Dompu saat ini tengah menghadapi persoalan serius dalam bidang pemberian pakan untuk hewan ternak terutama Sapi....

Perternak Sapi di Kabupaten Dompu saat ini tengah menghadapi persoalan serius dalam bidang pemberian pakan untuk hewan ternak terutama Sapi. Di Musim kemarua ini, peternak sapi tengah mengeluhkan sulitnya mendapatkan pakan ysng berkualitas dalam menunjang pertumbuhan dan kualitas daging hewan ternak.

Ilustrasi

DOMPU,KS.- Untuk mengatasi persoalan kekurangan pakan tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang berkerja sama dengan IFSCA (Innovative Farming System and Capability for Agribusiness), kerjasama antara Massey University dan Universias Mataram (UNRAM) dan Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar pertemuan lapang dengan para peternak Sapi di Kabupaten Dompu. Dalam pertemuan yang berlangsung dilokasi ternak wilayah Simpasai Woja Dompu itu, membahas tentang Penyebarluasan Penanaman Lamtoro dan Penggemukan Sapi Berbasis Lamtoro dan Gamal.

Acara yang berlangsung Sabtu (04/08/2018) itu dihadiri oleh Team Leader Program IFSCA Prof. M. Taufik Fauzi, Ketua Tim Penelitian Uji Coba Pemberian Pakan Lamtoro dan Gamal Pada Sapi Prof. Dahlanudin, Kadis Peternakan Ir.Zainal Arifin, M.Si.

Ketua Tim Penelitian Uji Coba Pemberian Pakan Lamtoro dan Gamal Prof Dahlanudin menuturkan, Lamtoro Taramba yang diimpor dari Australia telah berkembang pesat di Kabupaten Dompu, sedangkan gamal sudah banyak dikembangkan masyarakat tapi belum dimanfaatkan secara optimal untuk penggemukan sapi. Pemberian lamtoro 100 persen yang disuplementasi dengan sekitar 1 kg dedak setiap hari dapat meningkatkan pertambahan berat badan menjadi 0.5 kg per hari (15 kg per bulan). Uji coba yang dilakukan di kelompok Mada Lemba ditujukan sebagai demonstrasi bagi peternak tentang manfaat pemberian lamtoro dan gamal terhadap pertambahan berat badan sapi penggemukan.

“Pemberian lamtoro 100 persen yang disuplementasi dengan sekitar 1 kg dedak setiap hari dapat meningkatkan pertambahan berat badan menjadi 0.5 kg per hari (15 kg per bulan). Lebih dari dua kali lipat dari pertambahan berat badan sapi yang diberikan rumput,” ungkapnya pada wartawan ini.

Kadis Peternakan Ir. Zainal Arifin. M.Si., bahwa program penggemukan sapi berbasis Lamtoro dan Gamal sangat membatu, karena sesuai dengan program ungulan Dompu TERPIJAR yang salah satu objeknya adalah Sapi, tentunya akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas sapi di daerah Dompu.

“Program ini juga membantu pola pikir petani sapi di Dompu, dari petani tradisional menjadi petani yang berpola pikir bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, temu lapang ini merupakan bagian dari program IFSCA (Innovative Farming System and Capability for Agribusiness), kerjasama antara Massey University, universitas Mataram dan Pemerintah kabupaten Dompu dan didanai oleh New Zealand Aid Program (NZAid), dan di laksanakan oleh Kelompok Ternak Mada Lemba Jaya Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Dompu.

Program IFSCA dilaksanakan di dua Kabupaten yaitu Lombok Utara dan Dompu. Kegiatan IFSCA di Kabupaten Dompu yang dilaksanakan sejak tahun 2016 bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan peternak dalam konteks integrasi sapi dan tanaman pangan (terutama jagung). Sampai pertengahan tahun 2018 program IFSCA telah melibatkan 25 kelompok peternak yang tersebar di lima Kecamatan yaitu Woja, Pajo, Manggelewa,Kempo dan Pekat. Program ini akan berakhir hingga Desember 2019 mendatang.(KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Atasi Kekurangan Pakan, Disnakeswan dan IFSCA Gelar Temu Lapan dengan Peternak
Atasi Kekurangan Pakan, Disnakeswan dan IFSCA Gelar Temu Lapan dengan Peternak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzMf9PGTXCCU916Z0zkq5YbO68xZBSKUpNxOJhKQLlHo6Ortlt3QCrhL8-i6zyUr1Vpgyzy-cG5WMInmTFhnOgy9hYoovRtGGdagVAb1m8VZNCeAwtT0Lx3cOd5tJHgv_I3oYErkJOSxik/s640/penebangan_hutan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzMf9PGTXCCU916Z0zkq5YbO68xZBSKUpNxOJhKQLlHo6Ortlt3QCrhL8-i6zyUr1Vpgyzy-cG5WMInmTFhnOgy9hYoovRtGGdagVAb1m8VZNCeAwtT0Lx3cOd5tJHgv_I3oYErkJOSxik/s72-c/penebangan_hutan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/atasi-kekurangan-pakan-disnakeswan-dan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/atasi-kekurangan-pakan-disnakeswan-dan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy