$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Sengkarut Dana Covid-19, Dewan Bentuk Pansus Covid Minus Fraksi Golkar

Bima,KS.- Dinamika yang begitu beragam terkait penanganan sekaligus penganggaran covid-19 di wilayah Kabupaten Bima, baik itu kiritikan dan ...

Bima,KS.-Dinamika yang begitu beragam terkait penanganan sekaligus penganggaran covid-19 di wilayah Kabupaten Bima, baik itu kiritikan dan pertanyaan yang dilontarkan para wakil rakyat atas kebjiakan dan langkah yang diambil Bupati Bima yang dinilai sepihak dan terkesan politis pragmatis, akhirnya  berujung terbentuknya Panitia Khusus (Pansus).


Keputusan dibentuknya Pansus pengawasan pelaksanaan penanganan dan penganggaran covid-19, saat rapat paripurna penutupan masa sidang pertama tahun 2020, Rabu (29/4) di ruag rapat utama DPRD setempat.

Berujungnya sengkarut penanganan dan penganggaran covid-19 di wilayah Kabupaten Bima di meja pansus dewan, tidak lahir begitu saja. Berkat inisasi dari Ardiwin yang pada saat itu menanyakan pada pimpinan paripurna M Yasin.

Duta PPP Ardiwin selaku inisiator, menanyakan pimpinan dewan, mengapa tidak ada agenda rapat pembahasan terkiat surat usulan pembentukan pansus pengawasan covid. Pertanyaan inisiotor pansus inilah yang mengawali berbagai argumentasi sejumlah anggota dewan lain, betapa penting dibentuknya pansus yang mengawal dan mengawasi perjalanan pansus dewan.

Suara lantang sejumlah wakil rakyat lain, mewarnai jalannya parpurna dimaksud.

Mustakim duta Partai Nasdem juga menimpali desakan dibentuknya pansus penanganan covid-19. Mustakim.juga menanyakan surat yang disampaikan ada pimpinan dewan terkait hal itu. "Pansus harus segera dibentuk untuk mengetahui sejauh mana penggunaan dan realisasi anggaran yang telah terpakai termasuk alokasi anggaran Rp 50 M yang tidak tepat sasaran,"desaknya.

Senada dengan anggota dewan sebelumnya. Saat parpurna itu, Ketua Komisi 1, Sulaiman MT juga mendesak dibentuknya pansus. Ada Rp 166 M duganya anggaran yang dibijaki Bupati Bima. Diantaranya reka Sulaiman, penggeseran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 80 Miliar, Anggaran Dana Desa Rp 4.6  Miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang secara langsung ditarik pusat sebesar Rp 33 Miliar.
"Angka sebaran dan pergeseran penanggaran covid yang dibijaki Bupati inilah yang perlu dibentuknya pansus untuk memperjelas seperti apa penggunaannya,"sebut duta partai Gerindra ini.

Ketua Komisi 4, Ilham Yusuf juga memungkasi perihal desakan yang sama agar segera dibentuk pansus dimaksud. "Ini sebagai jawaban pertemuan dewan dengan bupati, tidak serta merta menghilangkan fungsi pengawasan lembaga legislatif,"ujarnya.

Kembali ke paripurna pasca di skors sementara waktu. Desakan dan dinamika yang menginginkan dibentuknya pansus yang bertugas membahas dan menanyakan sejauh mana kebijakan bupati soal penananganan dan penganggaran covid-19, berakhir dengan disepakati da disetujuinya terbentuknya pansus.

8 fraksi pada paripurna tersebut menyetujui dibentuknya pansus, sementara 1 fraksi yakni fraksi Partai Golkar. Fraksi-fraksi yang menyetujui diantaranya, Fraksi Gerindra, PAN, PKS Kebangkitan Demokrasi, PPP, Nasdem dan fraksi Demokrat Bintang Nurani.

Fraksi Golkar menolak dibentuknya pansus dengan alasan sudah ada pertemuan dan kesepakatan di ruang Bupati. Pernyataan itu disampaikan ketua Fraksi Golkar, Suryadin

Diketahui Pansus yang dibentuk diketuai ilham Yusuf, Wakil ketua Ir Ahmad dan sekretaris Azhar disertai 13 anggota pansus lainnya.
"Pansus awal bulan Mei langsung bekerja memanggil seluruh pihak terkait termasuk membahas masalah anggaran apakah peruntukan tepat sasaran,"pastinya.

Ilham memastikan, pansus tidak akan terpengaruh dan tidak bisa di intervensi siapapun. Kami pastikan profesional.(RED)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1371,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,281,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1364,Pendidikan,716,Politik,1070,Sosial Ekonomi,2375,
ltr
item
Koran Stabilitas: Sengkarut Dana Covid-19, Dewan Bentuk Pansus Covid Minus Fraksi Golkar
Sengkarut Dana Covid-19, Dewan Bentuk Pansus Covid Minus Fraksi Golkar
https://1.bp.blogspot.com/-V4TCiqbaPDY/XqlUqX5YY9I/AAAAAAAAIps/VHAeJskpyUEiHvCszjwV3YD70xIEsTcvQCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200429-WA0088.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-V4TCiqbaPDY/XqlUqX5YY9I/AAAAAAAAIps/VHAeJskpyUEiHvCszjwV3YD70xIEsTcvQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200429-WA0088.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2020/04/sengkarut-dana-covid-19-dewan-bentuk.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2020/04/sengkarut-dana-covid-19-dewan-bentuk.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy