$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


NTB Terbanyak Bendungan di Indonesia, Dua Ada di Dompu

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah dengan jumlah bendungan terbangak di Indonesia. Tercatat ada 14 Bendungan yang tersebut...

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah dengan jumlah bendungan terbangak di Indonesia. Tercatat ada 14 Bendungan yang tersebut di 10 Kabupaten Kota se NTB. Dua dianataranya ada di Kabupaten Dompu, yaitu Bendungan Tanju dan Bendungan Mila yang masuk dalam Rababaka Kompleks.

Ditjen SDA Kementerian PUPR, Hari Prayogi

DOMPU,KS.- Di tahun 2018 ini, dua bendungan yang tengah digenjot proses penyelesaiannya yaitu Bendungan Tanju dan Mila yang terletak di Kecamatan Manggelewa,Kabupaten Dompu. Tiga lainnya yang masih dikerjakan yaitu, Bedungan Beringin Sila, Bendungan Genting Lombok dan Bendungan Bintang Tano Sumbawa.

"NTB paling banyak bendungan di Indonesia. Ini kita lalukan karena memang dsini kita butuh, kemudian tanah untuk pertanoian juga bagus," ujar Ditjen SDA Kementerian PUPR, Hari Prayogi di Dompu.

Keberadaan bendungan tanju dan Mila ini, dibuktikan dengan adanya lumbung pangan yang kondisinya kering. Pasalnya airnya hanya mengalir begitu saja tanpa ada tempat penampungan atau pengawetan air.

"Itu harus kita lakukan dengan membangun bendungan-bendungan supaya airnya tidak hilang begitu saja, saat musim kemarau airnya harus kita tampung, musim hujan juga begitu. Termasuk di Bendungan Tanju dan Mila ini," kata Hari.

Hari juga mengatakan, sejak dulu NTB khususnya di Kabupaten Dompu dibutuhkan dan dilirik oleh pemerintah pusat soal pengembangan sektor pertanian, karena NTB memilihi lahan tidur dan lahan produktif yang cukup besar sehingga harus dikembangkan.

“Semoga dengan adanya dua bendungan besar di Dompu ini, Kabupaten Dompu bisa lebih meningkatkan lagi pendapatan pada sector pertania. Ini tidak terlepas dari kerjasama pihak dan Dinas terkait,” ujarnya.

Dari 14 bendungan yang ada dan ditambah 70 an embung yang setara dengan bendungan yang sebagian proses pengerjaannya tengah diselesaikan, NTB dipastikan akan memiliki air sebanyak 354 juta meter kubik pertahun. (KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: NTB Terbanyak Bendungan di Indonesia, Dua Ada di Dompu
NTB Terbanyak Bendungan di Indonesia, Dua Ada di Dompu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirEKXeAdhzPMb-Gm1qJOJI87CmgtrjXjy5pICi5cnmTZejeeQuvX6FgQ-C2Rss3If8BOSxZQWjZ2h9hisS2RUtx73qzjRwQVwWiZRg5zTw0eaZsvOzFN_UKWvTZyYfzkwhNjk19I4gXLMB/s640/Ditjen+SDA+Kementerian+PUPR%252C+Hari+Prayogi.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirEKXeAdhzPMb-Gm1qJOJI87CmgtrjXjy5pICi5cnmTZejeeQuvX6FgQ-C2Rss3If8BOSxZQWjZ2h9hisS2RUtx73qzjRwQVwWiZRg5zTw0eaZsvOzFN_UKWvTZyYfzkwhNjk19I4gXLMB/s72-c/Ditjen+SDA+Kementerian+PUPR%252C+Hari+Prayogi.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/ntb-terbanyak-bendungan-di-indonesia.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/ntb-terbanyak-bendungan-di-indonesia.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy