$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Peduli Wilayah Pesisir, 2 Ribu Mangrove Ditanam

Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dibawa Kepemimpinan Hj.Indah Damayanti Putri – Drs.H.Dahlan,M.Noer terhadap Wilayah Pesisir La...

Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dibawa Kepemimpinan Hj.Indah Damayanti Putri – Drs.H.Dahlan,M.Noer terhadap Wilayah Pesisir Laut, bukan sekedar pengakuan semata. Tapi, dibuktikan lewat tindakan nyata, sebanyak 2 Ribu Pohon Mangrve sudah ditanam. Penanaman mangrove tersebut oleh Pemkab Bima bersama jajaran Kodim 1608 Bima dan Polres Bima serta DPRD Kabupaten Bima berlangsung Sabtu (22/9) disepanjang pesisir laut Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Ilustrasi

BIMA, KS. – Selain itu, kegiatan tersebut juga memperoleh dukungan Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Kabupaten Bima, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Camat Palibelo, Kades Panda, Guru dan murid siswa / siswi SDN Palibelo, Anggota Kelompok masyarakat .

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj.Nurma dalam pengantar, kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian kita bersama dalam rangka menjaga dan merawat ekosistem pesisir demi keberlangsungan ekosistem penghidupan generasi kita di masa yang akan datang.

Pohon mengrove yang kita tanam disepanjang pantai desa panda kecamatan Palibelo sebanyak 2000 mangrove ini selain untuk menahan terjadinya abrasi pantai juga dalam rangka tempat mencari makan bagi beragam biota laut . sebagai penghasil O2 dan meyerap Co2 serta sebagai tempat persingahan satwa burung migrasi maupun penunjang kehidupan lainnya.”Penanaman 2000 pohon mangrove ini merupakan bentuk keperdulian kita terhadap lingkungan pesisir sebagai mahluk hidup kita harus bisa hidup berdampingan dengan alam, merawat dan melestarikannya. Maka dari itu sudah saatnya pembangunan wilayah pesisir dilakukan secara terpadu dan terencana melibatkansemua pemangku kepentingan. Sehingga, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di lingkungan secara berkelanjutan,” kata Nurma.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengatakan, Penanaman pohon mangrove ini merupakan bagian dari program pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, dimana program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat Kabupaten.

Program ini juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan. Untuk itu melalui aksi penanaman pohon mangrove ini dalam rangka turut mendukung dan berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 melalui perbanyakan penanaman pohon dan reforestasi.

Ia berharap melalui aksi penanaman 2000 pohon mangrove ini selain mencegah terjadinya abrasi, juga dalam rangka melindungi dari gempuran pasang gelombang dan memulihkan kembali sektor perikanan dengan rimbunnya mangrove yang ditopang oleh kuatnya akar-akar jangkar yang kokoh,

Kapolres Bima AKBP. Bagus Satrio Wibowo,S.IK menyampaikan, penanaman pohon mangrove ini dimaksudkan untuk melestarikan dan menjaga ekosistem pesisir laut. Penanaman bobot pohon mangrove kedepanya menjadi lahan konservasi keanekaragaman hayati terhadap lingkungan diwujudkan dalam bentuk efisiensi pemanfaatan sumber daya alam serta peningkatan keanekaragaman hayati.” Keberadaan bibit mengrove ini akan sangat bermanfat besar bagi warga masyarakat yakni berfungsi untuk melestarikan dan menjaga serta meningkatkan populasi ekosistem pesisir laut, mencegah abrasi dan tsunami laut serta pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai,” tuturnya.

Hal Yang Sama juga disampaikan oleh Dandim 1608 Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra, dimana keberadan penanaman mangrove ditepi pantai ini banyak manfaatnya, diantaran dapat membentengi bibir pantai dari abrasi ketika pasang tinggi serta melindungi biota laut yang hidup di bawah pohon mangrove. Oleh karna itu kedepnya pihaknya terus menggalakkan masyarakat akan pentingnya penanaman pohon mangrove tersebut yang salah satunya dengan adanya aksi tanam pohon mangrove ini.

Selain itu kegiatan seperti ini akan berdampak baik dalam meningkatkan kualitas lingkungan, kualitas kuantitas dan kuantitas kontinuitas air. Penanaman pohon mangrove tersebut juga dinilai dapat dijadikan sebagai ajang pemersatu ditengah-tengah masyarakat. “ Ada Pohon, Ada Air, Ada Kehidupan dan Ada Kesejahteraan. Katanya.

Momentum ini ditandai dengan Aksi menanam Pohon mangrove oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, Kapolres Bima beserta Angotanya, Dandim 1608 Bima Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima Ir.Suryadin, Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Kabupaten Bima, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Camat Palibelo, Kades Panda, Guru dan murid siswa / siswi SDN Palibelo, Anggota Kelompok masyarakat. (KS-Anhar)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Peduli Wilayah Pesisir, 2 Ribu Mangrove Ditanam
Peduli Wilayah Pesisir, 2 Ribu Mangrove Ditanam
http://3.bp.blogspot.com/-MjF4YEirljU/VNR1uWjOe8I/AAAAAAAAA5g/kyw4W5ECJi4/s1600/ilustrasi%2Bpenghijauan.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-MjF4YEirljU/VNR1uWjOe8I/AAAAAAAAA5g/kyw4W5ECJi4/s72-c/ilustrasi%2Bpenghijauan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/09/peduli-wilayah-pesisir-2-ribu-mangrove.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/09/peduli-wilayah-pesisir-2-ribu-mangrove.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy