$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Jelang Musim Tanam, Bank BRI Tawarkan Kemudahan Pinjam KUR Untuk Petani Dompu

Menjelang musim tanam di Kabupaten Dompu, para petani khususnya petani jagung mulai disibukkan dengan membersihkan lahan tanam. Disamping it...

Menjelang musim tanam di Kabupaten Dompu, para petani khususnya petani jagung mulai disibukkan dengan membersihkan lahan tanam. Disamping itu, petani juga mulai mengurus berbagai keperluan sebagai persyaratan untuk pinjaman dari Bank tertentu untuk memulai usaha pertaniannya.

Pimpinan Brand Bank BRI Dompu, Irawan, Cahyo Nugroho

DOMPU,KS.- Sebagai perusahaan BUMN yang membiayai program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia atau BRI menawarkan kemudahan untuk petani di Kabupaten Dompu.

Kemudahan yang ditawarkan adalah Petani hanya diminta untuk menyiapkan dokumen persyaratan sebagaimana yang telah ditentukan oleh Pemerintah seperti dokumen data diri, jenis atau peruntukan usaha yang dimaksud, jumlah pinjaman, dan jangka waktu pinjaman.

Selain itu, petani harus bisa menujukkan atau membuktikan barang jaminan, seperti barang bergerak (Motor, Mobil dan lainnya) dan juga tanah dan bangunan yang tentunya harus dibuktikan dengan surat-surat yang legalitasnya dapat dipercaya. Hal ini akan menjadi pegangan bagi Bank dalam memberikan pinjaman KUR untuk petani di Dompu.

“Kalau konsep kami bidang pertanian, rata-rata yang menjadi jaminan pinjama itu adalah barang bergerak seperti sepeda motor, mobil juga berupa tanah dan bangunan,” kata Pimpinan Brand Bank BRI Dompu, Irawan, Cahyo Nugroho., pada media ini Sabtu (22/09/2018).

Petani tidak perlu khawatir jika terjadi permasalahan dalam proses pengembalian uang pinjaman atau penunggakkan pengembalian uang pinjaman. Bahkan barang jaminan yang sebelumnya diajukan kemungkinan tidak akan disita.

Betapa tidak, pihak Bank memiliki cara yang cukup mudah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hanya saja, petani harus memiliki alasan yang kuat ketika tidak mampu mengembalikan uang pinjaman. Bank akan memperhatikan masalah yang melatarbelakanginya.

“Kalau yang namanya menunggak itu bukan dianggap biasa, pasti ada permasalahan tertentu. Biasanya petani yang menunggak itu ada desakan atau masalah yang lain yang lebih penting lebih urgent untuk bertaha hidup, misalkan masalah gagal panen, musibah kebakaran,ataupun korban putting beliaung. Konsep itu BRI relatif memberikan pemahaman untuk bisa dilakukan komunikasi kedua,” jelas Pria yang hobby menyanyi itu.

Pria asal Solo dan yang akrab di sapa abang Ican ini menegaskan, di Bank BRI tidak mengenal yang namanya proses sita menyita. Namun dia mengingatkan kepada petani, yang namanya pinjaman tetap harus dikembalikan yang tentunya dengan Bunga yang sudah ditentukan. Mengingat BRI adalah BUMN yang bersifat menghasilkan bukan menghilangkan.

“Pinjaman KUR itu begitu, tetap yang namanya meminjam itu harus dikembalikan. Karena ini adalah anggaran Negara. Kalau sita kita tidak ada,” tegasnya.

Diakuinya, selama beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan pinjaman dari petani Dompu, khususnya untuk pertanian Tanaman jagung. Demikian pun proses pengembalian pinjaman oleh petani pasca panen masalah penunggakkan relative sedikit.(KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1083,Hukum Kriminal,1788,Kesehatan,220,Korupsi,615,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1272,Pendidikan,712,Politik,974,Sosial Ekonomi,2255,
ltr
item
Koran Stabilitas: Jelang Musim Tanam, Bank BRI Tawarkan Kemudahan Pinjam KUR Untuk Petani Dompu
Jelang Musim Tanam, Bank BRI Tawarkan Kemudahan Pinjam KUR Untuk Petani Dompu
https://3.bp.blogspot.com/-qo7EG2jyS6A/W6eTxOWGeLI/AAAAAAAAGgU/xqD64U_HRB8II5-UjhkeGY0uOn-tQ-dNwCLcBGAs/s640/Pimpinan%2BBrand%2BBank%2BBRI%2BDompu%252C%2BIrawan%252C%2BCahyo%2BNugroho.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-qo7EG2jyS6A/W6eTxOWGeLI/AAAAAAAAGgU/xqD64U_HRB8II5-UjhkeGY0uOn-tQ-dNwCLcBGAs/s72-c/Pimpinan%2BBrand%2BBank%2BBRI%2BDompu%252C%2BIrawan%252C%2BCahyo%2BNugroho.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/09/jelang-musim-tanam-bank-bri-tawarkan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/09/jelang-musim-tanam-bank-bri-tawarkan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy