$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

HAKLI dan PLAN Gelar Konfrensi Sanitasi dan Air Minum

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Dompu dan PLAN International, Kamis (18/10) melaksanakan Konfrensi Sanitasi dan Air Min...

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Dompu dan PLAN International, Kamis (18/10) melaksanakan Konfrensi Sanitasi dan Air Minum Kabupaten Dompu. Kegiatan ini digelar dalam rangka Dompu menuju universal akses 2019.

Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin

DOMPU,KS.- Acara yang berlangsung di gedung PKK Dompu ini dihadiri berbagai pihak antaralain, Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin yang diwakili Asisten II Bupati Ir H Rasydin Suryadin M.Si, Humas, Pokja AMPL Provinsi NTB, Komisi III DPRD Dompu, Pokja AMPL Dompu dan Kecamatan di wilayah 8 Kecamatan Kabupaten Dompu, Camat dan Kades, Pansimas, We Save Dompu serta undangan lainnya.

Dalam momentum ini pun dijelaskan, meskipun sudah merdeka Iebih dari enam dekade, Indonesia masih menghadapi tantangan yang sangat besar di bidang air minum, higiene dan sanitasi. Berbagai referensi menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang masih berperilaku buang air besar di tempat terbuka dan berperilaku buruk lainnya yang berkaitan dengan higiene dan sanitasi.

Implikasinya, diare, yang merupakan salah satu penyakit karena kondisi sanitasi yang buruk masih menjadi penyumbang penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia. Sementara itu, jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, negeri ini mengalami kerugian yang sangat besar akibat kondisi sanitasi dan higiene yang buruk, yaitu $ 6,3 miliar (Rp 56,7 triliun) per tahun atau setara dengan 2,3% dari produk domestik bruto.

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, pemerintah Indonesia telah memformulasikan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diadopsi dari kegiatan Community Led Total Sanitation (CLTS), dan telah dikembangkan dokumen Strategi Nasional STBM dengan dikeluarkannya surat Kepmenkes RI No. 852/MENKES/SK/lX/2008.

Menurut dokumen tersebut, STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, indikator keberhasilan pendekatan ini tidak lagi hanya berfokus kepada pertumbuhan jumlah sarana sanitasi yang terbangun, namun Iebih mengarah pada perubahan pen'laku yang terjadi di masyarakat. Pendekatan tersebut semakin diperkuat dengan terbitnya Pennenkes nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Saat ini implementasi STBM 5 pilar telah dilakukan selama dua tahun di Kabupaten Dompu di Provinsi NTB melalui program STBM SEHATI oleh PLAN lntemasional. Sebagai suatu proses intervensi tentunya terdapat pembelajaran-pernbelajaran berharga, baik peluang, hambatan dan tantangan yang teq‘adi serta berbagai upaya kreatif dan inovatif untuk menghadapinya. Temuan pembelajaran tentunya ke depan pada akhirnya bisa digunakan untuk menentukan performa kegiatan atau intervensi yang diperlukan kedepan dalam rangka akselerasi dan sustainability, selain bahan dasar untuk pengelolaan pengetahuan. Untuk itu menjadi sangat penting kiranya suatu penyelenggaraan Learning Event untuk memmrtemukan semua pelaku STBM-SEHATII di Kabupaten Dompu untuk menggali pembelajaran pembelajaran yang siginMKan untuk penmpaian tujuan ke depan.

Selain dalam event ini peserta akan mendapatkan pengembangan wawasan dan arahan terkait strategi Nasional menuju Universal Akses 2019 (100-04 00), peluang STBM dalam penerapan UU Desa. Opsi teknologi. Strategi kampanye publik dan sebagainya dalam acara bertajuk Konnferensi Sanitasi dan Air Minum Daerah Kabupaten Dompu bermitra dengan Pokja AMPL Kabupaten Dompu dan HAKLI.

Sementara itu, mengenai tujuan secara umum learning event ini ditujukan untuk menggali bersama pengalaman lapangan yang siginiflkan untuk diangkat menjadi bahan pembelajaran dan pijakan Perbaikan strategi ke depan Menyamakan pemahamanlpersepsi tentang Strategi Nasional STBM menuju Universal Akses 201 9 (1 00-0-100).

Tidak hanya itu, membuka ruang dialog interaktif untuk menggali komitmen dengan kepala daerah/eksekutif dan legislatif terkait pencapaian program STBM menggali kegiatan-kegiatan yang signiflkan sebagai pembelajaran dalam komponen keberlanjutan STBM 5 pilar. Pemahaman tentang advokasi anggaran dan keterkaitannya dengan peluang Undang-Undang Desa , termasuk menggali kemungkinan integrasilsinergi program di level desa, kecamatan dan kabupaten dalam rangka peroepatan capaian STBM 5 pilar. Melakukan pemetaan pembelajaran dari sisi opsi teknologi. Regulasi dan anggaran. Strategi kampanye perubahan perilaku, serta implementasi STBM untuk berkebutuhan khusus (OBK) Dihasilkannya dokumen pembelajaran serta Rekomendasi dan rencana tindak lanjut pencapaian desa STBM (Desa Pilot dan Desa Replikasi).

Berangkat dari hal ini, keluaran keluaran yang diharapkan dan Ieaming event ini adalah Pemahaman tentang Strategi Nasional STBM menuju Univetsal Akses 2019 ( 100-0-100) Statement dari kepala daera dan legislatif untuk komitmen mendukung pencapaian program STBM 5 Pilar

Metode Lokakarya Lokakarya yang bersifat Ieaming event ini akan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa (andragogy). Pelaksanaannya akan dilakukan sewra partisipatif yang menekankan pada peran serta aktif semua peserta, dimana peserta merupakan bagian dari narasumber karena peserta dipandang sebagai pihak yang telah memiliki pengalaman terstruktur daIam bidang STBM. Sebelumnya, dalam kegiatan ini dilakukan berbagai rangkaian kegiatan antaralain, Talkshow, Berbagi pengalaman, Curah pendapat, Diskusi kelompok dan diskusi pleno Game dan ice breaking.(KS-Sahrul)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1368,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,279,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1363,Pendidikan,716,Politik,1067,Sosial Ekonomi,2373,
ltr
item
Koran Stabilitas: HAKLI dan PLAN Gelar Konfrensi Sanitasi dan Air Minum
HAKLI dan PLAN Gelar Konfrensi Sanitasi dan Air Minum
https://4.bp.blogspot.com/-SHC7L22wLCc/W2Q09fyTqrI/AAAAAAAAF_s/QLQYG3aXb18uWpiDuxI-uWHu91ciBjGXQCLcBGAs/s640/Bupati%2BDompu%2BDrs%2BH.%2BBambang%2BM%2BYasin%2B%2528HBY%2529.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-SHC7L22wLCc/W2Q09fyTqrI/AAAAAAAAF_s/QLQYG3aXb18uWpiDuxI-uWHu91ciBjGXQCLcBGAs/s72-c/Bupati%2BDompu%2BDrs%2BH.%2BBambang%2BM%2BYasin%2B%2528HBY%2529.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/10/hakli-dan-plan-gelar-konfrensi-sanitasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/10/hakli-dan-plan-gelar-konfrensi-sanitasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy